others
Batal
link has been copied
10000
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7a4a6496bde6f0108b456b/clean-debatedebate-eksistensi-tuhan---part-22
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply. \t\t\t\t\t\t\t\t\t \t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Lapor Hansip
20-08-2018 11:58

[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12754125 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 70 dari 502
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:34
Quote:Original Posted By drakoismyname
Ini nih yang pengen liat Tuhan itu kek apa. Hidup ini ujian bro, kalo lu liat Tuhan, ujiannya selesai.


Melihat ya berarti panca indera, panca indera jg sangat berkaitan dengan sains. Sedangkan sains tidak bahas Tuhan. Circular statement lg.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:34
Quote:Original Posted By drakoismyname
Gw rasa abis gw imanin buku, gw jadi bego, lw ngeliatnya gimana?


Gak tau deh, gw liat emang lu bego dr awal si, makanya kan gw ajarin logika.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:37
Balasan post juniaris
Quote:Original Posted By juniaris


Melihat ya berarti panca indera, panca indera jg sangat berkaitan dengan sains. Sedangkan sains tidak bahas Tuhan. Circular statement lg.


Maksudnya gimana gan?
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:38
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Gak tau deh, gw liat emang lu bego dr awal si, makanya kan gw ajarin logika.


Bukannya gw yang ngajarin elu? emoticon-Gila
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:42
Quote:Original Posted By drakoismyname
cuman abis di diajarin kok gw gak mudeng2 ya?


Mnkn lw bego keturunan kali
Biasanya kalo emak bapak bego, nurunin anak jd bego, agak susah itu.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:44
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2


Mnkn lw bego keturunan kali
Biasanya kalo emak bapak bego, nurunin anak jd bego, agak susah itu.


emoticon-Gila
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:50
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Udah ada di di DET sejak season pertama.
Dan gak pernah ada pembuktian.
Yang ada cuma menyodorkan iman, atau konsep Gotg.


Yah klo elu yg bilang begitu berarti memang fakta apalagi elu saksi mata dari awal DET, gw ga punya hak buat menampik itu.
Tp tetep blom bisa menjawab pertanyaan gw, bagaimana membuktikan eksistensi Tuhan tanpa membawa sains dan alam semesta? Klo pertanyaan ini bisa dijawab maka kemungkinan besar, atheis jg bisa menerima pembuktian semacam ini.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 19:53
Quote:Original Posted By juniaris
Yah klo elu yg bilang begitu berarti memang fakta apalagi elu saksi mata dari awal DET, gw ga punya hak buat menampik itu.
Tp tetep blom bisa menjawab pertanyaan gw, bagaimana membuktikan eksistensi Tuhan tanpa membawa sains dan alam semesta? Klo pertanyaan ini bisa dijawab maka kemungkinan besar, atheis jg bisa menerima pembuktian semacam ini.


Mana ada begitu
Lw baca aja season 1 prima kausa dah dibuktiin
Iman buddhis si pedo bilang alam itu gak berawal tapi selalu ada, makanya dia gak nerima prima kausa walaupun logis.
Diubah oleh pippenn2
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:00
Quote:Original Posted By kaenakane
tentu bisa kenapa tidak?
bayangin aja keadaan manusia purba dlu sm skrng. perlahan lahan hal yg gak mungkin/terpikirkan manusia purba dlu sdh terealisasikan di zaman skrng.

apalgi ntar klo manusia bisa kloning dirinya sendiri.. masih mau bilang klo manusia itu terbatas?

kita selalu berkembang dlm hal apapun dan itu fakta yg gak bisa terbantahkan.


Buseeettt untuk kedua kalinya klaim yg luar biasa. Manusia bisa menciptakan alam semesta. Ga tau musti bilang apa.

Sebelum manusia bisa bikin klonnya sendiri, tp ternyata ras manusia punah duluan gmn bro?
Entah karena meteor yg bikin dinosaurus punah, entah karena virus yg bikin jd zombie, ato paparan radiasi matahari yg bakar semua manusia, ato pemanasan global sehingga terjadi bencana alam dimana".

Intinya apakah ada kemungkinan walaupun hanya 1℅ aja klo manusia bisa punah?
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:02
Balasan post pippenn2
Quote:Original Posted By pippenn2




Itu diatas lw paham ga kalimat gw yg bawahemoticon-Ngacir



Gak paham KK ?

Kaya gini ya KK :
Karena tuhan bukan Ada maka Ada1 hanyalah akibat

Ada1 (akibat) -> Ada2 akibat Ada1 -> Ada3 akibat Ada2 -> dst ..

hukum Akibat-Sebab ya KK ?? emoticon-Big Grin
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:11
Quote:Original Posted By pippenn2
prima kausa logis
Kalo ateis gak menerima yg logis, kan dia bego wkwk
Teis juga bego bilang prima kausa itu keberadaan
Agnostik ateis, or agnostik teis bego juga, gak tau tapi gak percaya or percaya.
Simpel?


Tetep aja sih masuk ranah sains apalagi bahas asal muasal alam semesta, ujung"nya bakal diminta bukti empirisnya. Sedangkan sains ga bahas Tuhan. Penyebab dari big bang pasti suatu material juga, ga mungkin sesuatu yg gaib/supranatural.
Muncul pertanyaan lainnya, apakah hal" gaib/supernatural itu eksis? Gmn membuktikannya tanpa membawa sains? Sains ga bahas Tuhan. Circular statement lg
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:19
Quote:Original Posted By pippenn2
Mana ada begitu
Lw baca aja season 1 prima kausa dah dibuktiin
Iman buddhis si pedo bilang alam itu gak berawal tapi selalu ada, makanya dia gak nerima prima kausa walaupun logis.


Waduh gw ga berani koment klo yg ini, udah menyangkut hak cipta perkataan orang. Kecuali lu bawa quotenya dia klo emang dia ngomong gtu.
Ibaratnya kyk gw nyatut perkataan orang, gw kasih referensi bukti perkataan orang itu jd bisa dicek bener apa kaga
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:22
Quote:Original Posted By drakoismyname
Maksudnya gimana gan?


Td lu nuduh klo gw butuh bukti melalui panca indera sebagai bukti eksistensi Tuhan
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:23
Balasan post juniaris
Quote:Original Posted By juniaris


Buseeettt untuk kedua kalinya klaim yg luar biasa. Manusia bisa menciptakan alam semesta. Ga tau musti bilang apa.

Sebelum manusia bisa bikin klonnya sendiri, tp ternyata ras manusia punah duluan gmn bro?
Entah karena meteor yg bikin dinosaurus punah, entah karena virus yg bikin jd zombie, ato paparan radiasi matahari yg bakar semua manusia, ato pemanasan global sehingga terjadi bencana alam dimana".

Intinya apakah ada kemungkinan walaupun hanya 1℅ aja klo manusia bisa punah?


manusia gak bakal punah.. dan kemungkinan itu kecil sekali.

seberapa sulit manusia agar punah? sesulit ente menyuruh umat manusia jgn buat anak lg, begitu pula sulitnya alam smesta ini hancur.

liat yg nyata2 saja, jgn sering ber-andai2. nyatanya kita baik2 aja skrng, gak bakal terjadi klo bumi ini tiba2 hancur.

jika ente bisa berandai "bagaimana jika bumi hancur"
maka ane juga bisa berandai "bagaimana jika bumi baik2 saja"

intinya berandai2 itu gak ada habisnya.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:30
Quote:Original Posted By kaenakane
manusia gak bakal punah.. dan kemungkinan itu kecil sekali.

seberapa sulit manusia agar punah? sesulit ente menyuruh umat manusia jgn buat anak lg, begitu pula sulitnya alam smesta ini hancur.

liat yg nyata2 saja, jgn sering ber-andai2. nyatanya kita baik2 aja skrng, gak bakal terjadi klo bumi ini tiba2 hancur.

jika ente bisa berandai "bagaimana jika bumi hancur"
maka ane juga bisa berandai "bagaimana jika bumi baik2 saja"

intinya berandai2 itu gak ada habisnya.


Iya bener kita main probability aja. ente berasumsi 99% manusia bisa survive, gw berasumsi 1% manusia tetep bisa punah. Berarti cmn waktu yg bisa jawab siapa yg bener di antara kita.

Tp walaupun gtu, ini klaim yg sangat menarik dari ente. Intinya lu menyatakan bahwa manusia secara universal memiliki potensi untuk menjadi "Tuhan", ga peduli walaupun menempuh 1 trilyun tahun asalkan masih bisa memiliki keturunan.
Gw jg penasaran sampai sejauh mana potensi manusia bisa berkembang.
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:40
Quote:Original Posted By pippenn2
Wkwk mana yg fallacy? Gak ada?
Dah tinggalin aja teis lw itu, gak logis kok tuhan itu keberadaan. elu kan keberadaan. Masa tuhan sama kek elu wkwk emoticon-Ngacir


Delusi dong gw sama kek lu emoticon-Embarrassment
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:45
Quote:Original Posted By juniaris
Tetep aja sih masuk ranah sains apalagi bahas asal muasal alam semesta, ujung"nya bakal diminta bukti empirisnya. Sedangkan sains ga bahas Tuhan. Penyebab dari big bang pasti suatu material juga, ga mungkin sesuatu yg gaib/supranatural.
Muncul pertanyaan lainnya, apakah hal" gaib/supernatural itu eksis? Gmn membuktikannya tanpa membawa sains? Sains ga bahas Tuhan. Circular statement lg


Ya gak harus sains lah, logika juga instrumen untuk mengetahui
Prima kausa logis
Struktur argumennya valid
Premis nya faktual

Gak usah ngotot
Lw ngerti logika, paling juga cuman di kata logikanya doank
Soundness n validity jg baru denger dr gw
Epistemologi juga lw kagak ngerti

Coz kalo lw ngerti itu semua, gak mnkn lw ngmg kek yg lw omongin diatas.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:46
Ini emang ga da non theis yg lebih kredibel yak? Tinggal sisa remah2 doang emoticon-Big Grin
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:47
Quote:Original Posted By threeontree
Delusi dong gw

Ga tau deh, tapi yg pasti lw oon, gak bisa tuh mpe sekarang lw bawa fallacy yg lu koar2 in dibelakang. emoticon-Ngacir
Diubah oleh pippenn2
0 0
0
[CLEAN DEBATE]Debate: Eksistensi Tuhan - Part 22
28-08-2018 20:50
Quote:Original Posted By threeontree

Fallacy lu itu


Lah iya, bawa sini, fallacy nya apaan?
Lama bener, lu aslinya bego kali, gak ngerti fallacy, cuman koar2 fallacy2 emoticon-Ngacir
0 0
0
Halaman 70 dari 502
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia