News
Batal
KATEGORI
link has been copied
306
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b58788bd675d4300f8b4568/10000-triliun-ton-berlian-ditemukan-di-bawah-permukaan-bumi
Berlian hari ini adalah simbol kekayaan dan keanggunan, tapi di masa depan mereka mungkin hanya batuan biasa yang bisa dimiliki siapa pun. Itulah skenario yang digambarkan oleh studi terbaru oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang mengatakan bahwa 10.000 kilometer di bawah permukaan bumi terdapat 10.000 triliun ton berlian (10.000.000.000.000.000 ton).
Lapor Hansip
25-07-2018 20:18

10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi

Past Hot Thread
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi

 
Berlian hari ini adalah simbol kekayaan dan keanggunan, tapi di masa depan mereka mungkin hanya batuan biasa yang bisa dimiliki siapa pun.
 
Itulah skenario yang digambarkan oleh studi terbaru oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang mengatakan bahwa 10.000 kilometer di bawah permukaan bumi terdapat 10.000 triliun ton berlian (10.000.000.000.000.000 ton). Kalau mau dikonversi ke kilogram, tambah tiga nol lagi. Kalau mau ke satuan gram, tambah 6 nol lagi).
 
"Ini menunjukkan kepada kita bahwa berlian mungkin bukanlah mineral eksotis, tapi pada skala geologis, ini relatif umum, " kata Ulrich Faul, salah satu penulis studi tersebut, dalam sebuah pernyataan dari MIT.
 
Dimana mereka?
 
Menurut para peneliti, harta di bawah tanah ini tersebar di antara formasi batuan raksasa yang disebut cratons. Kawah-kawah ini adalah sejenis pegunungan terbalik yang ditemukan di sebagian besar lempeng tektonik kontinen, dan itu dapat meluas hingga lebih dari 300 kilometer dari kerak bumi ke lapisan mantel bumi.
 
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi

 
"Di setiap craton diperkirakan ada sekitar 1.000 triliun ton berlian," kata Ulrich Faul.
 
"Di Bumi ada sepuluh provinsi geologis yang dikenal sebagai kawah cratons, jadi jumlah total berlian yang terkumpul di kawah Bumi adalah sekitar 10.000 triliun ton."
 
Para peneliti menggunakan gelombang suara untuk mendeteksi keberadaan berlian. Dengan menggunakan metode ini, para peneliti menyadari bahwa ketika gelombang suara melewati kawah mereka melakukan perjalanan jauh lebih cepat daripada yang mereka duga.
 
Hasilnya studi yang mereka lakukan menyatakan bahwa batu yang mengandung 1% atau 2% intan adalah satu-satunya batuan yang mampu menghasilkan kecepatan gelombang yang sama cepatnya dengan yang dicatat oleh alat seismolog.
 
Berdasarkan jumlah dan ukuran cratons, para ilmuwan menghitung bahwa jika masing-masing memiliki antara 1% atau 2% kandungan berlian, maka disana terdapat sekitar 10.000 triliun ton berlian murni.
 
Bisakah manusia mengekstraknya?
 
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi


Untuk saat ini tidak mungkin dilakukan, karena kawah yang mengandung mereka setidaknya memiliki kedalaman 160 kilometer. Sedangkan tambang terdalam di dunia, Mponeng di Afrika Selatan hanya memiliki kedalaman 4 kilometer.
 
Meski demikian, temuan ini berguna untuk lebih memahami tentang bagaimana bagian dalam Bumi tersusun. "Kita belum bisa menjangkau mereka," kata Faul, "tapi masih ada lebih banyak berlian daripada yang pernah kami pikirkan selama ini."


Referensi:

http://www.dailymail.co.uk/sciencete...us-stones.html

http://fortune.com/2018/07/18/diamon...drillion-tons/

1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 16
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 16:38
kirain beneran, klo beneran mah bisa buat pondasi rumah, batu kali jd langka dah
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 16:48
Quote:Original Posted By abangijokuning
ane maho emoticon-Betty


10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
1 0
1
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:04
Wuih bermanfaat sekali, kalo bisa di ekstract kaya mendadak nih indonesia
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:16
dalemnya aja 160km. mank bs?
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:21
kalo bisa ditambangpun, ntar pasti membutuhkan teknologi yang lebih maju, dan jika banyak orang yang punya, harganya anjlok
Btw kalo si 'teknologi baru' itu sangat mahal, kira2 harganya jadi anjlok engga ya? ane bukan jago bisnis soalnya
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:28
Quote:Original Posted By mukhlys
artinya apa bre emoticon-Gila


Asam di gunung, garam di laut, ketemu di belanga...
emoticon-Leh Uga
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:28
Quote:Original Posted By lineang
njir.. pepatah yang luar binasa emoticon-Wkwkwk


Makasih banyak lho Gan...
emoticon-Leh Uga
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:30
Quote:Original Posted By silentreadrclub
hah serius..?
emoticon-Matabelo

jadi ga eksklusif lgi dong?
oiya tambang mpone itu isinya apaan yak?


bahkan tulang agan bisa dijadikan berlian nanti klo udah coid.... buat kenang2an..
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:33
Balasan post shinhikarugenji
Quote:Original Posted By shinhikarugenji

emoticon-Bingung
Bukannya diameter bumi aja cuma 12.742 km?
Jadi cuma 2,742 km kalo diukur dari sisi bumi lain, gitu? emoticon-Bingung (S)

tergantung
buminya datar atau bulat emoticon-Embarrassment

0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:39
HT nya dari pagi koQ gak berubah yak???
emoticon-Bingung
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:44
seriusan gak ada HT lg nih.
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:44
kerok aja sampe dalam2 sampai perut bumi.. tunggulah bencana alam efek dari pengrusakan alam... bor aja terus
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:47
Nice article... #shareit
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:49
Quote:Original Posted By o.best
apa lg nih bre artinya emoticon-Bingung


Rahasia Gan... emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:50
Quote:Original Posted By hatalomba
artinya apaan bray,
udah ane translit masih kagak ngarti bray,

Saya bertemu di gunung, garam laut,dan pot.
emoticon-Ngakak


Udah mendekati Gan... emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:52
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Rahasia Gan... emoticon-Ngakak (S)


Rahasia rahasiaan nih yaa...emoticon-Bingung
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:53
Quote:Original Posted By dodipeter
seriusan gak ada HT lg nih.


Mungkin semua opiser lagi liburan Gan...
emoticon-Ngakak
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:53
Buseeeeh ton, 1 gram aja ga punya
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:53
Quote:Original Posted By o.best
Rahasia rahasiaan nih yaa...emoticon-Bingung


Aiiih... Ane jd malu deh... emoticon-Embarrassment
0 0
0
10.000 Triliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi
11-08-2018 17:55
otw nggali bumi emoticon-Traveller
1 0
1
Halaman 12 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia