Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3827
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/552c840ad89b098d6a8b456e/cari-tau-seputar-bpjs-kesehatan---part-1
Halo agan dan aganwati.. Kami ingin berbagi informasi seputar BPJS Kesehatan, mulai dari prosedur pendaftaran, pelayanan, hingga pelayanan kesehatan apa saja yang dijamin BPJS Kesehatan untuk seluruh masyarakat yang sudah bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan :iloveindonesia Apabila ada keluhan, kritik, dan saran agar disampaikan secara terbuka agar kami dapat memberi solusi terbaik bagi agan d
Lapor Hansip
14-04-2015 10:05

Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan

Halo agan dan aganwati.. Kami ingin berbagi informasi seputar BPJS Kesehatan, mulai dari prosedur pendaftaran, pelayanan, hingga pelayanan kesehatan apa saja yang dijamin BPJS Kesehatan untuk seluruh masyarakat yang sudah bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan emoticon-I Love Indonesia

Apabila ada keluhan, kritik, dan saran agar disampaikan secara terbuka agar kami dapat memberi solusi terbaik bagi agan dan aganwati, sekaligus meningkatkan pelayanan kami ke depannya emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Untuk informasi tentang pelayanan kesehatan yang dijamin BPJS Kesehatan serta regulasi pemerintah terkait pelaksanaan BPJS Kesehatan di sini.

Dear agan dan sista, sebelum bertanya, silakan cek FAQ kami dulu ya, untuk menghindari pertanyaan berulang. Terima kasih sebelumnya emoticon-Shakehand2

FAQ 1: Kepesertaan & Pendaftaran
1. Bagaimana cara mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan?
Karena banyaknya update informasi, mohon cek FAQ 8 dan FAQ 9 di bawah ya gan emoticon-Request

2. Saya mendaftar BPJS Kesehatan secara mandiri dan harus pindah tempat tinggal, lalu harus bagaimana?
Agan cukup melapor ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Nanti di sana agan akan ditunjukkan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang baru, yang lokasinya disesuaikan dengan tempat tinggal baru agan.

3. Bagaimana jika ada perubahan daftar susunan keluarga peserta BPJS Kesehatan, seperti ada penambahan, kelahiran, atau kematian anggota keluarga?

Dalam hal ini, peserta dapat melaporkan perubahan daftar susunan keluarganya kepada pemberi kerja atau langsung kepada BPJS Kesehatan paling lambat 14 hari kerja sejak terjadi perubahan data peserta.

4. Seandainya saya termasuk peserta PBI, bisakah saya mengubah status kepesertaan menjadi peserta non-PBI yang membayar sendiri iuran tiap bulannya?
Perubahan status peserta PBI menjadi non-PBI bisa dilakukan jika taraf hidup peserta PBI telah membaik dan sudah mampu membayar iuran bulanan. Peserta PBI yang ingin berganti status menjadi non-PBI cukup datang ke BPJS Kesehatan untuk membayar iuran pertamanya dan menandatangani surat pernyataan bersedia membayar iuran bulanan dengan biaya sendiri.

Sementara itu, jika ada peserta non-PBI yang berganti status menjadi peserta PBI, pergantian status akan dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemerintah akan mengevaluasi data peserta PBI setiap 6 bulan sekali untuk memastikan peserta PBI tepat sesuai sasaran. Perubahan status kepesertaan sebagaimana dimaksud, tidak mengakibatkan terputusnya manfaat jaminan kesehatan.

Begini cara pindah / berganti status kepesertaan dari peserta PBI (yang iurannya dibayari oleh pemerintah setiap bulannya) menjadi Peserta PBPU (yang iurannya membayar sendiri):
Quote:share pengalaman ane
bawa ft kopi ktp + kk + kartu KJS/Jamkesmas asli + foto copynya, serta ente buat pernyataan diatas materai yang isinya keluar dari program Jamkesda / KJS., jangan lupa foto 3x4 yang bersangkutan.
alamat UP JAMKESDA gunung Sahari gan, arah senen, setelah lampu merah mangga besar, adanya sebelah kiri (pokoknya ente perhatikan aja ada indomaret, nah kantor jamkesda sebelum indomaret)


5. Kenapa selalu muncul pesan "Periksa Kembali Data yang Anda Masukkan" setiap kali saya mau menambah/mendaftarkan anggota keluarga?
Berikut kami sampaikan alternatif solusi dari mr.smartworker:
Quote:Share cara daftar anggota keluarga
waktu daftar anggota keluarga, sering muncul pesan "periksa kembali data yang anda masukkan"
ane share trik untuk daftarnya, dan uda bbrpa kali ane lakukan dan berhasil

1. Pilih pendaftaran anggota keluarga
2. Masukkan no registrasi kepala keluarga dan email nya
3. Keluar data2 alamat kepala keluarga, selanjutnya
4. pilih pendaftaran baru, perhatikan di no registrasi akan terisi no registrasi kepala keluarga secara otomatis, biarkan aja, selanjutnya
5. input data calon peserta sampai selesai, kemudian
6. klik simpan,
7. tunggu email aktivasi, jika email masuk, perhatikan emailnya akan di tujukan kpd kepala keluarga bahwa ada penambahan anggota keluarga, klik aktivasi, setelah aktif
8. donlot formulir isian, walllahhh.... akan ada data anggota keluarga yg kita daftar tadi, selanjutnya donlot va dan bayar.


6. Bagaimana jika KK saya tidak ditemukan saat melakukan pendaftaran online? Apa yang harus saya lakukan?
Untuk pendaftaran dengan nomor KK, BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk dapat mengakses data penduduk yang ingin melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan. Data yang digunakan dalam pendaftaran adalah data dalam Master File Disdukcapil. Jika nomor KK yang tidak ditemukan, maka peserta dimohon dapat berkenan melakukan update data KK terlebih dulu melalui Kantor Disdukcapil setempat dan divalidasi.

7. Kenapa harus daftar sekeluarga? Kenapa tidak bisa mendaftarkan salah satu anggota keluarga yang membutuhkan saja? Kan anggota keluarga saya yang lain nggak sakit..
BPJS Kesehatan memiliki prinsip gotong royong. Artinya, secara tak langsung peserta yang sehat membiayai peserta yang sakit, peserta yang mampu membiayai peserta yang kurang mampu. Setiap bulan, iuran peserta BPJS Kesehatan digunakan untuk membiayai para peserta yang sedang sakit, membutuhkan biaya pengobatan yang besar, dan atau membutuhkan pelayanan kesehatan seumur hidup seperti penyandang hemofilia dan thalassemia. Iuran bulanan dari para peserta BPJS Kesehatan yang sehat itulah yang dapat menutup pembiayaan tersebut.

Dengan nominal yang terjangkau, yaitu Rp 80.000 (kelas I), Rp 51.000 (kelas II), dan Rp 25.500 (kelas III), para peserta yang sehat dapat bahu-membahu membantu peserta yang sakit. Jika suatu hari seorang peserta yang sehat itu mendadak jatuh sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar, maka ia pun akan ditanggung oleh iuran bulanan peserta sehat lainnya. Dengan demikian, manfaat iuran yang dibayarkan peserta BPJS Kesehatan tersebut akan terus berputar, membiayai mereka yang membutuhkan, sehingga diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat memperoleh jaminan kesehatan yang adil dan merata.

Hal yang sangat penting untuk ditanamkan dalam diri kita adalah agar yang mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan bukan hanya anggota keluarga yang sakit/membutuhkan pelayanan kesehatan, namun juga yang sehat. Sebab bagaimanapun juga, dana untuk membiayai pelayanan kesehatan peserta yang sakit/membutuhkan pelayanan kesehatan, bukan hanya dari pemerintah, melainkan juga berasal dari dana iuran peserta yang sehat. Sehingga anggota keluarga di KK yang belum terdaftar diharapkan dapat mendaftar secara langsung di Kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk memperoleh edukasi dan informasi lebih lengkap mengenai hal tersebut.


FAQ 2: Pembayaran Iuran Bulanan
Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan (Khusus Peserta PBPU / Peserta Mandiri / Perorangan):
http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/


1. Berapa denda jika terlambat membayar iuran bulanan?
Sesuai dengan Perpres No. 19 Tahun 2016, mulai 1 Juli 2016, dalam hal keterlambatan pembayaran iuran jaminan kesehatan lebih dari 1 bulan sejak tanggal 10 maka penjaminan peserta diberhentikan sementara.

Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2016 denda dikenakan apabila dalam waktu 45 (empat puluh lima) hari sejak status kepesertaan diaktifkan kembali, peserta yang bersangkutan memperoleh pelayanan kesehatan rawat inap, maka ybs dikenakan denda sebesar 2,5% dari biaya pelayanan kesehatan untuk setiap bulan tertunggak, dengan ketentuan :
1. Jumlah bulan tertunggak paling banyak 12 (dua belas) bulan.
2. Besar denda paling tinggi Rp.30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah).

SIMULASI PERHITUNGAN DENDA
Tanya: Peserta A (Hak Rawat kelas 1) terlambat membayar iuran 5 bulan sejak tanggal 10 jatuh tempo, bagaimana cara menggunakan mengaktifkan kembali kepesertaannya?
Jawab: Peserta A membayar iuran bulan tertunggak = Rp.80.000/bulan x (5 bulan + 1 bulan berjalan) = Rp. 480.000,-

Tanya: Bagaimana ketentuan denda bagi yang terlambat membayar?
Jawab: Denda hanya diberlakukan apabila peserta mendapatkan pelayanan rawat inap sebelum 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali, denda tidak diberlakukan apabila dalam kurun waktu 45 hari tidak menggunakan pelayanan rawat inap.

Tanya: Berapa besaran denda pelayanan akibat keterlambatan pembayaran iuran?
Jawab: Besaran denda sebesar 2,5% x biaya rawat inap x jumlah bulan tertunggak (maksimal 12 bulan).

Tanya: 10 Hari setelah status kepesertaan aktif, peserta A menjalani RITL dengan kode grouper INA CBG’s (I-1-02-I) Prosedur Katup Jantung dengan Kateterisasi Ringan; biaya sebesar Rp 55.871.700,-. Adakah biaya yang dikenakan kepada peserta A?
Jawab: Peserta A wajib membayar denda sebesar 2,5 % dengan perhitungan= 2,5 % x Rp. 55.871.700,- x 5 bulan = Rp.6.982.962

Tanya: 10 Hari setelah status kepesertaan aktif, peserta A menjalani RJTL sesuai prosedur, Adakah biaya yang dikenakan kepada peserta A?
Jawab: Seluruh pelayanan Rawat Jalan yang dilaksanakan sesuai prosedur dijamin oleh BPJS Kesehatan

Tanya: Apakah ketentuan pengenaan denda berlaku bagi seluruh peserta?
Jawab: - Bagi peserta pekerja penerima upah pembayaran iuran tertunggak dan denda ditanggung oleh pemberi kerja termasuk pemberi kerja penyelenggara Negara.
- Bagi peserta bukan penerima upah dan bukan pekerja maka peserta tersebut yang harus menanggung.
- Ketentuan pembayaran iuran tertunggak dan denda ini dikecualikan untuk peserta yang tidak mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.


2. Bisa bayar iuran dimana saja?

Pembayaran iuran bulanan bisa dilakukan melalui bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, bisa lewat teller bank, ATM, internet banking, atau autodebet Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Hingga kini, BPJS Kesehatan belum bekerjasama dengan bank selain ketiga bank tersebut. Mulai Oktober 2015, peserta BPJS Kesehatan bisa membayar iuran bulanan melalui minimarket (Indomaret dan Alfa Group) dan outlet tradisional yang memasang logo ini berikut:
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
Selain itu, kini bayar BPJS Kesehatan juga bisa melalui Kantor Pos dan Agen Pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

NOTE PENTING: Untuk melakukan pembayaran via ATM, mohon agan untuk memasukkan jumlah bulan yang dibayar dengan angka 1 ya. Angka 1 tersebut meliputi seluruh tagihan agan sebelumnya. Jika agan memasukkan angka 2/3/4/dst (sesuai jumlah bulan yang belum dibayarkan), maka sistem akan menjumlah seluruh tagihan agan dan menambahkan tagihan beberapa bulan ke depannya sesuai dengan angka yang agan masukkan.

3. Bagaimana jika tagihan iuran berbeda dengan perhitungan saya?
Pastikan agan menyimpan semua bukti pembayaran iuran bulanan yang telah agan lakukan. Jika terdapat kekeliruan dalam tagihan iuran, agan dapat membawa bukti pembayaran ke bank tempat agan melakukan pembayaran. Jika agan menemui kesulitan, agan dapat menghubungi call center kami di 1500400 atau Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. Jangan lupa sebutkan nomor Kartu BPJS Kesehatan agan atau nomor Virtual Account agan saat melakukan pengaduan.

Contoh kasus: Agan terdaftar di kelas 1, maka iuran bulanan yang ditagihkan adalah Rp 80.000. Namun ternyata pada saat akan membayar, ternyata tagihannya tertera (misalnya) 2x lipat, maka kelebihan iuran yang ditagihkan tersebut, dapat digunakan untuk membayar iuran bulan berikutnya gan.

4. Kenapa saya mendapati jumlah tagihan yang sangat besar saat berusaha membayar tagihan lewat internet banking?
Nah, kemungkinan agan salah mengisi kolom "Jumlah bulan yang dibayar" dengan nominal kelas kepesertaan agan, misalnya "59500" (kelas I). Padahal, seharusnya diisi dengan angka "1", yang artinya agan ingin membayar tagihan untuk 1 bulan.

Penting banget!
- Pembayaran iuran untuk peserta mandiri (perorangan) adalah per orang per bulan. Misalnya, suami, istri, dan 3 orang anak mendaftar sebagai peserta kelas I, maka iurannya adalah Rp 80.000,- x 5 orang = Rp 400.000,- per bulan.
- Pembayaran iuran bulanan berlaku untuk bulan dimana iuran tersebut dibayarkan. Ilustrasinya begini, jika agan mendaftar BPJS Kesehatan pada tanggal 31 Juli 2014, maka iuran tersebut hanya berlaku untuk bulan Juli, bukan berlaku sampai 31 Agustus. Nanti agan harus membayar iuran lagi untuk bulan Agustus pada tanggal 1-10 Agustus.


FAQ 3: Seputar Kartu Peserta
1. Apakah Kartu Askes/Jamkesmas/KJS harus diganti dengan Kartu BPJS Kesehatan?
Tidak. Pemegang Kartu Askes, Jamkesmas, dan KJS tidak perlu mengganti kartunya dengan Kartu BPJS Kesehatan.

2. Apa Kartu e-ID BPJS Kesehatan harus ditukar dengan Kartu BPJS Kesehatan yang biasa?
Tidak. Kartu e-ID BPJS Kesehatan adalah kartu yang bisa dicetak sendiri oleh peserta BPJS Kesehatan yang melakukan pendaftaran secara online.

Kartu e-ID sama sahnya, sama validnya, dengan Kartu BPJS Kesehatan yang biasa, bahkan e-ID bisa dicetak dengan tinta hitam putih. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun fasilitas kesehatan rujukan, agan cukup menunjukkan e-ID dan identitas diri lainnya seperti KTP.

3. Bagaimana kalau saya belum memiliki NPWP?
Jika tidak memiliki NPWP, maka tidak perlu dicantumkan gan.

4. Bagaimana jika saya belum memiliki KTP?
Agan tetap bisa mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Agan bisa menggunakan NIK yang tercantum di Kartu Keluarga agan.

5. Bagaimana cara mengubah nama/alamat/data lainnya yang salah saat mengisi formulir pendaftaran online?
Pengubahan data hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat di daerah agan. Oleh karena itu, kami sarankan supaya agan segera melapor dan mengurus perbaikan data agan di sana, sehingga agan dapat memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan hak agan. Mohon membawa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy buku tabungan (BNI, BRI, BTN, atau Bank Mandiri) dan pasfoto ukuran 3×4 dua lembar saat mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat.
Agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian e-ID, kami mengimbau agar agan selalu mengecek ulang data yang dimasukkan, apakah sudah diisi lengkap atau belum.

6. Kenapa PDF berisi e-ID saya kosong?
Terkait hal tersebut, kemungkinan besar terdapat data tentang fasilitas kesehatan yang belum diisi lengkap, seperti lokasi fasilitas kesehatan tingkat pertama, dokter keluarga, dan atau nama dokter gigi (jika agan memilih dokter keluarga sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama). Oleh karenanya, kami sarankan agan segera mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat untuk melengkapi data dan mencetak e-ID agan, sebab seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perubahan data peserta hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

7. Bagaimana jika saya kesulitan mendownload e-ID?

Berikut kami bagikan tips bermanfaat dari agan mandrivian :
Quote:Kalo agan2 sekalian daftar beberapa hari lalu trus link downlad/aktivasinya gak bisa diakses, silahkan ikuti langkah berikut :

- klik link aktivasi yang agan dapat via email
- blok url yg ada di browser yg tidak bisa diakses itu, misalnya:
http://bpjs-kesehatan.go.id:8080/bpj...d06d2007c&kk=1
- paste ke notepad, lalu ubah menjadi seperti berikut:
http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/b...d06d2007c&kk=1
- blok, copy dan paste link yg sudah diedit tersebut ke browser.


8. Kenapa link aktivasi saya di folder spam tidak bisa diklik?
Mohon agar email tersebut agan dipindahkan ke folder inbox terlebih dahulu, kemudian klik refresh, dan klik kembali link tersebut.

9. Kenapa nomor kartu saya di Daftar Isian Peserta tertulis "null"?
Hal itu berarti pendaftaran gagal dilakukan, oleh karena itu mohon agan berkenan mencoba mengulangi pendaftaran beberapa saat lagi.

10. Saya lupa nomor Virtual Account (VA) saya, lalu bagaimana?
Silakan lihat tips dari melkyaje
Quote:Tinggal lihat No. Kartu dan buang 0 (nol) dua di depan
Misal:
nomor kartu yang ada di daftar isian peserta adalah 0001336321686
Maka Nomor Virtual Account nya adalah:
- BNI : 88888 0 1336321686
- BRI : 88888 0 1336321686
- BTN : 88888 0 1336321686
- MANDIRI : 89888 0 1336321686

dan ketika melakukan pembayaran di atm
JANGAN menggunakan opsi 'TRANSFER'
tapi gunakan opsi "PEMBAYARAN"


Demi kemudahan dan kelancaran mengurus pendaftaran online dan mencetak e-ID, kami mengimbau agar setiap calon peserta BPJS Kesehatan selalu mengecek ulang data yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online, sebab kesalahan pengisian data dapat menyebabkan kekeliruan e-ID yang akan dicetak. Kartu e-ID bisa dicetak jika agan telah melakukan pembayaran pertama di bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, seperti Bank Mandiri, BTN, BRI, atau BNI.

11. Kartu saya hilang! Bagaimana mengurusnya?

Pengurusan kartu hilang bisa segera melapor ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa surat kehilangan dari polisi dan fotokopi kartu BPJS Kesehatan agan (jika ada). Nanti di sana agan akan dicetakkan kartu BPJS Kesehatan sebagai ganti kartu BPJS Kesehatan agan yang hilang.

12. Bagaimana jika email aktivasi saya hilang/tidak sengaja terhapus?
Berikut tips dari mr.smartworker:
Quote:cara 1

perhatikan pada addreas bar (kotak merah), coba klik tanda panah kebawah di sudut addreas bar, akan terlihat alamat web yg agan pernah kunjungi. agan liat aja yg ada tulisan bpjs ato aktivasi.
ato ketikkan kata bpjs di addreas bar, akan muncul semua halaman web yg berhubungan dgn bpjs, agan tinggal klik link aktivasi yg ditemukan(kotak biru). jika alamatnya benar link tersebut akan mengarah ke halaman aktivasi, silahkan donlot VA, formulir, E-ID.
saran ane copy alamat tersebut ko notepad biar gak ilang lagi
jelasnya liat gambar gan:

Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1

cara diatas hanya bisa dilakukan jika history blm terhapus/ di clear.

=========================================================================== ==================
cara 2

menggunakan downloat manager, ane asumsikan pake IDM dan udah pernah donlot formulir, ato VA.
Klik icon IDM ato buka program IDM
akan muncul list file agan donlot
perhatikan file2 bpjs yg udah agan donlot, ditandai dgn nama file berikut

BPJS-REG 1234567890
BPJS-VA00034349349394
BPJS-CARD0006768768797

klik kanan salah satu file diatas, pilih properties, perhatikan tulisan yg berwarna biru, klik tulisan tersebut, entar akan muncul halaman web link aktivasi, donlot dah yg agan perlukan.

Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1

semoga membantu emoticon-I Love Indonesia (S)



13. Bedanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) sama BPJS Kesehatan apa?
Cek thread berikut: http://www.kaskus.co.id/thread/5459c...ndonesia-sehat
Diubah oleh bpjskesehatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 175 dari 185
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
02-07-2018 13:51
Quote:Original Posted By daniel agger


Setau sy ya, jika pindah KK, NIK akan tetap sama, tidak akan berubah. Kalo No. KK iya, pasti berubah. Jadi karena BPJS itu berdasarkan NIK, seharusnya ngga ngaruh.

Tapi kalo kenyataannya BPJS agan ngga bisa dipakai, itu harus konfirmasi langsung ke kantor BPJS gan. Karena bakal banyak kemungkinan kenapa ngga aktif lagi BPJSnya. Nanti bakal dicek dari No. Kartu BPJS agan.


NIK sy berubah gan , karna kesalahan petugas pemerintah jadi ada 2 NIK . Dan di ganti Baru bersama KK ayah .

Oh iya mau tanya lg suhu
Kan di MAXXBOX KARAWACI ada tuh gerai/counter/outlet kecil BPJS , nah disitu pelayanan ny apa saja ya ??
Ngurus kasus sy kesitu bisa gak ya ?
Soal ny kalau ngurus langsun ke kantor ny gapernah kebagian antrian .
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
03-07-2018 13:24
misi agan-sista

mau tanya dong untuk rumah sakit cipto mangunkusumo jakarta pusat untuk dokter kulit/wajah/estetika untuk perawatan jerawat, bpjs cover gak ya? kalo cover, ngecover apa aja ya gan?
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
04-07-2018 14:28
Quote:Original Posted By gold.silver


NIK sy berubah gan , karna kesalahan petugas pemerintah jadi ada 2 NIK . Dan di ganti Baru bersama KK ayah .

Oh iya mau tanya lg suhu
Kan di MAXXBOX KARAWACI ada tuh gerai/counter/outlet kecil BPJS , nah disitu pelayanan ny apa saja ya ??
Ngurus kasus sy kesitu bisa gak ya ?
Soal ny kalau ngurus langsun ke kantor ny gapernah kebagian antrian .

Hoo gitu. Saran sy ke kantor aja langsung, gan. Karena agak complicated kan NIK ganda gitu.

Yang disana setau sy hanya untuk pendaftaran baru peserta Mandiri, tapi cobain aja sih gan. Kurang paham karna kebetulan bukan daerah sy hehe.

Quote:Original Posted By Radooor23
misi agan-sista

mau tanya dong untuk rumah sakit cipto mangunkusumo jakarta pusat untuk dokter kulit/wajah/estetika untuk perawatan jerawat, bpjs cover gak ya? kalo cover, ngecover apa aja ya gan?

Selama itu sifatnya medis, atau ada rujukan dari dokter umum untuk ke dokter spesialis kulit yang praktek di RS tsb, akan dicover BPJS.
Tapi, kalo yang sifatnya non medis, lebih ke kosmetik & keinginan sendiri, ngga dicover BPJS.


profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
05-07-2018 13:44
Quote:Original Posted By juvenilgirl


BPJS memberikan pelayanan yg sama gan, gak pandang kelas berapa. Coba agan tanya pihak rumah sakit, jangan diem aja. Semua pasien mendapat hak yg sama


bukan rumah sakit gan, tapi praktek pribadi.
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
06-07-2018 21:16
Kenapa Yg Lagi Kuliah Harus Menyertakan Surat aktif kuliah?
Kok gk pake KTM AJA?
ribet tau ngurus ke kampus, birokrasi bertele tele emoticon-Smilie
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
07-07-2018 18:48
ane dapet kis, tapi nama, alamat, nik, & tanggal lahir semuanya diacak ga ada yg bener, apa masih bisa dibetulin? jangan2 malah dikira kis nemu di jalan. 3 kartu di 1 kk datanya keacak semua, apa supaya ga bisa di klaim? kis ne2k ane juga begitu. contoh: nama ade ane fikri jadi fitri, tahun lahir 1998 jadi 1999, rt003/03 jadi 001/03, tgl & bulan lahir juga dinaikin 1 angka, nik juga salah bbrapa angka.
Diubah oleh legendabergerak
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
07-07-2018 18:57
Quote:Original Posted By daniel agger
Keluar kepesertaannya pindah menjadi kepesertaan yang mana, gan? Kalo keluarnya pindah menjadi peserta Mandiri, maka iya, anggota keluarga yang lainnya itu harus ikut Mandiri juga (karena masih 1 KK). Tapi kalo pindahnya itu menjadi peserta Badan Usaha, maka yang lainnya tidak harus keluar dari kepesertaan sebelumnya (PBI).

Setau sy ya, jika pindah KK, NIK akan tetap sama, tidak akan berubah. Kalo No. KK iya, pasti berubah. Jadi karena BPJS itu berdasarkan NIK, seharusnya ngga ngaruh.

Tapi kalo kenyataannya BPJS agan ngga bisa dipakai, itu harus konfirmasi langsung ke kantor BPJS gan. Karena bakal banyak kemungkinan kenapa ngga aktif lagi BPJSnya. Nanti bakal dicek dari No. Kartu BPJS agan.


gan, kalo mau ngurus 1 bpjs apa musti sekaligus 1 kk? kalo pindah kk apa perlu diurus ulang bpjsnya? klinik rujukannya ga pindah masih yg lama cuma pindah kk&alamat. apa rujukannya harus pindah ke alamat baru?
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
09-07-2018 09:12
Quote:Original Posted By nindieka
Kenapa Yg Lagi Kuliah Harus Menyertakan Surat aktif kuliah?
Kok gk pake KTM AJA?
ribet tau ngurus ke kampus, birokrasi bertele tele emoticon-Smilie

Surat aktif kuliah itu berarti menandakan ybs itu masih aktif kuliah, makanya harus update 6 bulan/setaun sekali. Sedangkan yang bisa ngecek aktif atau ngga nya itu berdasarkan KTM cuma pihak kampus, pihak BPJS mana bisa ngecek keaktifannya dari KTM.

Makanya surat aktif kuliah lah yang menjadi patokan ybs tetap ditanggung BPJS kantor orang tuanya.


Quote:Original Posted By legendabergerak
ane dapet kis, tapi nama, alamat, nik, & tanggal lahir semuanya diacak ga ada yg bener, apa masih bisa dibetulin? jangan2 malah dikira kis nemu di jalan. 3 kartu di 1 kk datanya keacak semua, apa supaya ga bisa di klaim? kis ne2k ane juga begitu. contoh: nama ade ane fikri jadi fitri, tahun lahir 1998 jadi 1999, rt003/03 jadi 001/03, tgl & bulan lahir juga dinaikin 1 angka, nik juga salah bbrapa angka.

Bisa dan harus dibetulin, gan. Karna kemungkinan BPJSnya ganda, makanya jadi acak gitu.

Quote:Original Posted By legendabergerak


gan, kalo mau ngurus 1 bpjs apa musti sekaligus 1 kk? kalo pindah kk apa perlu diurus ulang bpjsnya? klinik rujukannya ga pindah masih yg lama cuma pindah kk&alamat. apa rujukannya harus pindah ke alamat baru?


Iya, musti gan. Apalagi BPJS Mandiri, harus 1 KK sekarang. Kalo pindah KK lebih juga diurus ulang. Karena sekarang No. KK baru harus udah diupdate dari Capil, baru bisa diproses oleh BPJS Kes.

Untuk rujukan, ngga harus gan.
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
19-07-2018 02:13
Gan, ane mau nanya nih.. bisa ga ane nebus resep kacamata tp ga melalui faskes 1 dulu? jadi ane ga ambil rujukan lagi ni gan, langsung ke dokter spesialisnya (tanpa bpjs) tapi resep kacamata dari dokter spesialisnya ane bawa ke BPJS buat dilegalisir dan klaim kacamatanya...
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
19-07-2018 10:17
Quote:Original Posted By yamanakaino
Gan, ane mau nanya nih.. bisa ga ane nebus resep kacamata tp ga melalui faskes 1 dulu? jadi ane ga ambil rujukan lagi ni gan, langsung ke dokter spesialisnya (tanpa bpjs) tapi resep kacamata dari dokter spesialisnya ane bawa ke BPJS buat dilegalisir dan klaim kacamatanya...


Setau ane gak bisa gan, harus melalui faskes tingkat 1 dulu, lalu akan dirujuk ke dokter spesialis mata di faskes yg kerjasama dengan BPJS, nebus kacamata nya pun harus di optik yang kerjasama dengan BPJS. Kalo di kota ane untuk sekarang legalisir klaim kacamata langsung ke optik masing-masing, tidak perlu ke kantor.

Btw ane mau nanya nih
Sekarang kan sedang ramai perubahan sistem rujukan. Jadi biasanya ayah saya dari FKTP dapat rujukan untuk ke dokter spesialis yang ada di RS Tipe B, tapi sejak 1-2 bulan terakhir selalu dirujuk ke RS Tipe C dan D. Apakah memang ada peraturan terbaru mengenai hal ini?
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
23-07-2018 10:31
Selamat siang BPJS, saya sudah membaca pageone, dan sangat informatif sekali, tapi ada sedikit yang masih kurang jelas terkait masalah rujukan, Begini saya punya saudara umur 12 thn di Kab. Kerinci, Prov. Jambi dengan diagnosa yang cukup serius (masalah privasi saya gk bisa bilang) sebut saja penyakit A, awalnya dari pukesmas dirujuk ke RSUD. Kab. Kerinci, tapi karena kendala peralatan yang tidak memadai untuk pemeriksaan Lab penyakit A ini, maka dirujuk lah ke rumah sakit di Kota Jambi, dan sempat dirawat dua minggu di rumah sakit di Kota Jambi, dan akhirnya pulang lagi ke Kabupaten Kerinci. Tapi setelah dua bulan mengalami pemeriksaan dan perawatan di rumah sakit di Kota Jambi, dokter sampai saat ini belum memastikan apakah benar dia positif penyakit A atau tidak, hanya gejalanya saja yang mirip penyakit A, karena dari rumah sakit di Kota Jambi harus mengirimkan sampel ke Jakarta untuk tes Lab terlebih dahulu karena katanya belum ada alat lab terkait penyakit A di rumah sakit di Kota Jambi untuk memeriksa penyakit A tersebut. Saat ini saudara saya masih dirawat di RSUD Kab. Kerinci, dan pertanyaan saya adalah apakah memungkinkan kalau saudara saya tersebut dirujuk dari RSUD di Kab. Kerinci langsung ke Rumah Sakit di Jakarta? tanpa harus ke rumah sakit di Kota Jambi dahulu? Atas waktu dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
23-07-2018 16:41
Balasan post ffridant
Quote:Original Posted By ffridant
nanya ya gan sis.

saya kan pekerja kontrak ya, selama waktu itu, bpjsnya ditanggung perusahaan.
nah jika putus kontrak apa yang harus saya lakukan?
buat bpjs baru? atau gimana?

nah kalo saya lanjut kerja lagi, bpjs barunya gimana? bpjs yang lama gimana?


ga perlu buat bpjs baru gan
kalo agan mau lanjut ke bpjs mandiri tinggal daftar ulang aja ke kantor BPJS untuk kepesertaan mandiri, dengan kartu dan nomor yang sama
nah kalo kerja lagi nanti tinggal dipindahkan lagi ke perusahaan yg baru sebagai penanggung
dengan catatan ga ada tunggakan iuran ya emoticon-Peace

semoga membantu emoticon-Angkat Beer
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
24-07-2018 10:54

Bpjs

Gan, mau nanya.. saya kan mau operasi cabut gigi di jember, bpjs saya jember.. kebetulan dokterx sakit 2 hari sedangkan saya hari ke 3 pergi ke balikpapan.. apakah saya bisa operasi di balikpapan? Syaratx apa aja ya gan? Apa saya harus ke bpjs jember minta rujukan ke rs balikpapan? Apa gmn gan? Minta solusix gan coz sakit betul gigi bungsu ni..
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
27-07-2018 21:16
bayar BPJS pake tokped di bilang tagihan sudah lunas, cek di web nya bukan anggota perorangan. ada yg punya pengalaman sama?
itu kenapa ya?
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
01-08-2018 18:28
Gan Mau tanya jika Adik saya kan sudah meninggal kemudian dia kena denda pelayanan ,itu jika kita tidak bayar dendanya ,sanksinya apa ya?kemudian saya kan sudah beda KK tapi masih 1 alamat yang sama adik saya yang ada denda itu ? apa nanti ada imbasnya ke saya tidak ya?
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
03-08-2018 10:16
Balasan post sukatravel81id
Quote:Original Posted By serafim0
bayar BPJS pake tokped di bilang tagihan sudah lunas, cek di web nya bukan anggota perorangan. ada yg punya pengalaman sama?
itu kenapa ya?

Bukan anggota perorangan artinya bukan peserta mandiri, gan. Cek aja langsung ke kantor BPJS untuk mastiin status kepesertaan agan, mungkin sudah di alihkan ke peserta Badan Usaha.

Tapi seharusnya, kalau peserta udah dialihkan ke yang bukan mandiri, agan ngga bisa bayar lagi/ngga ada iuran keluar.


Quote:Original Posted By sukatravel81id
Gan Mau tanya jika Adik saya kan sudah meninggal kemudian dia kena denda pelayanan ,itu jika kita tidak bayar dendanya ,sanksinya apa ya?kemudian saya kan sudah beda KK tapi masih 1 alamat yang sama adik saya yang ada denda itu ? apa nanti ada imbasnya ke saya tidak ya?

Saran sy gan, tetep bayar saja itu denda pelayanan. Update KK/anggota keluarga itu imbasnya ke iuran, gan. Karena sistim iuran sekarang per KK. Jadi, kalau agan udah pisah KK mending lapor ke BPJS, agar iuran jadi ikut terpisah berdasarkan updatean KK terbaru.


profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
07-08-2018 18:19
Mau info aj siapa tau ad yg belum ngeh..

Ane KTP Jawa Tengah (Purbalingga), bikin bpjs (kis) di purbalingga,.karna ane domisili di bekasi barat, maka pd saat pembuatan bpjs (kis) tsb ane milih faskesny di daerah bekasi itu boleh. Jd mski KTP beda jawa tengah (purblingga), tp bs pilih faskes.

profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
09-08-2018 10:55
Quote:Original Posted By blessthefall
ga perlu buat bpjs baru gan
kalo agan mau lanjut ke bpjs mandiri tinggal daftar ulang aja ke kantor BPJS untuk kepesertaan mandiri, dengan kartu dan nomor yang sama
nah kalo kerja lagi nanti tinggal dipindahkan lagi ke perusahaan yg baru sebagai penanggung
dengan catatan ga ada tunggakan iuran ya emoticon-Peace

semoga membantu emoticon-Angkat Beer


wah. udah gak tau kapan nunggaknya. jadi gimana ya
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
13-08-2018 22:07
ask urgent
istri saya kan kena keracunan kehamilan terpaksa nih anak saya di lahiran sebelum waktunya (preamatur)nah cara ngurus bpjsnya kayak gimana yah soalnya binggung nih soalnya pihak rs ngasih waktu 3x24jam buat ngurus bpjs bayi nah istri saya lahiran hari sabtu otomatis karena kantor bpjs hari sabtu-minggu tutup sedangkan pas tadi siang saya ngurus bpjsnya ada beberapa masalah jadi bpjsanya belum jadi sedangkan hari ini hari terakhir buat ngurus bpjsnya solusinya kayak giman yah min

tambaham istri saya udah punya bpjs(kis) sedangkan entah kenapa punya saya belum keluar terus istri saya lahiran di luar domisili daerah asal karena rumah sakit didaerah asal tidak sanggup sehingga di rujuk kedaerah luar domisili
Diubah oleh rrn2567
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cari Tau Seputar BPJS Kesehatan - Part 1
14-08-2018 09:04
Balasan post rrn2567
Quote:Original Posted By rrn2567
ask urgent
istri saya kan kena keracunan kehamilan terpaksa nih anak saya di lahiran sebelum waktunya (preamatur)nah cara ngurus bpjsnya kayak gimana yah soalnya binggung nih soalnya pihak rs ngasih waktu 3x24jam buat ngurus bpjs bayi nah istri saya lahiran hari sabtu otomatis karena kantor bpjs hari sabtu-minggu tutup sedangkan pas tadi siang saya ngurus bpjsnya ada beberapa masalah jadi bpjsanya belum jadi sedangkan hari ini hari terakhir buat ngurus bpjsnya solusinya kayak giman yah min

tambaham istri saya udah punya bpjs(kis) sedangkan entah kenapa punya saya belum keluar terus istri saya lahiran di luar domisili daerah asal karena rumah sakit didaerah asal tidak sanggup sehingga di rujuk kedaerah luar domisili


Dia dihitung mulai dari hari pertama masuk RS (IGD) nya, gan. Tapi kalo emang masuknya di hari Sabtu juga, dia dihitung mulai 3x24 jam nya itu mulai hari Senin. Sabtu-Minggu & Libur nasional itu ngga dihitung.

Istri agan kan sudah terdaftar KIS, kenapa ngurus lagi gan? Pake itu aja dulu gan, diluar domisili ngga apa apa kan sifatnya emergency.

Karena kalo agan mau ngurus BPJS peserta mandiri, itu tunggu 14 hari lagi baru bisa aktif digunakan. Makanya, pakai yang KIS aja dulu. Semoga lancar gan ya, istri & anak agan sehat juga. Aamiin.

Edit : Untuk masukin bayinya gan, agan tinggal datang ke kantor BPJS. Bawa surat keterangan lahir dari RSnya (*kalau belum masukin anak ke KK).



Diubah oleh daniel agger
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Halaman 175 dari 185
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Supranatural
batu-akik
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia