• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • International Space Station (ISS), benda Termahal yang di Ciptakan Manusia

bear89800
TS
bear89800
International Space Station (ISS), benda Termahal yang di Ciptakan Manusia

ISS adalah salah satu mahakarya manusia di zaman modern.

Setelah ratusan kali penerbangan untuk membangun mesin raksasa ini, akhirnya proyek pembuatan lab luar angkasa ini selesai.

Tidak hanya selesai, astronot juga tinggal di dalamnya dan melakukan banyak eksperimen yang tidak bisa di lakukan di bumi.

Pembuatan ISS bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan ratusan kali penerbangan dan memakan biaya yang tidak sedikit.



Untuk membangun ISS sampai utuh di butuhkan setidaknya 136 kali penerbangan dan spacewalk hampir 1000 jam di luar angkasa untuk menyatukan semua bagian ISS.

Awalnya sistem operasi di ISS masih menggunakan windows XP, akibatnya OS tersebut sering terkena serangan virus. Misalnya pada 2008, seorang kosmonot Rusia membawa USB yang terinfeksi akibatnya virus menyebar di seluruh jaringan ISS dan komputer kontrol di bumi.

NASA juga membenarkan bahwa sekali-kali memang ada serangan virus, tapi tidak sering.



ISS menjadi lab terbesar di luar angkasa, biaya pembangunannya memakan biaya sekitar 150 Miliar dollar. Lingkungan Gravitasi mikro memungkinkan astronot untuk melakukan banyak uji coba yang tidak bisa dilakukan di bumi. Di tempat inilah mereka meneliti dampak gravitasi mikro untuk tubuh manusia.

Hidup di ISS bukan hal yang mudah, tidak tersedianya sumber air membuat urin, keringat dan lainnya di daur ulang menjadi air minum. Anehnya, banyak Kosmonot Rusia yang menolak untuk minum air daur ulang ini padahal astronot Amerika mengatakan rasanya sama saja dengan air minum kemasan.



Semua makanan yang ada di ISS biasanya berbentuk kemasan, artinya disana tidak tersedia nasi Padang atau Pecel lele.

Di tahun 2008, Yi So-Seon menjadi astronot pertama dari Korea Selatan. Maka dari itu dia berniat untuk membawa oleh-oleh makanan khas dari negaranya. Maka dari itu, Korea Selatan menghabiskan waktu 6 bulan dan biaya lebih dari 1 juta dollar untuk membuat kubis permentasi yang bisa di nikmati di luar angkasa.



Pada dasarnya ISS adalah rangkaian mesin canggih. hampir semua sistem di ISS sudah di kendalikan menggunakan 52 komputer terpisah yang bisa di kendalikan dari dalam ISS maupun dari bumi.

Fasilitas di ISS cukup lengkap, 6 kamar tidur, 2 kamar mandi dan ruang Gym. Astronot harus banyak olahraga untuk mempertahankan kepadatan otot mereka.


ISS sudah mendekati masa pensiunnya.  ISS di rencanakan untuk pensiun tahun 2016 namun di perpanjang oleh Presiden Obama sampai 2020.

Setelah pensiun, kemungkinan besar mesin ISS akan di daur ulang untuk stasiun luar angkasa yang baru.











Cucigosokdarmawati040ebureg
ebureg dan 2 lainnya memberi reputasi
3
18K
112
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.