News
Batal
KATEGORI
link has been copied
313
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8cf75096bde691248b457d/breaking-dolar-as-rp-14820-rupiah-terlemah-sejak-krismon-1998
Mata uang rupiah sudah tertekan sebanyak 1.563 poin (11,6%) terhadap dolar AS terhitung sejak awal tahun hingga saat ini (year to date). Mengutip data perdagangan Reuters, dolar AS bergerak dari Rp 13.281 hingga Rp 14.825 sepanjang tahun ini.
Lapor Hansip
03-09-2018 15:56

BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998

Past Hot Thread
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998

Jakarta - Mata uang rupiah sudah tertekan sebanyak 1.563 poin (11,6%) terhadap dolar AS terhitung sejak awal tahun hingga saat ini (year to date). Mengutip data perdagangan Reuters, dolar AS bergerak dari Rp 13.281 hingga Rp 14.825 sepanjang tahun ini.

Fakta tersebut membuat rupiah pada tahun ini menjadi salah satu mata uang berkinerja terburuk di Asia. Hal itu didorong dengan defisit transaksi berjalan hingga krisis lira Turki yang mengakibatkan kekacauan di pasar negara berkembang seperti Indonesia.

Dikutip detikFinance dari CNBC, Senin (3/9/2018), nilai tukar rupiah yang menyentuh 14.777 per dolar AS saja telah menyentuh level terlemahnya sejak tahun 1998.

Jatuhnya rupiah ke level terlemahnya terhadap dolar dalam lebih dari 20 tahun terakhir, mendorong Bank Indonesia (BI) untuk turun langsung mengintervensi ke pasar keuangan.

"Kepemilikan asing yang tinggi pada obligasi, ditambah dengan utang perusahaan Indonesia dalam dolar yang meningkat juga membuat rupiah cenderung lebih lemah," kata kepala ekonomi dan strategi di Mizuho Bank Vishnu Varathan.

Menurut data Moody's, pemerintah Indonesia tercatat memiliki sekitar 41% utang dalam mata uang asing. Jika rupiah terdepresiasi lebih lanjut, maka utang itu akan lebih mahal untuk dibayar kembali.

"Jika kenaikan kredit meningkat lebih lanjut (risiko pasar berkembang) dan harga minyak tetap tinggi menjelang sanksi Iran, risiko nilai tukar rupiah 15.000 adalah bahaya yang jelas," kata Varathan.

Ketika harga minyak naik, maka akan berkontribusi pada peningkatan tagihan impor negara. Upaya intervensi sendiri dianggap tak terlalu efektif.

"Otoritas telah secara aktif mendukung (valuta asing) dan pasar obligasi, selama serangan volatilitas baru-baru ini. Di tengah-tengah penurunan yang lebih luas dalam mata uang regional, upaya intervensi memang membantu untuk memperlancar downdraft tetapi akan menjadi tantangan untuk membalikkan arah," kata Ekonom DBS Radhika Rao.

BI sendiri telah melakukan beberapa intervensi sejauh ini seperti menaikkan suku bunga acuan hingga empat kali sejak Mei sampai Agustus. BI juga telah menekan cadangan devisa untuk membeli rupiah di pasar valas.

Dengan cadangan devisanya berkurang, pemerintah juga memberlakukan pembatasan impor karena akan menahan defisit neraca berjalannya, yang mengukur arus barang, jasa, dan investasi masuk dan keluar dari Indonesia. Impor yang lebih sedikit juga mengurangi kebutuhan untuk menjual rupiah untuk membeli lebih banyak mata uang asing untuk memenuhi kebutuhannya.

Chief investment officer Deutsche Bank Wealth Management untuk Asia Pasifik Tuan Huynh, menulis dalam laporannya bahwa defisit transaksi berjalan Indonesia membuat rentan terhadap krisis pendanaan. Dia mencatat defisit transaksi berjalan melebar menjadi US$ 2 miliar pada bulan Juli, atau defisit bulanan terbesar sejak Juli 2013.

"Pemicu utama untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut akan menjadi penguatan lebih lanjut dari USD. Untuk saat ini, pasar melihat Indonesia bekerja keras untuk menjaga stabilitas makroekonomi, misalnya menaikkan suku bunga lebih untuk menangkis volatilitas nilai tukar dan mempertahankan konsolidasi fiskal," katanya.

https://m.detik.com/finance/bursa-da...k-krismon-1998

Rupiah Vs Dollar
Diubah oleh kaskus.infoforum
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 16
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:20
Waduh ..koq ngeri2 sedap , cadangan devisa makin tipis gara2 jaga rupiah terus, belum lagi mau bayar utang jatuh tempo ribuan T ...krismon jilid2 ???
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:21
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998

#indonesiameroket
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:26
Quote:Original Posted By l4d13put
1 dollar = Rp 1 Miliar pun nastaik cebonger tetap dukung joko dan memberi pujian


1 dollar = jual istri pun nastaik cebongers tetap dukung joko dan memberi pujian.
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:26
Balasan post bencitimitaly
Quote:Original Posted By bencitimitaly


~Stop pembangunan infrastruktur yg kecil manfaatnya tapi besar bebannya. Kebayang khan bangun ber km km jalan tol hanya dinikmati segelintir end to end menengah keatas dan segilintir pelaku industri. Bangun infrastruktur buat memperkuat industri, misal jalan tol dari kawasan industri ke pelabuhan atau rel kereta langsung dari pabrik ke bandara.~

ini jalan tol yang mana ya gan?yang dijawakah atau diluar jawa?

~Subsidi kasih lagi terutama yg menyangkut hidup orang banyak macam listrik, bbm dll. Biarkan rakyat punya daya beli untuk menggerakan ekonominya.~

ada yang tau kenapa pemerintah mencabut subsidi-subsidi diatas dan kenapa belum dikembalikan lagi subsidinya?

Incar pajak pajak yang kakap, bukannya yang recehan yang di uber uber. Terbukti tax amnesty dilakukan hasilnya gagal total. Banyak yang ikut tax amnesty, tapi setelah bersih kewajiban pajak langsung dananya dipindah lagi ke Luar negeri.

~ane setuju sama yang ini gan~

~Turunkan BI rate, biar sektor usaha bisa bernafas lega. Sakit memang karena lihat dollar terus naik. Tapi nantinya ini yang bisa menyembuhkan. Jangan malah diketatkan dan dinaikkan. Cara kuno dan terbukti banyak yang gagal make cara ini buat nahan dollar.~

~yang ini juga ane setuju sama ente gan tapi ada yang tau kenapa pemerintah belum nurunin?~


~Stop pencitraan, jegagas jegeges, foto foto. Fokus masalah ekonomi dulu, politik belakangan.

Ganti presiden secepatnya. Yang ini sudah ketahuan ngga becus urus negara, lebih baik milih kucing dalam karung daripada kucing yang sudah jelas budug dan korengan.~

Kalo yang ini kayaknya ga berpengaruh gan, misal ganti ataupun tetap presidennya kayaknya ga berpengaruh banyak, kalopun ada bedanya tolong tunjukin dimananya yang akan berbeda

Disclaimer * resiko gagal ditanggung sendiri ya 😂😂😂😂😂


Ayo berdiskusi terbuka gan, ane ga mbela presiden yang ini maupun presiden yang ono, ane bela Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Maafken ane bila banyak gataunya
emoticon-Malu
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:28
ah elah lu tong

liat noh Euro (£)

udeh tembus 17.000 ga heboh emoticon-Leh Uga
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:29
fix tahun depan ganti kalender emoticon-Leh Uga
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:30
emoticon-Wkwkwk nasbung dan nastak pun coli melulu kalo dollar bakal turun, siapapun presidennya dollar pasti naik terus goblok tiap tahun....ini imbas gara" kerusuhan ngejatuhin soeharto
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:42
SALAM 2 PERIODE....yang penting maen kambing, motor, sama ngevlog...dollar mah urusan belakangan emoticon-Ngakak
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:45
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:46
gw bukan ahli ekonomi, atau orang yg ngerti banget ekonomi

tpi USD itu menguat, mau jungkir balik juga ya negara berkembang kena efeknya, kecuali kalau presiden us orng indo ya bisa keknya,
tinggi rendahnya IDR/USD yaa ada baik buruknya,

IDR yg murah (dalam artian 1dollar dapat idr lebih banyak) bisa digunakan sebagai momentum meningkatkan export biar neraca negara surplus
tapi kalau IDR mahal, biasanya trend impor tinggi,(dan bila tidak disertai ex) maka perdagnan minus dan GDP menurun, mempengruhi nilai tukar dan bnyklah pokoknya

jdi kalau lu bawa" Jokowi gagal ya gak usah dipilih kalau gak suka,
atau mulai jadi investor biar dividen gak lari keluar dan ajak orang" buat nabung saham dsbnyalahh,
n kalau lebai IDR/USD yg tinggi *btw bukan Indonesia aja yg kena dampaknya, coba deh liat Malaysia dll.. yg emang kita negara berkembang jadi tumbal negara maju
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:49
Quote:Original Posted By ampahboyz
Gw udah 2 x pemilu golput. Ga ada pemimpin yg janjikan 1 Rupiah = 1.000 USD, masih lemah nilai uang Indonesia


kira" solusi untuk memperkuat nya gimana gan ? emoticon-Malubingung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:52
khawatir amat sih kelen, mau bacot apa jg kelen jg ga bakal bisa bantu apa2, percayain aja sama tim ekonomi pak jokowi.

yg jelas kelen bayar pajaknya jgn telat.

kalo mau kontribusi nyapres aja sana.. ehh pendaftarannya dah tutup sih emoticon-Ngakak
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 14:56
Balasan post culunangua
Quote:Original Posted By culunangua


kira" solusi untuk memperkuat nya gimana gan ? emoticon-Malubingung


yg ane tau untuk memperkuat
suru Amerika biar ekonominya gak berkembang (wkwkwk)
bisa tingakatkan suku bunga untuk menarik investor (usahakan invesrtor Indo biar, pembayaran dividen gak mengalir keluar dan gak dalam USD)
mumpung lagi tinggi tingkatkan Export
kurangi subsidi bbm (buat uangya invest atau kebutuhan lain negara)


0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 15:00
wah harga sandang pangan papan ikut naik nih gan emoticon-No Hope
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 15:06
Quote:Original Posted By penikmatduniawi
goreng terus


jilat terus bong
1 2
-1
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 15:07
untuk menurunkan nilai rupiah yang udah melonjak tinggi begitu keliatannya bakalan susah ini mah gan
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 15:08
baru 14rb sekian, tenang aja lah...

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Wimboh Santoso menyatakan kondisi perbankan Indonesia di Triwulan I -2018, dalam kondisi yang baik dan mampu bertahan di tengah pergerakan nilai tukar rupiah yang terus melemah. Bahkan, jika rupiah sampai menembus level Rp 20.000 per dolar AS.

sumber
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 15:08
krisis 10 tahunan kejadian lagi
0 0
0
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 15:08
Quote:Original Posted By KeepOn777
98 dollar pernah 20rban


jilat terus bong
1 0
1
BREAKING! Dolar AS Rp 14.820, Rupiah Terlemah Sejak Krismon 1998
04-09-2018 15:08
ane g bela siapa2 presidennya, tapi kok ini keterlaluan juga ampe tembus 15000 emoticon-Frown
kalau mau ke luar negeri misal mau umroh atau jalan2 gitu, tambah mahal emoticon-Frown

moga bisa segera normal deh
Diubah oleh mantelbulu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 6 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia