fancewAvatar border
TS
fancew
15 Agustus: Selamat Ulang Tahun Bekasi!
"Tinggal di mana lo?"
"Bekasi."
"Anjir seriusan? Naik apaan lo ke kampus? Kan jauh banget."

Warga Bekasi pasti tau banget rasanya pas ditanya "Tinggal di mana?" sama temen-temen anak Jabodeta. Padahal ya tinggal di Bekasi nggak jauh-jauh amat kok. Ada KRL, terminal, bahkan TransJakarta juga ada yang mepet-mepet ke wilayah Bekasi.


Foto: Klik Bekasi

Ngomong-ngomong Bekasi, nama Bekasi sendiri adalah kata Candrabhaga yang tercantum dalam Prasasti Tugu dari zaman Kerajaan Tarumanegara. Candrabhaga adalah nama sungai yang dibangun pada abad ke-5 Masehi oleh Raja Purnawarman. Candrabhaga berasal dari kata Candra (bulan) dan Bhaga (bahagia). Sedangkan Candra adalah bahasa Sanskerta yang disebut Sasi dalam bahasa Jawa kuno. Jadi Candrabhaga itu adalah Sasibhaga, kalo diartikan terbalik jadi Bhagasasi dan kelamaan Kali Candrabhaga disebut dengan Kali Bekasi.



Udah belajar sejarah singkat Bekasi, tau nggak kalau hari ini, 15 Agustus 2018 adalah Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-68GanSist!

emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat



Tau nggak Gan? Awalnya nama Kabupaten Bekasi adalah Kabupaten Jatinegara. Di tahun 1950, dibentuk Panitia Amanat Rakyat Bekasi yang menuntut usulan pergantian nama. Hingga akhirnya disetujui oleh Mohammad Hatta dengan UU No.14 Tahun 1950 dan secara resmi terbentuk Kabupaten Bekasi tanggal 15 Agustus 1950.



Pernah tau Pentagon di Amerika Serikat Gan? Ternyata komplek perkantoran Pemkab Bekasi ini kalo dilihat dari Google Earth itu bentuknya pentagon alias segi lima loh! Hayo siapa orang Bekasi yang baru tau?


Foto: old.presidentpost.id

Eits, meski terkenal dengan kawasan industrinya, tapi Kabupaten Bekasi ternyata juga punya pantai loh. Salah satunya Pantai muara Beting, yang juga ada konservasi hutan bakaunya. Di hutan bakaunya pun banyak satwa endemik seperti burung dan juga beberapa satwa liar dan langka. Ya secara emang Kabupaten Bekasi luas banget ya GanSist, lengkap banget emang!


Foto: jakarta.panduanwisata.id

Bukan hanya pantai, Kabupaten Bekasi juga punya destinasi wisata alam lainnya yakni Situ Cibeureum. Situ ini letaknya di Kecamatan Tambun Selatan dan merupakan danau yang terbentuk secara alami. Satu hal yang jadi legenda di sini adalah legenda siluman buaya putih yang katanya menghuni kerajaan makhluk halus di dasar situ/danau.


Foto: Indopos

Selain itu, satu hal yang jadi identik dengan Bekasi adalah macetnya! Bekasi seakan nggak bisa dipisahkan dari kata macet ya, apalagi emang Bekasi jadi daerah penyangga ibu kota yang juga jadi sentra kawasan industri.

Meski begitu, di Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-68 ini, semoga Bekasi selalu bisa berkembang maju dan nggak dibully lagi ya emoticon-Ngakak

Sumur: 1 2 3


0
934
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.