others
Batal
link has been copied
10000
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7a4a6496bde6f0108b456b/clean-debatedebate-eksistensi-tuhan---part-22
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply. \t\t\t\t\t\t\t\t\t \t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Lapor Hansip
20-08-2018 11:58

[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 72 dari 502
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 05:47
Balasan post juniaris
Quote:Original Posted By juniaris


Td lu nuduh klo gw butuh bukti melalui panca indera sebagai bukti eksistensi Tuhan


Kalo bukan panca indra trus apa donk bukti itu?. Sains itu juga butuh panca indra, kecuali kalo cuma konsep.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 08:17
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Ya gak harus sains lah, logika juga instrumen untuk mengetahui
Prima kausa logis
Struktur argumennya valid
Premis nya faktual

Gak usah ngotot
Lw ngerti logika, paling juga cuman di kata logikanya doank
Soundness n validity jg baru denger dr gw
Epistemologi juga lw kagak ngerti

Coz kalo lw ngerti itu semua, gak mnkn lw ngmg kek yg lw omongin diatas.


oke gw emang ga paham dgn istilah yg lu lontarkan.
tp langsung terjun ke prakteknya aja.

apa penyebab terjadinya alam semesta ?
bila akibatnya adalah berupa materi, maka pasti penyebabnya jg berupa materi.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 08:22
Balasan post drakoismyname
Quote:Original Posted By drakoismyname


Kalo bukan panca indra trus apa donk bukti itu?. Sains itu juga butuh panca indra, kecuali kalo cuma konsep.


ya tu jg yg gw pertanyakan. apakah bentuk bukti keberadaan Tuhan yg dapat diterima oleh atheis ? klo bukti itu berkaitan dengan alam semesta termasuk panca indera, pasti itu sangat berkaitan dgn sains, sedangkan sains sendiri tidak bahas Tuhan dan hal" supranatural.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 08:25
Quote:Original Posted By juniaris
oke gw emang ga paham dgn istilah yg lu lontarkan.
tp langsung terjun ke prakteknya aja.

apa penyebab terjadinya alam semesta ?
bila akibatnya adalah berupa materi, maka pasti penyebabnya jg berupa materi.


Kamu mau wawancara saya ? Wkwk
1. Penyebab dan pencipta alam ya prima kausa
2. Coba aja buktiin kalo prima kausa materi, coba bikin argumen nya. Bisa? Wkwk
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 08:31
Quote:Original Posted By aki.kering
Gan nanya sih

Kalau primacausa itu bukan keberadaan terus apa dong gan?


Pertanyaannya gak tepat.
Saya kasi analogi
Kalo ikan di aquarium, ditanya apa yg bikin aquarium? Bisa ikan kasi jawaban?

Nah kamu kan kera, kamu nanya apa yg bikin alam?
Nangkep poin saya?
0 0
0
Lihat 2 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 08:34
Quote:Original Posted By threeontree
iya gw baru nyadar ternyata pippenn gak fallacy, gw nya aja yg terlalu kuat iman tertanem jadi mikirnya argumen pippenn itu fallacy, taunya gak.


[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 08:43
Balasan post juniaris
Quote:Original Posted By juniaris


ya tu jg yg gw pertanyakan. apakah bentuk bukti keberadaan Tuhan yg dapat diterima oleh atheis ? klo bukti itu berkaitan dengan alam semesta termasuk panca indera, pasti itu sangat berkaitan dgn sains, sedangkan sains sendiri tidak bahas Tuhan dan hal" supranatural.


Makanya untuk mengetahui adanya Tuhan ya butuh akal, akal bergantung pada keimanan.
Contoh darimana lu tahu, lu itu anak bapak lu. Ya pasti dari akal.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 08:54
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Pertanyaannya gak tepat.
Saya kasi analogi
Kalo ikan di aquarium, ditanya apa yg bikin aquarium? Bisa ikan kasi jawaban?

Nah kamu kan kera, kamu nanya apa yg bikin alam?
Nangkep poin saya?


Kebetulan aja ikannya bego, kek lu.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 09:32
Quote:Original Posted By pippenn2
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22


Hm.. penganut piwanism rupanya emoticon-Big Grin
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 09:34
Quote:Original Posted By localfutures
Sekedar survival atau survival sesuai rule?
Btw asal survive dulu atau asal sesuai rule dulu?

Asal survive dulu -> chaos.
Asal sesuai rule dulu -> multi tafsir rule.


Selfish gene ga terikat rule emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:03
Quote:Original Posted By drakoismyname
Gw rasa selama ini gw dah bego iman buta ke buku, kalo lw ngeliat nya gw bego ga

Ga tau deh, kalo gw ngeliat lw emang lw bego sik dr awal, makanya gw ajarin logika kan, tapi lw logika juga bego, mungkin lw bego bawaan orok kali, emak bapak lw iman buta juga ke buku jadi bego, nah nurunin ke bego an mereka ke elu, jadi lw bego kronis begini. emoticon-Ngacir
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:05
Jangan2 arti kata kronis aja juga gak ngerti, saking bego nya emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:11
Iseng baca nemu beginian
Ni contoh orang tua bego pemahamannya tentang tuhan jadi ngorbanin bayi.

Quote:Original Posted By scarlette.r26
Misi gan, sist. Gue pengen minta pendapat kalian nih.

Jadi ceritanya gue punya pacar. Udah pacaran 3 tahun. Gue kenal dia di salah satu komun gue di kampus. Awalnya gue biasa-biasa aja sama dia, tapi sampe suatu hari gue pergi ke luar kota dan pulang tengah malam. Nah sialnya gue salah naik bis karena gue juga baru-baru pindah (maklum ane anak rantau). Jadi waktu itu katanya dia kasian ama gue dan akhirnya rela jemput gue di terminal dan nganter gue pulang (waktu itu udh jam 9an gan, ane takut krn katanya terminal itu rada serem buat cewek klo malem). Nah krn gue ngeliat ini cowok baik bngt gue akhirnya jadi suka lah. Terus gue sama dia jadi sering chat gitu kan, gue sama dia ternyata punya kesukaan yang sama, itu yang bikin gue makin asik ngobrol sama dia. Dan setelah 2 minggu akhirnya dia nembak gue. Awalnya sih gue ga pengen pacaran, tapi ya krn suka dan pngn nyoba pacaran jd yaudah tuh gue terima dia.

Singkat cerita nih, pas gue mulai pacaran sama dia mulai bljr nakal. Dan sampai akhirnya pas gue sama dia udh 3 thn, gue "kecelakaan". Dan begonya gue sama dia sama2 denial kalo ternyata gue hamil. Jadi gue selama hamil ga ngerasa klo gue hamil, pas masuk hampir 8 bulan gue ngecek tuh ke dokter dan ternyata beneran positif. Gue bingung dong sama dia, kita berdua emg udh tingkat akhir di kuliah, tp ya kita berdua blm kerja. Trs kan ortu gue jauh ya, sama dokternya disaranin buat ngasih tau ortunya cowok gue dulu krn deket. Cowok gue sih saat itu bilangnya mau tanggung jawab emoticon-Smilie

Nah trs ortunya nih marah besar ama dia (ya ortu gue jg sih). Stlh dia ngabarin ke ortunya, ortunya ngotot bngt minta ktmu ama gue bsknya. Sdgkn bsknya gue kudu check up ke RS, jdinya gue ktmuan sama ortunya dia siangan cm ditemenin 2 sahabat gue. Ok gue akui emak bapaknya orgnya rada agamis klo liat scara umum. Trs mulai dah tuh kita ngobrol2 kenapa ampe bisa kejadian kyk gini. Krn gue ga pnya "backup" macem dr keluarga gue gitu akhrnya gue ga bsa ngapa2in cm nunduk dan nerima ceramahnya nyokapnya (waktu itu jg gue blm ngomong ke ortu gue klo trnyata gue hamil).

Akhirnya stlh lama nunggu badai (beneran lg ujan deres badai, berasa drakor2 gitu), dr pihak mereka dikasih solusi: "cowok gue dan gue harus taubat nasuha, gue sama dia ga blh kontak2an biar bisa taubat, dan gue sama dia ga nikah gara2 dalam islam katanya ga boleh nikah pas hamil". Ok, yg gue tau pun jg gitu. Trs mreka ngasih solusi buat calon anak gue yaitu "mereka ngambil anak gue stlh lahir, mereka bakal rawat dan klo d tnya mereka bakal bilang anak gue 'diadopsi'. Gue sama cowok gue pokoknya hrs taubat nasuha. Trs kita berdua ya lanjutin kehidupan masing2, ya gue slesein kuliah gue, dia d sruh taubat ama nyokapnya. Trs kalo emg 'berjodoh' gue bakal balik lg sama dia, krn nyokapnya kekeuh sama 'orang baik akan dijodohkan dengan org yg baik jg'".

Krn waktu itu dr pihak gue blm ngasih saran, akhrnya gue nlpn ortu gue stlh itu kluarga pd pulang. Sbnrnya pas januari kmrn nyokap gue dateng nengokin gue. Gue pun nnya sama dia kok gue kyk ngerasa aneh macem sering mual2 tiap nyium bau aneh. Dan trnyata naluri ibu itu kuat bngt ya. Dia lgsg tau klo gue hamil padahal gue blm ngomong intinya, gue cm blg ingt ga pas januari gue nnya2 ke dia knp gue mual2. Trs stlh debat sgala macem akhrnya nyokap bokap mutusin buat gue kudu nikah di KUA aja. Bokap pun akhrnya dateng ke sini minggu dpnnya buat berunding sama keluarga cowok gue.

Nah akhirnya keluarga gue sama dia berunding tuh smingguan lah sblm puasa d rmh tante gue. Nah nyokapnya cowok gue nih ngebicarain hal yg sama pas ktmu ama gue sblmnya. Dia mulai ngebahas dalil2 macem. Ada 4 ulama yg berpendapat, 2nya bilang blh nikah pas hamil, 2nya bilang ga blh. Trs dia bahas2 hadist tp ga dikasih tau hadist riwayat siapa. Trs mreka minta saran dr kluarga gue gmn. Bokap, tante + om gue maunya gue ya nikah KUA udh. Urusan stlh nikah ya jd urusan gue brdua (ya emg klo udh nikah normalnya jg udh urusan brdua kan, udh lepas dr tanggung jwb ortunya). Nah nyokapnya cwok gue ini gamau. Dia mempertanyakan gmn nasib masa depan anaknya krn gue sama dia msh muda, anaknya dibilang blm dewasa ama nyokapnya sndri. Tp bokap ttp kekeuh kudu nikah KUA, ya cowok gue hrs tanggung jwb lah. Nah nyokapnya ttp kekeuh dan trs2an bahas dalil yg ampe bokap gue pun kesel, sampai dia tnyain "mana hadistnya? hadist siapa?". Nyokapnya cm bilang "iya ada" sambil buka hp. Bokap gue ga terima krn kesannya kluarga gue dr kluarga yg ga bljr agama.

Akhrnya krn trlalu bnyk berdebat bawa2 agama, mreka jd capek sndri trs buru2 pngn plg krn ada urusan lain. Katanya sih mau jengukin adeknya cowok gue yg paling kecil d pesantren gra2 udh ga lama dtengokin trs adeknya ngambek, klo ga didatengin dia ga mau bljr buat ujian. Trs kita blg buat brunding lg bisa kapan? Mreka blg hbs balik dr sana. Trs bokap blg "yaudah klo bsa sblm puasa masalah ini udh kelar". Akhrnya plg dah tuh mreka. Trnyata eh trnyata, mreka blg kan hari senin mau plg tuh, tp gue tnyain gaada kabar. Dr cowok gue jg gaada kabar. Trs selasa gue tlpon2in jg ga d angkat. Bsknya baru ada kabar, tp mreka blm tau bisa berunding kapan. Akhrnya gue tungguin sampe akhrnya udh puasa. Dia nlpn gue dan ngasih saran lg dr ortunya yg intinya sama lg kyk rundingan kmrn, walo ada bbrp opsi. Kyk opsi kdua gue sama dia nikah sirih. Tp bokap gue ga mau gue nikah sirih ama dia. Trs opsi ketiga gue sama dia nikah di KUA, tp tanpa restu ortunya. Nah trs gue tnya kan ke dia dr 3 opsi itu dia pilih mana. Dia bngung sndri. Trs gue tnya mau dia apa. Dia bilang "gue sih mau nikahin lu, tp klo ga ada restu ortu gue ngapain jg. yah nikahnya entaran aja lah"... dan abis itu bngung blm dpt gmn enaknya emoticon-Smilie ampe akhrnya dia makin susah dihubungin. Dan lucunya gue slama ini chat sma dia d baca ama nyokapnya. Gue krn udh tekanan batin bngt akhrnya gue gas tuh ke dia "tante emg sy ga blh nnya kabar anak tante? kok ga ada kabar? mau kabur ya?" eh trs gue lgsg digas sama nyokapnya "**** mulut kamu dijaga ya...!!!! ini ibunya *****... kalian sdh berbuat salah masih bisa ngomong seenaknya. iya kamu gak boleh nanyain khabar *****, kamu gak py hak sm sekali !!! anak laki² itu sepanjang hidupnya smpai dia mati milik ibunya... makanya kamu belajar agama biar gak gampangan terbujuk sama laki² mau aja diajak berbuat maksiat... ** mmg salah tp kamu yg pegang kuncinya jg salah!!!" trs abis itu mreka udh gaada kabar sma skli ampe skg. Anak gue udh lahir, yg bikin gue nyesek pas gue lahiran mreka ga nengokin pdhl udh gue kabarin dan trnyata mreka lg "liburan" ke luar kota emoticon-Smilie

Ya gue tau gue salah, salah bngt. Emg gue khilaf, tp apakah benar klo cm gue yg salah? Sdgkn dia ga d sruh tanggung jawab sama nyokapnya. Gue berkali2 depresi, pngn suicide, tp klo ga ingt muka anak gue yg lucu bngt mgkn gue udh ga nulis thread d sni. Bokap gue gamau ngurus kalo gue ke rmh dia buat minta pertanggung jawaban, tante gue udh gamau ngurusin gue. Gue bngung hrs gmn... mohon pendapatnya gan sist...
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:13
Balasan post pippenn2
eh Tong..
argumen prima causa elo yg gilak itu udah gw telanjangin. coba buka beberapa part belakang
koq masih dibacotin aja ye
kirain udah bener otak lo

hadehhh
emoticon-Frown
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:16
Quote:Original Posted By threeontree
emak bapak gw iman buta juga pen ke buku, menurut lw bego pa gak pen


Ga tau juga deh, tapi ngeliat anaknya yg iman buta ke buku gini aja bego begini, jelas emak bapaknya yg nurunin. Jadi ya buah gak jauh jatoh dr pohonnya, berarti emak bapak lw bego. Ke bego an lw jatoh dari emak bapak lu. Wkwk emoticon-Ngacir
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:19
Ada orang gila, yang ngikutin intuisinya secara sadar. Wkwk
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:19
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
emoticon-Nohope
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:22
Quote:Original Posted By ngewa79
Gw krestod Tong..
emoticon-Frown


emoticon-Nohope
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:25
Quote:Original Posted By drakoismyname
Einstein gila, ngikutin intuisinya


emoticon-Nohope
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
29-08-2018 10:29
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


emoticon-Nohope


Einstein gak secara sadar kali. Ga kaya lo. Wkwk
0 0
0
Halaman 72 dari 502
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia