others
Batal
link has been copied
10000
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7a4a6496bde6f0108b456b/clean-debatedebate-eksistensi-tuhan---part-22
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply. \t\t\t\t\t\t\t\t\t \t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Lapor Hansip
20-08-2018 11:58

[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 75 dari 502
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 13:50
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Bukan begitu argumen pippen
Argumen pippen adalah
Prima kausa adalah tuhan karena prima kausa penyebab kausalitas alam ini.

P1 Yang menyebabkan/menciptakan kausalitas alam ini adalah tuhan
P2 Prima kausa adl penyebab/pencipta kausalitas alam ini
K Prima kausa adl tuhan


Tuhan adalah penyebab.
Manusia adalah penyebab.

Jadi lu udah jadi pantheis belum?
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 13:51
Quote:Original Posted By fuzzyparadoxx
Proof by example fallacy.


Ngawur
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 13:52
Quote:Original Posted By drakoismyname
Tuhan adalah penyebab.
Manusia adalah penyebab.

Jadi lu udah jadi pantheis belum?


Kenapa jadi panteis?
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 13:54
Balasan post juniaris
Salah salah, bentar saya edit.
Diubah oleh drakoismyname
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 13:56
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Kenapa jadi panteis?


Lah katanya kalo Manusia ada, Tuhan itu ada. Panteis namanya.

Lah ini manusia itu penyebab, Tuhan itu penyebab, kok namanya bukan pantheis?

Mau standar ganda lu?.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:10
Balasan post drakoismyname
Quote:Original Posted By juniaris


tindakan itu apa ? melakukan sesuatu kan. kata kerja itu mana bisa dijadikan sebab-akibat.
udah jelas subjek yg melakukan segala tindakan pastinya materi.


Manusia bisa membuat mobil disebabkan ilmu pengetahuan yang mereka punya.

Ilmu bukan materi kan?
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:13
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Bukan, yg ditanya apa bisa tau seperti apanya?

Secara general ya prima kausa itu lah gan.

Kok agan jd bingung gini?
Quote:Original Posted By pippenn2


Prima kausa itu penyebab kausalitas.
Keju apaan, lw sarap? Wkwk


Yakan tinggal agan jawab prima kausa dari keju apa. Shg jawabannya : .....(prima kausa) Itu penyebab keju(kausalitas)

Bingung ya gan?
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:19
Quote:Original Posted By aki.kering
Secara general ya prima kausa itu lah gan.

Kok agan jd bingung gini?


Yakan tinggal agan jawab prima kausa dari keju apa. Shg jawabannya : .....(prima kausa) Itu penyebab keju(kausalitas)

Bingung ya gan?


Kamu nanya penyebab keju, dengan kalimat "keju prima kausanya apa?" Wkwk
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:20
Quote:Original Posted By drakoismyname
Lah katanya kalo Manusia ada, Tuhan itu ada. Panteis namanya.

Lah ini manusia itu penyebab, Tuhan itu penyebab, kok namanya bukan pantheis?

Mau standar ganda lu?.


Tuhan penyebab kenapa jadi panteis on ? Wkwk
Tuhan ada mah gak logis, bukan panteis on
Diubah oleh pippenn2
0 0
0
Lihat 2 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:22
Quote:Original Posted By drakoismyname
Salah salah, bentar saya edit.


Emang lw oon kok wkwk
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:25
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Kamu nanya penyebab keju, dengan kalimat "keju prima kausanya apa?" Wkwk


Apa ada yg salah gan? Kan sama saja kalau ditanya keju tercipta dari apa? Atau apa yg menciptakan keju? Atau keju asalnya dari apa?
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:26
Quote:Original Posted By pippenn2
Bukan begitu argumen pippen
Argumen pippen adalah
Prima kausa adalah tuhan karena prima kausa penyebab kausalitas alam ini.

P1 Yang menyebabkan/menciptakan kausalitas alam ini adalah tuhan
P2 Prima kausa adl penyebab/pencipta kausalitas alam ini
K Prima kausa adl tuhan


Ada kesalahan sedikit, jadi ane rubah gini :

P1 : Jika tuhan = prima kausa, maka prima kausa adalah pencipta alam semesta
(if p is true, then q is true)
P2 : Prima kausa adalah pencipta alam semesta
(q is true)
K : Tuhan = Prima kausa
(therefore p is true)
(Affirming consequent fallacy)

Darimana lu dapet data bahwa prima causa adalah pencipta layaknya tuhan?
Kalo gak ada sumber lain berarti circular reasoning.
Diubah oleh fuzzyparadoxx
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:27
Quote:Original Posted By aki.kering
Apa ada yg salah gan? Kan sama saja kalau ditanya keju tercipta dari apa? Atau apa yg menciptakan keju? Atau keju asalnya dari apa?


Ya salah lah wkwk
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:27
Quote:Original Posted By fuzzyparadoxx
Ada kesalahan sedikit, jadi ane rubah gini :

P1 : Jika tuhan = prima kausa, maka prima kausa adalah pencipta alam semesta
(if p is true, then q is true)
P2 : Prima kausa adalah pencipta alam semesta
(q is true)
K : Tuhan = Prima kausa
(therefore p is true)
(Affirming consequent fallacy)

Darimana lu dapet data bahwa prima causa adalah pencipta layaknya tuhan?


Dari kausalitas lah
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:27
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Tuhan penyebab kenapa jadi panteis on ? Wkwk
Tuhan ada mah gak logis, bukan panteis on


Quote:Original Posted By pippenn2


Gini loh satu itu materi
Kalo tuhan situ satu, ya jatoh nya materi ntar, panteis ujung2nya

Dan soal tuhan satu ini saya dah diskusi ma dedengkot2 sini, gak ada bantahan logis mereka itu, saya pun kalo nerusin ini sama agan bakal sama juga, agan gak bakal bisa melogiskan statement tuhan itu satu.

Coba kalo bisa, saya tanya, gimana bisa simpulkan tuhan itu satu? Premisnya kek apa?

Jangan kabur ya.
Coba.

Quote:Original Posted By pippenn2


Coba gimana agan bisa simpulin tuhan itu satu? Gimana premis2 nya?

Kalo tuhan ada ya konsekuensi logisnya tuhan ya materi

Makhluk adl ada, makhluk adl materi
Tuhan ada
Tuhan adl materi


Gimana lob dolob?
Mau standar ganda lu lob dolob?.
Diubah oleh drakoismyname
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:30
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Tuhan penyebab kenapa jadi panteis on ? Wkwk
Tuhan ada mah gak logis, bukan panteis on

Keju ada logis ga gan?
Jawab : logis

Dari apa?
Jawab : pertanyaannya salah (karena saya tdk bisa jawab)


0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:31
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Ya lain kemana2
Intuisi ya gerak hati/batin


buseett gerak hati/batin apaan tuh ? baru denger gw. malah kliatan kyk berkhayal.
intinya intuisi itu sama ato berbeda dgn pikiran ?
Diubah oleh juniaris
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:32
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Ya salah lah wkwk


Karena agan gak tau jawabannya?


Berarti ilmu agan belum nyampe emoticon-Big Grin
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:35
Quote:Original Posted By pippenn2
Dari kausalitas lah


Maksud ane gini....
Ada dua alam :
- Alam tanpa tuhan tapi ada sebuah prima kausa, dan prima kausa tidak melakukan penciptaan. Berarti di alam ini prima causa bisa kita sebut "ada" karena tidak ada tuhan.
- Alam dengan adanya tuhan yg melakukan penciptaan dan dirinya sendiri sebagai prima causa.

Pippen pilih yg mana sesuai logika pippen, dan gimana pembuktian deduksi nya?
Kalo lu tetep kekeh sama logika lu karena tuhan adalah pencipta dan prima causa sebagai penyebab penciptaan maka dari itu tuhan = prima causa....
Itu lu masih dilingkaran logical fallacy
Diubah oleh fuzzyparadoxx
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 14:39
Apakah tai itu enak? Pasti jawabannya tidak, mungkin ada yang bilang tai itu enak, berarti dia gila.

Begitulah cara kerja akal.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Halaman 75 dari 502
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia