News
Batal
KATEGORI
link has been copied
390
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7cba911a99758b198b4567/pbnu--sebut-suara-azan-terlalu-keras-bukan-penodaan-agama
Ketua PBNU bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan Robikin Emhas menilai seseorang yang mengatakan suara azan terlalu keras tidak dapat disebut menista agama.
Lapor Hansip
22-08-2018 08:21

PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama

Past Hot Thread
Quote:
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua PBNU bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan Robikin Emhas menilai seseorang yang mengatakan suara azan terlalu keras tidak dapat disebut menista agama.

"Saya tidak melihat ungkapan suara azan terlalu keras sebagai ekspresi kebencian atau sikap permusuhan terhadap golongan atau agama tertentu," kata Robikin dikutip dari Antara, Rabu (22/8).

Sebagai muslim, lanjut Robikin, pendapat seperti itu sewajarnya ditempatkan sebagai kritik konstruktif dalam kehidupan masyarakat yang plural.


Menurut dia lahirnya pasal penodaan agama antara lain untuk menjaga harmoni sosial yang disebabkan karena perbedaan golongan atau perbedaan agama/keyakinan yang dianut.

"Saya berharap penegak hukum tidak menjadikan delik penodaan agama sebagai instrumen untuk memberangus hak menyatakan pendapat," kata Robikin yang juga advokat konstitusi.

Seorang perempuan asal Tanjung Balai berinisial M disidang di Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara karena mengeluhkan suara azan yang dianggapnya terlalu keras.

Meliana dinilai jaksa penuntut umum melakukan ujaran kebencian dan penodaan agama sebagaimana diatur dalam Pasal 156 dan 156a KUHP dan dituntut hukuman 1,5 tahun penjara.

Pernyataan Meliana dianggap sebagai pemicu kerusuhan di mana sekelompok orang membakar dan merusak wihara dan Klenteng di Tanjung Balai


SUMBER
Diubah oleh kaskus.infoforum
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 22 dari 23
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
23-08-2018 22:38
indonesia punya thanos,doi pernah mimpin 32 tahun.. klo doi liat potensi bakal rusuh,doi bakal beresin dengan jentikan jari dan perusuh pun tau2 ada ke laut..
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
23-08-2018 22:50
Ketika otak dan pola pikir berada jauh di bawah telapak kaki.

Cuma dikomentarin "suara keras" udah bakar vihara. Gimana komentar yang lebih dari itu ya? Mungkin langsung musnahin penduduk yang beragama lain di sana. Ciee yang sumbu pendek. emoticon-2 Jempol


Ilmu agama ane memang cuma ktp dan pas2an, tapi nggak sampe segitunya kali. Perbuatannya ga manusiawi sekali. emoticon-No Sara Please
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
23-08-2018 23:20
btw kaum satu ini di indo emang songong2, kalau udah alasan embel2 buat agamanya disuruh apapun udah pasrah gak bisa ngapa2'in..
#pinternya orang jaman dulu bikin "sesuatu" buat ngumpulin massa, yg ujung2 duit.. "sesuatu" inilah yg namanya agama..
Menurut ane agama adalah "Partai politik" yg sangat kuat..
#Umat muslim haji di mekah = naikin devisa Arab (negara nabi Muhammad yg jg katanya asal Islam)
#Umat Katolik ngumpulin Kolekte(persembahan berupa uang) tiap misa, disetorkan ke Paroki (sebagian disumbangin buat Beasiswa, Anak Yatim, Bantuan ke orang tidak mampu dan kegiatan kemanusiaan lainnya).. dari Paroki disetorkan ke Keuskupan Pusat, disetorkan lagi ke Vatikan
#Pendeta Kristen kalo jemaatnya kaya2 maka pendetanya jg ikutan kaya.. Gerejanya jg beda2 kl beda "aliran"..
#Hindu & Budha ane kagak tau samasekali
#tolong benerin kl ada yg salah atau tidak sesuai..
Diubah oleh gerrage
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
23-08-2018 23:44
Kalau emang suara azan mengganggu telinga mu. Cuba tegur trek2 besar atau semua jenis kendaraan yang ada di jalan besar. Kalau seandai nya suara panggilan Allah kau kira bising. Hati mu tidak sampai kesitu. Tunggu kehancuran jasad mu dineraka kelak.
0 1
-1
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 01:28


Quote:Original Posted By gerrage
btw kaum satu ini di indo emang songong2, kalau udah alasan embel2 buat agamanya disuruh apapun udah pasrah gak bisa ngapa2'in..
#pinternya orang jaman dulu bikin "sesuatu" buat ngumpulin massa, yg ujung2 duit.. "sesuatu" inilah yg namanya agama..
Menurut ane agama adalah "Partai politik" yg sangat kuat..
#Umat muslim haji di mekah = naikin devisa Arab (negara nabi Muhammad yg jg katanya asal Islam)
#Umat Katolik ngumpulin Kolekte(persembahan berupa uang) tiap misa, disetorkan ke Paroki (sebagian disumbangin buat Beasiswa, Anak Yatim, Bantuan ke orang tidak mampu dan kegiatan kemanusiaan lainnya).. dari Paroki disetorkan ke Keuskupan Pusat, disetorkan lagi ke Vatikan
#Pendeta Kristen kalo jemaatnya kaya2 maka pendetanya jg ikutan kaya.. Gerejanya jg beda2 kl beda "aliran"..
#Hindu & Budha ane kagak tau samasekali
#tolong benerin kl ada yg salah atau tidak sesuai..


Mungkin bener agama skrg jadi buat
Jualan politik

Tapi innget ibadah setiap agama adalah hak,

arab dapet devisa, pendeta ikut kaya, ngumpulin kolekte buat vatikan, itu semua dampak, apa ada yg salah dr dampak itu?

0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 04:15
Quote:Original Posted By abibalqis
Kalau emang suara azan mengganggu telinga mu. Cuba tegur trek2 besar atau semua jenis kendaraan yang ada di jalan besar. Kalau seandai nya suara panggilan Allah kau kira bising. Hati mu tidak sampai kesitu. Tunggu kehancuran jasad mu dineraka kelak.


makanya baca dulu sampe abis. pinter dikit napa
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 04:22
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama

PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama

bacanya sambil minum es. Biar adem otaknya
Diubah oleh verrgiel
0 0
0
Lihat 1 balasan
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 08:08
Balasan post bang.oma
Quote:Original Posted By bang.oma
Sebenenrya emang kadang mesjid itu nyetel suaranya terlalu kenceng dan tukang adzannya jelek, intinya saling ngerti lah. Yang adzan juga perbaiki kualitas


maksud saya bang.....mohon maaf sebelunya.....biar dengar music relaksasi juga kalo volumenya full terus 10 meter di depan rumah juga.....yah gimana ya
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 08:45
adzan subuh adalah alarm saya buat bangun pagi
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 09:17
Balasan post noisscat
Quote:Original Posted By noisscat


Hakim nya miring... Pantes aja...
Si Wahyu Prasetyo Wibowo


PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama

PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama

PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama

http://medan.tribunnews.com/2018/07/...wakan-terdakwa

emoticon-Turut Berduka

Nah ini.. problem korupnya hakim juga ikut andil menyuburkan pola pikir yg gak bener.
Inget ada pak haji yg koar2 menawarkan 1 Miiyar buat siapapun yg bs bunuh Ahok.
Apakah ada sejumlah dana yg ditawarkan ke hakim?
Masih bangga pada negara kita ? Ane mah kaga nemu apa yg bisa dibanggakan.
Nasionalisme yg digaung2kan selama ini semu, kawan.
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 09:50
Udalah kalian ud kemakan racun Radikal dengan mengatasnamakan agam buat runtuhkan indonesia...jgn bodoh2x ini jelas2 pengaruh Negara lain..intinya
ini ulah
ZIONIST

0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 14:25
Balasan post kaskus.sajalah

Quote:Original Posted By kaskus.sajalah


jadi intinya lu ada bukti valid maaruf suruh demo berjilid2 ga?
klo main cocokmologi kan susah di percaya
atau lu ga ngerti bukti valid?

