gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Istilah Hubungan Kekerabatan yang Tak Sesederhana yang Anda Kira



Sekumpulan orang yang memiliki pertalian darah atau hubungan kekerabatan disebut keluarga. Keluarga dapat hanya berupa keluarga inti (ayah, ibu, dan anak) maupun keluarga besar (termasuk kakek - nenek, paman - bibi, sepupu, dan sebagainya). Namun, hubungan kekeluargaan tak sesederhana yang mungkin Anda bayangkan. Berikut adalah istilah hubungan kekerabatan yang mungkin belum Anda ketahui makna sebenarnya.

Klik gambar untuk menuju sumber gambar

Sepupu

Mungkin Anda hanya mengetahui kalau sepupu adalah saudara segenerasi yang merupakan anak dari saudara orang tua kita yang memiliki kakek - nenek yang sama dengan kita. Itu hanya merupakan definisi dari sepupu pertama. Bagaimana dengan seseorang yang merupakan cucu dari saudara kakek / nenek kita? Mereka juga disebut sepupu, lebih tepatnya sepupu kedua. Bilangan ordinal yang melekat dengan kata sepupu (pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya) merujuk pada jumlah generasi di atas kita yang mana leluhur orang tersebut bersaudara dengan leluhur kita. Jadi, sepupu pertama memiliki ayah / ibu (1 generasi) yang bersaudara dengan ayah / ibu kita, sepupu kedua memiliki kakek / nenek (2 generasi) yang bersaudara dengan kakek / nenek kita, dan seterusnya. Agar lebih jelas, perhatikanlah contoh berikut.
Julie Ledon dan Arthur Lenovon mempunyai dua orang anak, Jeannie Lenovon (kakak) dan Walter Ledon (adik). Jeannie Lenovon menikah dengan Bernard Lenogon dan memiliki anak bernama Marie Lenogon yang menikah dengan Henri Denugon dan memiliki anak bernama Helge Denugon. Walter Ledon menikah dengan Sheila Lenomon dan memiliki anak bernama Thomas Lenomon yang menikah dengan Geraldine Vernon dan memiliki anak bernama Peter Vernon. Dua hal yang dapat kita simpulkan dari keluarga ini adalah :
1. Marie Lenogon adalah sepupu pertama dari Thomas Lenomon karena orang tua mereka (Jeannie Lenovon dan Walter Ledon) adalah pasangan kakak dan adik.
2. Helge Denugon adalah sepupu kedua dari Peter Vernon karena mereka memiliki kakek buyut dan nenek buyut yang sama (Julie Ledon dan Arthur Lenovon) dan kakek dan nenek mereka bersaudara.
Sepupu bisa pula berbeda generasi. Untuk memahaminya, lihat grafis berikut.

Frasa "Once Removed", "Twice Removed", dan sebagainya tak memiliki terjemahan pasti dalam bahasa Indonesia dan mengartikan jarak generasi antarsepupu beda generasi. "Once Removed" berarti beda satu generasi, ke atas maupun ke bawah.
Mengapa hal ini penting? Menentukan derajat hubungan antara 2 orang dari silsilah keluarga dilakukan untuk menentukan apakah hubungan antar dua orang termasuk incest(sedarah) atau bukan. Ini untuk mencegah terjadinya hubungan incest yang merupakan perbuatan yang melanggar hukum di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat. Contohnya, di negara yang menetapkan bahwa hubungan hanya sampai dengan sepupu pertama sebagai incest, seseorang yang berhubungan dengan sepupu pertamanya dapat terjerat pidana dan usaha keduanya untuk mendaftarkan pernikahan tak akan diizinkan oleh pemerintah setempat, namun tidak bila keduanta adalah dengan sepupu kedua.

Saudara Seibu / Seayah

Masih ingat dengan kasus pembunuhan Kim Jong-nam di Malaysia pada Februari 2017 lalu? Ia dan Kim Jong-un sering disalahpahami sebagai saudara tiri, padahal sebenarnya mereka adalah saudara seayah. Dua orang disebut saudara tiri hanya jika mereka memiliki ayah dan ibu kandung yang berbeda dan disatukan oleh pernikahan salah satu orang tua mereka, dalam arti bahwa mereka tak berhubungan darah sama sekali. Sementara itu, Kim Jong-nam dan Kim Jong-un memiliki ayah yang sama (Kim Jong-il) namun berbeda ibu sehingga tak bisa disebut saudara tiri. Kim Jong-nam adalah kakak seayah dari Kim Jong-un.
Jika seseorang memiliki ibu yang sama namun ayah yang berbeda, mereka disebut saudara seibu.
Kekeliruan ini disebabkan karena memang nyaris tak ada terjemahan pasti untuk istilah half-sibling (saudara seayah / seibu) dalam bahasa Indonesia sehingga menjadi rancu dengan step-sibling (saudara tiri).
Berikut adalah contohnya.
Marie Ledon menikah dengan Erwin Levon dan memiliki anak bernama Patricia Levon. Mereka bercerai dan Marie menikah lagi dengan Joseph Dunegon. Mereka memilki anak bernama Henri Ledon. Patricie Levon dan Henri Ledon dikatakan sebagai saudara seibu.


Demikian thread dari saya kali ini. Hubungan kekeluargaan adalah sesuatu yang kompleks dan tak sesederhana yang dikira banyak orang. Memahaminya dapat membantu Anda menemukan siapa saja yang berkerabat dengan Anda. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V



Diubah oleh gilbertagung 12-09-2018 02:26
1
32.7K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.