News
Batal
KATEGORI
link has been copied
293
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7c45821a997571698b456c/beberapa-negara-yang-terancam-bangkrut-2018
Turki bisa dikatakan sedang merosot mata uangnya sejak 2014 yang lalu. Sebanyak tiga kali lipat terhadap dolar AS, dikarenakan impor yang melonjak sementara ekspor negara tersebut yang sangat parah. Bahkan Erdogan sendiri selaku Presiden Turki menuduh Donald Trump selaku biang keladi dari merosotnya mata uang Lira.
Lapor Hansip
22-08-2018 00:01

Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Welcome To My Thread


Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
Foto: turkenesia.net


Quote:Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam Agan dan Sista. Ketemu lagi sama Thread ane yang sederhana ini.


Agan dan sista pasti tahu betul akan keadaan ekonomi tahun 2018 ini. Keadaan ekonomi dari berbagai dunia sedang merosot tajam bahkan ada yang sampai terancam bangkrut. Tapi.. disisi lain indonesia masih dinyatakan aman dari segi keadaan ekonomi yang tidak sehat ini.

Untungnya saja Negara kita yang mempunyai hutang 5.000 Triliun masih rendah terhadap PDB yang sebesar 29%. Sehingga Negara kita masih bisa untuk membayar hutang luar Negeri.

Tapi apakah agan dan sista tahu ada beberapa Negara yang terancam bangkrut?Seperti yang ane lansir dari Love Money Ini dia penjelasannya.


1. Turki

Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018

Turki bisa dikatakan sedang merosot mata uangnya sejak 2014 yang lalu. Sebanyak tiga kali lipat terhadap dolar AS, dikarenakan impor yang melonjak sementara ekspor negara tersebut yang sangat parah. Bahkan Erdogan sendiri selaku Presiden Turki menuduh Donald Trump selaku biang keladi dari merosotnya mata uang Lira.

Padahal Erdogan sedirilah yang tidak baik untuk memperbaiki fundamental ekonominya. Bahkan mesorotnya mata uang Lira semakin dipertambah dengan Amerika Serikat menaikan tarif impor baja dan alumunium sebesar 20 persen serta 50 persen. Alasan dibalik Trump menaikkan tarif tersebut adalah mata uang Lira yang semakin jatuh sehingga selisih kurs membuat produk Turki menjadi sangat mahal.

Tapi beruntungnya Turki dibantu oleh Cina, sehingga aset-aset penting Turki diakuisisi Cina secara keseluruhan untuk menutupi defisit yang semakin membengkak.



2. Venezuela

Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018

Agan dan Sista pasti tahu nih berita tentang krisis ekonomi Venezuela tahun kemarin?. Sejak Januari 2016 lalu Presiden Venezuela Nicolas Maduro menetapkan Negaranya dalam keadaan ekonomi darurat. Bisa dibayangkan dong gan situasi pada tahun kemarin yang begitu kacau dan terdapat demo anti pemerintah dimana-mana.

Bahkan Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksikan nilai inflasi Negara tersebut jatuh pada angka 13.000 persen di 2018 ini. Negara Venezuela sangat bergantung pada komoditas ekonomi minyak bumi. Sejak 2013 yang lalu harga minyak semakin rendah, Sehingga para pakar ekonomi akan memprediksikan Venezuela akan sulit bangkit dari keterpurukan.

Hutang negaranya sendiri berkisar 150 Dollar AS (setara Rp2.025 Triliun). Sedangkan Negara ini mempuyai kas sekitar 10 Milliar Dollar AS (Rp.146 trilliun).


3. Republik Afrika Tengah

Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018


Republik Afrika Tengah atau bisa disebut Guinea Equatorial ialah sebuah negara dengan perbatasan Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo dan Kamerun. Negara ini bisa dibilang dengan Negara termiskin di dunia dengan statistik sosial ekonomi yang menduduki peringkat paling bawah dalam setiap studi internasional.

Negara Republik Afrika Tengah ini merupakan sebuah Negara yang begitu akan minyak dan gas bumi. Maka dari pada itu Negara ini sangat bergantung akan minyak dan gas bumi. Namun harga minyak sangat rendah telah mempengaruhi industri lokal dan membuat negara tersebut terjebak dalam resesi sejak 2013.

Pada tahun 2016 sendiri negara ini memiliki hutang sekitar 3.911 juta Dollar AS (Rp57 Triliun), namun kini telah meningkat 488 juta Dollar AS (sekitar Rp7 Triliun) sejak 2015. Negara ini silih berganti mengalami kudeta pemerintahan contohnya saja Pada Maret 2003 suatu kudeta militer yang dipimpin oleh Jenderal Francois Bozize telah menjatuhkan pemerintahan sipil pimpinan Presiden Ange-Felix Patasse dan mendirikan pemerintahan peralihan di sana. Maka dari pada itu negara ini sering terjadi pertempuran antar pemerintah dengan militer luar maupun negerinya sendiri.


4. Mozambik

Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018


Republik Mozambik adalah sebuah dengan perbatasan Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, Malawi, Zambia dan Zimbabwe. Mozambik merupakan salah satu negara misikin dan tertinggal di dunia. Mozambik memiliki kekayaan alam yang banyak dan luas. Perekonomian negara sebagian besar bergantung pada pertanian, namun industri, terutama makanan dan minuman, pabrik kimia, aluminium, dan produksi minyak bumi semakin bertambah, begitupun dengan sektor pariwisata.

Sejak beberapa tahun terakhir, negara ini tenggelam oleh hutang dan beberapa kali gagal membayar. Hingga kini pemerintah masih berjuang untuk melunasi para kreditur. Pada Januari 2017, negara mengalami tingkat inflasi 23,67 yang berfluktuasi ke 21,27 pada April 2017. Tapi Lembaga pemeringkat Standard and Poor (S & P) percaya bahwa ekonomi negara ini akan tumbuh sebesar 4% dan utang publik akan menurun dari 128,1 persen menjadi 111,7 persen dari PDB pada tahun 2020.


5. Malaysia

Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018


Nahh ini gan negara tetangga kita ternyata terancam bangkrut pada 2018 ini. Dikarenakan hutang Negara Malaysia sendiri berjumlah 1.087 triliun ringgit (sekitar Rp3.500 triliun) pada 31 Desember 2017. Dimana hutang tersebut berasal dari pemimpin sebelumnya yaitu mantan Perdana Menteri Najib Razak serta istrinya dengan kasus mega korupsi yaitu 1MDB (1 Malaysia Development Berhad).

1MDB semacam BUMN yang didirikan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak untuk menghimpun dana pembiayaan proyek infrastruktur Malaysia. Maka dari pada itu seluruh warga Malaysia membuat gerakan aksi melunasi hutang dengan cara iuran serta patungan.


Nah itu dia gan beberapa Negara yang terancam bangkrut pada 2018. Sebenarnya masih banyak dari berbagai negara di afrika tapi ane cuma bisa nulis segitu ajaemoticon-Big Grin
Segitu aja dari ane jangan lupa komen sebelum meninggalkan jejak gan sis emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star


Quote:Sumber: 12
Gambar



Quote:
Diubah oleh rasyidari11
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 15
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 10:40
Balasan post queensea
Quote:Original Posted By queensea
Pengiriman tenaga kerja keluat sebenernya mengintungkan kita gan, coba berapa uang yang udah dibawa sama mereka ke indonesia untuk dipake buat modal ternak, tani dll keluarganya, dan itu meningkatkan devisa kita, lebih banyak dari yang produksi barang ekspor.
Tapi kadang kasian sama mereka yang ditangkepin di bandara karena mau kerja keluar


ditangkepin karena ga berizin gan, tar klo gaada izinnya terus diluar kenapa kenapa, misal mau dihukum pancung atau disiksa majikannya karena masalah bahasa. disuruh a malah bengong bengong bae, tar ujung ujungnya pemerintah yang disuruh nyelamatin orang yg kayak gitu, kan ga murah itu
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 10:56
Venezuela udah bangkrut.
inflasi sejuta persen.
dulu kebanyakan ngasih subsidi.
dan skrg mata uang ganti cryptocurrency malah makin parah.
pdhl negara penghasil miss universe dan miss world ini.

Yunani tp kok gak masuk ya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:21
Balasan post mdoublem
Quote:Original Posted By mdoublem
semua bangkrut karena utang kan ya, inilah efek samping dari RIBA


bahasannya berat banget gan, ga akan ada yg ngerti disini emoticon-Leh Uga
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:28
ditonton dulu bre baru comment cmiww emoticon-I Love Indonesia

0 0
0
Lihat 1 balasan
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:34
Jadi sebenernya, rakyat jg dong yg menjadi salah satu penyebab utang negara naik..kan negara sudah bbrp x launching SBR...
*sarkastik saja..jgn diambil duit..eh hati
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:37
Quote:Original Posted By green.seed
Venezuela sih yang udah parah bgt, ini inflasi nya gila bgt, apa mau ganti mata uang, kemungkinan alternatifnya,
karna mata uang negara sendirinya aja udah gak ada nilainya emoticon-Hammer (S)
---
dosen ane pernah bilang ini pemikiran ekstrem sih dikalangan akedemisi aja, tp layak buat diskusi,
kalo negara dalam keadaan hutang terus bubar, utangnya dia masih tetep sah ato enggak? emoticon-Big Grin


ekonomi venezuela sekkarang mirip ekonomi indonesia di zaman orde lama...bahkan kemarin venezuela melakukan sanering/pengguntingan nilai terhadap mata uangnya sendiri
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:43
Gile no 5 aja calon bangkrut?
Malay utang aja 1000T, gimana indo yg sampe 5000T, gagal paham emoticon-Ngakak (S)
1 0
1
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:43
racun pilpres nastak bangke... salah forum aganemoticon-Lempar Bata
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:45
Balasan post pewartaberita
Quote:Original Posted By pewartaberita


Indonesia juga sama... Sebenernya sama malaysia... Presidennya utang2 kesana kemari tapi gak guna... Ngomongnya buat infrastuktur (mirip yang di lakuin najib) tapi padahal duitnya ujung2nya di korup partai2 pendukung... Malah dibagi2in buat bansos biar kepilih lagi...

• Utang era Megawati sebesar Rp 1.298 triliun/PDB 2.303 triliun
• Utang era SBY : Rp 2.608 triliun/10.542 triliun

  1. utang naik 1310 Trilyun (2 periode lho ini, kalo dibagi dua brarti cuman 755 trilun per periode,
  2. tapi PDB naik hampir 5 kali lipat bertambah 8.239 Trilun…

• Utang era jokowi : 4.253,02/14.000

  1. utang naik 1.645 triliun (lebih gede dari total utang SBY 2 periode),
  2. dan PDB cuman naik 3.458 <— gak nyampe 50%… bandingin sama era beye yang naiknya sampe 450% hahhaha…


JOKOWI kebanyakan ngutang tapi gak bisa ngelolanya ya ancur jadinya negara... SBY cuman utang 1310 Triliun untuk 2 periode... tapi PDB naik gila2an sampe hampir 5 kali lipat... hahahhahhaahahaha... kesian Sri... menteri hebat tapi musti nanggung ketidakbecusan pemimpinnya ngurus negara emoticon-Big Grin. yahhh indonesia bersyukur aja dah akhirnya sri mulyani mau jadi mentri lagi... setelah berkali2 nolak tawaran jokowi... emoticon-Big Grin kalo gak dipegang sri... mungkin indonesia udah beneran masuk krisis... gara2 utang gak terkontrol di awal2 rezim baru mimpin...

emoticon-Wkwkwkemoticon-Cendol Gan


Ah masa? Ntar bo'ong lagih
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 11:58
Quote:Original Posted By g2reload


jangan jadi pengusaha kamu engga akan kuat biar aku aja


mental buruh ente gan emoticon-Wkwkwk




anjir tajem bgt ini balesannya
emoticon-Ngakak
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:03
Wakanda aman gan. Anti bangkrut.
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:03
Quote:Original Posted By gusmi21
venezuela bukannya emg udah bangkrut ya emoticon-Big Grin udah parah kondisi sana mata uang dah g ada harganya mirip2 kyk zimbabwe emoticon-linux2
klo malaysia tergantung simahatir kyk gimana nanganinnya, mengingat utang g karuan sama korupsi kerjaannya si najib, pelan2 proyek2 utang gede dari china di evaluasi sama dia bahkan sampe ada yg dibatalin emoticon-Big Grin


indonesia juga pernah mau bangkrut di jaman orba, tpi masih bisa survive
emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:04
bangkrut mungkin karena mengurus ekonominya kurang bagus…
kebanyakan ngutang juga…
kalo siap ngutang seharusnya siap untuk bayarnya juga…
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:05
Quote:Original Posted By andreastomy32
Sejak jokowi jadi presiden apa hasilnya cuma infrastruktur sedangkan ekonomi rakyat susah,dikampung ane penghasilan utama karet,sejak jokowi presiden harganya trus anjlok look.. pokoknya 2019 kita harus ganti presiden


katanya org2 ud bisa bikin karet sintetis gan. lebih ekonomis. ane baca kmrin d salah satu komentar. coba cek google aja
1 0
1
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:05
Quote:Original Posted By MantraAsdf
Venezuela udah bangkrut.
inflasi sejuta persen.
dulu kebanyakan ngasih subsidi.
dan skrg mata uang ganti cryptocurrency malah makin parah.
pdhl negara penghasil miss universe dan miss world ini.

Yunani tp kok gak masuk ya.


Yunani udah bangkit gan
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:06
Quote:Original Posted By rapsody11
Sejak Donal trum menjabat sepertinya keadaan dunia menjadi kacau, kayanya perang dunia III sudah di mulai deh, tapi bukan secara senjata atau invasi, melainkan secara ekonomi, negara2 yg di buat bangkrut krn kebijakan donal, negara yg sudah di ujung tanduk tsb menjadi incaran negara besar cina untuk membeli aset2 negara tsb untuk menutupi hutang negara..secara tidak langsung negara tersebut sudah milik cina, seperti yunani, turki, dsb. ,

well..ini cuma pendapat ane aj sih gan...


yups bner bgt ente gan
si trump ini bahkan saat ini lagi perang dagang sama china
emang sinting nih orang, ekonomi dunia goyang gara gara si trump
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:06
Balasan post pewartaberita
Quote:Original Posted By pewartaberita


Indonesia juga sama... Sebenernya sama malaysia... Presidennya utang2 kesana kemari tapi gak guna... Ngomongnya buat infrastuktur (mirip yang di lakuin najib) tapi padahal duitnya ujung2nya di korup partai2 pendukung... Malah dibagi2in buat bansos biar kepilih lagi...

• Utang era Megawati sebesar Rp 1.298 triliun/PDB 2.303 triliun
• Utang era SBY : Rp 2.608 triliun/10.542 triliun

  1. utang naik 1310 Trilyun (2 periode lho ini, kalo dibagi dua brarti cuman 755 trilun per periode,
  2. tapi PDB naik hampir 5 kali lipat bertambah 8.239 Trilun…

• Utang era jokowi : 4.253,02/14.000

  1. utang naik 1.645 triliun (lebih gede dari total utang SBY 2 periode),
  2. dan PDB cuman naik 3.458 <— gak nyampe 50%… bandingin sama era beye yang naiknya sampe 450% hahhaha…


JOKOWI kebanyakan ngutang tapi gak bisa ngelolanya ya ancur jadinya negara... SBY cuman utang 1310 Triliun untuk 2 periode... tapi PDB naik gila2an sampe hampir 5 kali lipat... hahahhahhaahahaha... kesian Sri... menteri hebat tapi musti nanggung ketidakbecusan pemimpinnya ngurus negara emoticon-Big Grin. yahhh indonesia bersyukur aja dah akhirnya sri mulyani mau jadi mentri lagi... setelah berkali2 nolak tawaran jokowi... emoticon-Big Grin kalo gak dipegang sri... mungkin indonesia udah beneran masuk krisis... gara2 utang gak terkontrol di awal2 rezim baru mimpin...

emoticon-Wkwkwkemoticon-Cendol Gan


Lu ngomong ginian panjang lebar ama cebong mana bsa ngerti gan, iqnya aja 200 sekolam.. Taunya september merkotet aja deh.. Mau negara ini bangkrut atau dibawa keambang kebangkrutan mah bodo amat bagi cebong.. Taunya dia cm september meroket emoticon-Ngakak
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:13
negara tetangga kena juga, semoga membaik deh
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:15
Quote:Original Posted By iqbaltrahmawan
setuju gan, tapi ane ngeliat turki ini beda. dia berani ambil resiko "hampir bangkrut" untuk tidak bergantung kepada amerika.emoticon-shakehand


Bergantungnya sama china sekarang LoL
0 0
0
Beberapa Negara Yang Terancam Bangkrut 2018
26-08-2018 12:17
Quote:Original Posted By iqbaltrahmawan


setuju gan, tapi ane ngeliat turki ini beda. dia berani ambil resiko "hampir bangkrut" untuk tidak bergantung kepada amerika.emoticon-shakehand


korut di isolasi mamarika kok malah ga bangkrut bangkrut ya gan?
ane masih bingung sama pertanyaan ini dari dulu?
0 0
0
Halaman 10 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia