luca.erillia.27
TS
luca.erillia.27
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
Saya ingin berbagi pengalaman membangun rumah pribadi/ rumah keluarga kami yang berukuran 8mx9m dan total keseluruhan bangunannya adalah 137 meter persegi. Denah rumah kami terdiri dari:

Quote:


Berikut tahap pengerjaan dan rincian biayanya:

Pengerjaan Tahap l:

Quote:


Enam bulan kemudian, tepatnya pertengahan bulan maret tahun 2018, pembangunan rumah dimulai. Saya mulai sibuk menginvasi toko-toko bangunan di sekitar Secang, Magelang kota, bahkan sampai kota Temanggung, demi mendapatkan bahan-bahan dengan harga termurah tapi kualitas sama bagus. Sampai akhirnya ada beberapa toko bangunan yang mau diajak "kompromi", karena saya akan berbelanja di toko-toko itu dalam jumlah yang lumayan besar dan terus-menerus sampai project rumah selesai. Bukannya sombong, tapi saya pribadi memang pandai bernegosiasi, gak kalah sama emak-emak di pasar tradisional. Mungkin karena saya tamvan kali ya emoticon-Cool

Satu hal yang selalu saya garisbawahi sejak awal bahwa bahan-bahan bangunan yang saya butuhkan adalah bahan-bahan berkualitas baik, menengah ke atas, karena saya selalu berpikir tentang kekokohan dan keawetan bangunan rumah saya. Lebih baik mengorbankan uang sedikit lebih banyak demi barang berkualitas baik daripada beli barang murah yang kualitas abal-abal cepat rusak, karena saya berpendapat bahwa biaya perbaikan itu selalu lebih mahal daripada biaya membangun dari awal.

Pengerjaan Tahap ll:

Quote:


Pengerjaan Tahap lll

Quote:


Biaya lain-lain:

Quote:


Pasaran gaji tukang & kenek di wilayah saya sekitar 75.000 & 65.000 bersih. Jam kerja 08.00-16.00. Awal pembangunan, dari membuat pondasi sampai rumah berdiri, ada 4 tukang + 2 kenek aktif + 2 kenek pasif (saya dan ayah saya). Kemudian, setelah rumah berdiri, 2 kenek aktif saya berhentikan. Tahap mempercantik desain interior, hanya tinggal 2 tukang saja; ,plester, acian, membuat pintu, jendela, plafon. Terakhir, tahap finishing, masih berjalan hingga saat ini tinggal 1 tukang saja, karena dana mulai menipis emoticon-Cape d... (S)

Quote:


Tips:

Quote:


Galeri Foto
Quote:


Sampai di sini dulu sharingnya, insyallah jika ada umur panjang dan rejeki lancar, nanti saya update lagi.

Semoga thread saya bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Quote:


★ Tambahan dari Kaskuser ★

Quote:
Diubah oleh luca.erillia.27 15-07-2019 14:06
kokguasibucek1990gustav45
gustav45 dan 62 lainnya memberi reputasi
61
182.1K
733
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.