kamublangsak21Avatar border
TS
kamublangsak21
Peneliti Temukan "Kecebong" 'Raksasa', Ukurannya Sebesar Pisang
Apabila biasanya kamu melihat kecebong dalam ukuran kecil-kecil, maka kamu akan terkejut melihat ini. Ahli biologi di Amerika Serikat baru saja menemukan seekor kecebong raksasa. 

Dan meski ukurannya sudah terbilang sangat besar, kecebong ini ternyata masih bisa terus berkembang.


Menurut laporan Live Science, kecebong ini ditemukan di sebuah kolam dangkal di Arizona tenggara oleh para peneliti yang sedang membasmi spesies katak invasif. Kecebong ini merupakan larva dari spesies katak lembu, Lithobates catesbeianus

Dituliskan oleh Earyn McGee, ahli herpetologi dari University of Arizona, karena ukurannya yang besar awalnya kecebong ini disangka sebagai seekor ikan. 

Kecebong itu pun kemudian dibawa ke Southwestern Research Station (SWRS). Karena ukurannya juga kecebong itu pun mendapatkan nama panggilan sayang yaitu 'Goliath'.

McGee menjelaskan bahwa ukuran kecebong ini jauh lebih besar dari kecebong katak lembu lainnya. Ia menjelaskan penyebab ukurannya yang besar adalah akibat adanya ketidakseimbangan hormon. 





Diduga ketidakseimbangan hormon menyebabkan si kecebong Goliath tidak akan bisa bermetamorfosis menjadi katak. Para peneliti juga tengah menyelidiki mengapa Goliath memiliki kondisi tersebut.

"Salah satu hal buruk atas ukuran Goliath adalah kemungkinan sistem pernapasan serta peredaran darahnya tidak akan bisa terus menopang dirinya jika ia bertambah besar," kata McGee.





Namun di sisi lain ada keuntungan dari ukurannya, McGee menjelaskan, Goliath akan lebih mudah mendapatkan makanan dibanding kecebong lainnya di kolam yang sama.

Katak lembu sendiri adalah katak terbesar di Amerika Utara. Mereka bisa tumbuh sepanjang 20 sentimeter atau lebih, dan bisa mencapai berat hingga setengah kilogram. Sementara itu kecebong biasanya hanya tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 15 sentimeter saja.
Sekarang para peneliti sedang mempelajari Goliath, si kecebong raksasa, dengan lebih detail. Namun para peneliti masih belum memberikan infromasi lebih lanjut atas ukuran si kecebong raksasa itu.


sumber : https://www.msn.com/id-id/berita/sains/peneliti-temukan-kecebong-raksasa-ukurannya-sebesar-pisang/ar-BBLqiYW



cebong ehh... emoticon-Big Grin emoticon-Wakaka
0
4.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.