rasyidari11Avatar border
TS
rasyidari11
Mobil Listrik ITS Siap Ikuti Rally Dakar #IniIndonesiaku


Foto: Red Bull

Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam. Agan-Sinta ketemu lagi di Thread ane yang sederhana ini.

Agan dan sista pasti tau Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Setelah menciptakan Motor Listrik Gesits Kali ini ITS meluncur kan Mobil Listrik terbaru nya, bahkan sebanyak 3 mobil yang telah di lauching salah satu nya Mobil BLITS ini. Tapi apakah agan dan sista tau mobil listrik itu? Disini ane akan membahas sedikit tentang mobil listrik.

Mobil listrik adalah  mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologimesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik. Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca.

Setelah kita membahas sedikit tentang Mobil Listrik sekarang ane akan membahas Mobil Listrik Karya ITS ini.

Foto: Instagram/Yamitala.

Mobil karya ITS ini merupakan hasil kerja sama dari Universitas Budi Luhur (UBL). Nama BLITS itu sendiri di ambil dari inisial masing-masing Perguruan Tinggu Tersebut.

"Kami dalam membuat mobil bekerjasama dengan Univ Budi Luhur kemudian akan tour keliling indonesia dengan support dari banyak perusahaan yang mana salah satunya dari PLN," ungkap Engineers ITS yang terlibat dalam pembuatan mobil offroad listrik Ayuning Fitri Desanti saat dikonfirmasi detikOto, Minggu (29/7/2018). 

Hebatnya lagi, menurut Direktur PUI-SKO ITS Muhammad Nur Yuniarto dikutip dari liputan6.com, Kamis (2/8) BLITS ini digadang-gadang siap ambil bagian dalam kompetisi dunia, Rally Dakar 2019. Baterai yang digunakan yaitu sebesar 100 kWh, sehingga ditargetkan BLITS mampu menempuh jarak 500 kilometer dalam sekali charge.

Yang ane lansir dari Instagram/Yamitala PUI-SKO sendiri merupakan lembaga IPTEK dari ITS yang berfokus pada pengembangan kendaraan Listrik Indonesia. Kendaraan Listrik ini diciptakan untuk kendaraan yang ramah lingkungan.

Tiga mobil yang diluncurkan oleh ITS ini memiliki nama masing-masing yakni BLITS, Hybrid Series Kasuari, dan WVO Ford Ranger.

Berikut adalah Spesifikasi yang ane kutip dari Instagram Yamitala :

1. BLITS :
100% Electric, Offroad Series, 200 km Range, Made in Indonesia, BLDC Axial 2 x 50 kw, CVT Gearbox, 18650 Li Ion Battery 90 kWh, 350 V, Independent Front & Rear Suspensions.
2. Hybrid Series Kasuari :
100 kW, 50 kVA Diesel Generator, 50 kWh Battery Pack
3. WVO Ford Ranger :
B100 = 100% Biodiesel, B20 = 20% BD + 80% PD.

Dikutip Oleh Yamitala dalam Instagram nya. Pembuatan Ke 3 Mobil tersebut merupakan hasil dari kerjasama dengan PUI-SKO dengan PT. PLN (Persero) sebagai Partner utama. Selain itu ada juga partner yang lain yaitu LPDP, Kementrian Ristek Dikti Indonesia, Universitas Budi Luhur (UBL), PT. Pertamina (Persero), PT Goodyear Indonesia, Tbk, PT. Dharma Lautan Utama, Dan Yamitala Outdoor Gear

Berikut beberapa Foto dari Mobil BLITS :

Brilio.net

Brilio.net

Brilio.net


Gimana agan dan sista Bangga kan kita sebagai warga negara Indonesia. Jujur ane sendiri bangga dengan adanya mobil listrik karya ITS tersebut semoga kedepannya ada mobil-mobil listrik yang lainnya dan semoga pada kejuaran Rally Dakkar nanti ITS dan Tim dapat mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional.

Mari dukung terus karya anak bangsa agar terus maju dan berkarya.

Sekian dari Thread ane yang sederhana ini. Cawwww!!


Quote:
0
2.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.