tereariyaniAvatar border
TS
tereariyani
Menko Darmin: Defisit transaksi berjalan lebih luas dan susah ditekan
perlu dicatat rupiah sudah tidak menarik lagi emoticon-Big Grin
nilai terkuat rupiah 2011 8rb an
sekarang 14rb an
posisi cad memburuk cadev merosot

15rb akhir tahun bisa terjadi apalagi klo ada spekulan yg memanfaatkan momentum pilpres emoticon-Big Grin



https://m.merdeka.com/uang/menko-darmin-defisit-transaksi-berjalan-lebih-luas-dan-susah-ditekan.html


Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mencatat defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) kuartal II-2018 tembus USD 8 miliar atau 3,0 persen dari PDB. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya sebesar USD 5,7 miliar atau 2,2 persen dari PDB.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, defisit ini sudah cukup besar. Pemerintah akan segera mengambil langkah untuk memperkecil defisit transaksi berjalan.

"Agak besar itu. Ya artinya kalau sampai 3 persen itu pemerintah harus menyiapkan langkah langkah untuk segera membuat dia turun ke bawah," ujar Menko Darmin di Hotel Borobudur, Senin (13/8).

Menko Darmin menjelaskan, defisit transaksi berjalan memiliki cakupan yang lebih luas karena memiliki keterkaitan dengan saham dan obligasi yang di beli di Indonesia. Untuk itu, defisit transaksi berjalan lebih susah ditekan dari pada defisit neraca perdagangan.

"Transaksi berjalan itu lebih luas dan lebih susah ditekan. Oleh karena itu menyangkut barang jasa dari misal dari saham dari obligasi asing yang beli di sini. Nah itu dia semua yang buat defisit sehingga kebijakan yang harus dibuat harus lebih banyak kemungkinannya kalau urusan transaksi berjalan," jelasnya.

Hingga kini, kata Darmin, pemerintah belum menyiapkan strategi khusus menghadapi pelebaran defisit transaksi berjalan tersebut. Namun dia memastikan, pemerintah akan memperbaiki terlebih dahulu defisit neraca perdagangan.

"Saya belum bisa bilang. Kita akan, dia pasti menyangkut perdagangan barang perdagangan jasa kemudian profit dari investasi dan sebagainya," tandasnya.







0
1.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.