uda munafik skrg jadi penipu pulak
emoticon-Shakehand2


Ini buktinya Gan..
https://news.detik.com/berita/415922...awapres-jokowi
0 0
0
Lihat 1 balasan
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 15:03
Quote:Original Posted By gerrage
btw kaum satu ini di indo emang songong2, kalau udah alasan embel2 buat agamanya disuruh apapun udah pasrah gak bisa ngapa2'in..
#pinternya orang jaman dulu bikin "sesuatu" buat ngumpulin massa, yg ujung2 duit.. "sesuatu" inilah yg namanya agama..
Menurut ane agama adalah "Partai politik" yg sangat kuat..
#Umat muslim haji di mekah = naikin devisa Arab (negara nabi Muhammad yg jg katanya asal Islam)
#Umat Katolik ngumpulin Kolekte(persembahan berupa uang) tiap misa, disetorkan ke Paroki (sebagian disumbangin buat Beasiswa, Anak Yatim, Bantuan ke orang tidak mampu dan kegiatan kemanusiaan lainnya).. dari Paroki disetorkan ke Keuskupan Pusat, disetorkan lagi ke Vatikan
#Pendeta Kristen kalo jemaatnya kaya2 maka pendetanya jg ikutan kaya.. Gerejanya jg beda2 kl beda "aliran"..
#Hindu & Budha ane kagak tau samasekali
#tolong benerin kl ada yg salah atau tidak sesuai..


ada bnernya juga opini ente gan
menarik untuk dibahas
emoticon-Angkat Beer
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 15:07
dopost
Diubah oleh ihou
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 15:08
Quote:Original Posted By acarasem
73 tahun indonesia merdeka baru skrg ada yg mempermasalahkan suara adzan.. dan ane akui juga memang seharusnya gak perlu sampai jatuh vonis kek gini, harusnya bsa diberikan pemahaman kepada ibu nya mengapa toa masjid itu kenceng soalnya kl gak kenceng bukan toa namanya emoticon-Ngakak
Kl masalah knp toa itu kenceng suaranya ya krn dilihat dari kemaslahatannya, kita gak bicara per individu tp kita bicara sekumpulan orang di area tertentu, misal unat islam ada 1000 trs ada non islam 5org trs pada komplen masalah suara adzan, secara aturan ya itu gak kuat alasannya krn kemaslahatannya lebih mewakili kepentingan org yang lbh banyak. Ayolah berpikir logis dan stop playing victim

Manusia Indonesia jaman skrg emg pada retardasi mental, gak kek jaman kakek nenek kita, jaman skrg tuh dikit2 komplen dikit2 pidana emoticon-Blue Guy Bata (L)


dulu juga jusuf kalla pernah bahas suara azan yg terlalu keras. coba baca berita beberapa tahun yg lalu emoticon-Smilie

suara toa emang harus dibatesin. ente jgn hipokrit, ngajak berpikir logis tpi ente sendiri ga logis. bahkan di arab sendiri ada batasan buat suara toa toa di pemukiman
Diubah oleh ihou
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 16:07
Quote:Original Posted By kaskus.sajalah
jadi intinya lu ada bukti valid maaruf suruh demo berjilid2 ga?
klo main cocokmologi kan susah di percaya
atau lu ga ngerti bukti valid?

uda munafik skrg jadi penipu pulak
emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By ron845515t
Ini buktinya Gan..
https://news.detik.com/berita/415922...awapres-jokowi


Thanks bray.
Dia terlalu lama hidup dalam fitnah dan Hoax jadi agak ga waras.
Harap di maklum
0 0
0
Lihat 1 balasan
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 17:59
Balasan post ron845515t
Quote:Original Posted By ron845515t



Ini buktinya Gan..
https://news.detik.com/berita/415922...awapres-jokowi


di paragraf bagian mana ada tulisan maruf suruh umat untuk demo ahok?
ada atau tidak?
jawab itu saja
ga perlu putar2
emoticon-Big Grin
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 18:00
Balasan post fuckinghandsome
Quote:Original Posted By fuckinghandsome




Thanks bray.
Dia terlalu lama hidup dalam fitnah dan Hoax jadi agak ga waras.
Harap di maklum


cie pig mewek
yang bisa dengan munafiknya ngaku dukung A lalu dukung B mah hanya si pig

pamer lagi donk ketololan lu hanya modal ngotot macam pig

emoticon-Ngakak
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
24-08-2018 19:12
Quote:Original Posted By verrgiel
makanya baca dulu sampe abis. pinter dikit napa


Sakit kali kau
0 0
0
PBNU : Sebut Suara Azan Terlalu Keras Bukan Penodaan Agama
26-08-2018 20:11
Balasan post tukangkredit
Quote:Original Posted By tukangkredit


Lha... ketua MUi = Petinggi NU = cawapres Jokowi


makanya kalimatnya ga diterusin, membingungkan

ini ada artikel bagus dari tirto
https://tir.to/n/cT9m
0 0
0
Halaman 22 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia