• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masih Sibuk Ngurusin Bumi Datar Atau Bulat ? Yuk Lihat Dari Segi Ilmiah

edumotionAvatar border
TS
edumotion
Masih Sibuk Ngurusin Bumi Datar Atau Bulat ? Yuk Lihat Dari Segi Ilmiah



Spoiler for spoiler:


Terlepas dari pertentangan soal bumi datar dan bumi bulat. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan planet berbentuk bulat. Kenapa hal ini bisa terjadi ? kenapa semua planet bentuknya bulat ? yuk kita bahas

Spoiler for spoiler:


Jawaban yang paling dasar dan paling singkat adalah, karena gravitasi.

Setiap planet, memiliki gravitasi sendiri-sendiri. Gravitasi ini biasanya terpusat pada inti dari planet tersebut. Gravitasi ini lah yang membentuk planet menjadi sebuah lingkaran. 

Pada awal terbentuknya planet, gaya gravitasi ini menarik partikel debu dan gas disekelilingnya, debu dan gas ini membentuk bulatan disekitar inti planet tersebut.

Spoiler for spoiler:


Partikel2 ini lalu mengeras, yang menyebabkan planet tersebut mempunyai bentuk bulat seperti pada saat masih berbentuk debu dan gas.

Spoiler for spoiler:


Gaya gravitasi ini, akan semakin lemah apabila jaraknya semakin jauh dari inti. Dan karena setiap planet berputar pada porosnya atau berotasi, hal ini menyebabkan bagian sisi dari setiap planet, tidak akan berbentuk bulat sempurna. Tapi lebih kearah bulat telur.

Spoiler for spoiler:


Gravitasi juga menentukan kepadatan materi sebuah planet. Untuk planet yang mempunyai gravitasi besar, tanahnya akan semakin padat karena tertarik kuat ke arah inti planet tersebut. 

Untuk planet yang mempunyai gravitasi lemah, biasanya tanahnya tidak terlalu padat, malah terkadang hanya berbentuk kumpulan gas. Seperti halnya matahari atau bintang-bintang yang terdiri dari kumpulan gas berbentuk lingaran raksasa. Dengan inti gravitasi yang kecil.

Spoiler for spoiler:


Diantara planet yang kita ketahui, saturnus dan jupiter adalah planet yang mempunyai bentuk paling tidak simetris bulatnya, kayak sebuah bola yang ditekan kebawah. 

Hal ini terjadi karena kedua planet ini mempunyai ukuran yang besar, gaya gravitasinya mampu menahan planet ini tetap utuh, tapi akibatnya, bagian sisi dari planet ini agak melebar, karena efek rotasi yang cepat.

Spoiler for spoiler:


Lalu, kenapa benda2 langit seperti meteor atau asteroid tidak berbentuk bulat ?

Karena benda-benda tersebut tidak mempunyai gravitasi yang cukup kuat, yang cukup untuk membuat mereka berbentuk bulat.

Spoiler for spoiler:


Dan juga karena gravitasi inilah, teori bumi datar, bumi kotak, dan seterusnya. Tidak akan mungkin terjadi. Karena apabila suatu benda mempunyai gravitasi dan ukurannya cukup besar, dia akan secara alami berbentuk bulat. 

Dan itu juga sebabnya, bagi orang-orang yang percaya bumi itu datar. Gravitasi adalah mitos.

Spoiler for spoiler:


Yah, terlepas dari perdebatan itu, kita bisa dengan mudah mengamati bintang, atau bulan, atau matahari. Untuk melihat apakah mereka semua berbentuk datar, atau bulat.



Jangan lupa kunjungi channel kita di youtube :EDU MOTION


Dan jangan lupa juga Follow Instagram kita ya gan :
@edu_motion


Diubah oleh edumotion 10-08-2018 01:10
goeltom25338186
goeltom25338186 memberi reputasi
1
16.9K
167
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.