akubukankipliAvatar border
TS
akubukankipli
Beberapa Jersey 'Unik' Tim Nasional Indonesia Versi KJTI
Ada banyak pembahasan menarik ketika kita berbicara soal sepak bola. Mulai dari pemain, klub, hingga jersey yang digunakan sebuah tim. Setiap tahunnya, atau minimal dua tahun sekali, sebuah klub atau tim nasional sepak bola akan mendapatkan seragam dengan desain yang baru.


Credit: Istimewa

Begitu pula dengan Indonesia. Tim Garuda belum lama ini mendapatkan jersey baru yang akan digunakan hingga 2020 mendatang. Dimana jersey ini merupakan sebuah penantian yang cukup panjang, setelah pada 2016 lalu, apparel sponsor Timnas Indonesia tak mengeluarkan desain baru. Semua karena imbas dibekukannya PSSI oleh pemerintah yang berujung sanksi dari FIFA.

Terlepas dari itu semua, Timnas Indonesia sendiri memiliki beberapa jersey yang terbilang unik. Beberapa di antaranya adalah koleksi Budi Frastio, salah satu founder sekaligus Ketua Komunitas Jersey Tim Nasional Indonesia.

JERSEY KETIGA KIPER 2014-2018


Credit: KASKUS

Jersey ini awalnya tidak akan digunakan oleh Timnas Indonesia di pertandingan Internasional. Akan tetapi, jersey berwarna biru ini akhirnya dipakai karena imbas dari tidak diberikannya desain baru oleh apparel yang menjadi sponsor pada tahun 2016 lalu. Karena jersey kiper yang berwarna hitam dan abu-abu sudah tak tersedia lagi, terpaksa jersey ini digunakan untuk pertandingan.

JERSEY KANDANG 2010-2012


Credit: KASKUS

Sekilas tak ada yang aneh dengan jersey ini. Namun jika dilihat lebih teliti akan ada satu perbedaan dengan jersey yang beredar di pasaran, bahkan yang digunakan pemain pada saat itu. Pada tahun 2010, Nike memiliki ciri khas memasang nomor dada di bagian tengah. Akan tetapi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia ketika itu tidak setuju, karena hal itu akan mengubah lambang negara Indonesia.

JERSEY KANDANG 2000


Credit: KASKUS

Jersey ini menjadi unik karena pendapat dari para pemain Timnas Indonesia pada era tersebut. Ada beberapa pemain yang mengaku tidak nyaman mengenakan jersey ini, karena dirasa terlalu berat. Karena pada saat itu, belum ada teknologi di jersey yang bisa mengeluarkan keringat pemain. Bahkan untuk model yang lengan panjang tidak pernah digunakan sama sekali pada pertandingan.

JERSEY AWAY 2008-2010


Credit: KASKUS

Setelah melihat gambar di atas, pasti akan ada banyak pertanyaan. Sama seperti saya ketika melihatnya. Ternyata jersey tersebut disiapkan untuk pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia vs Manchester United di tahun 2009. Akan tetapi laga tersebut batal karena teror bom. Terdapatnya salah satu logo yang ditempel di jersey tersebut hanya murni faktor sponsor.

JERSEY AWAY 2018-2020


Credit: KASKUS

Adakah dari Anda yang sudah membeli jersey away Timnas Indonesia terbaru? Tenang, apa yang Anda beli tidak salah, memang warna putih polos, bukan seperti yang ada pada gambar di atas. Ini merupakan salah satu prototipe dari pihak apparel. Mungkin alasan warna hijau yang berbeda dengan hijau yang biasa digunakan Timnas Indonesia pada jersey-jersey sebelumnya.

JERSEY AWAY 2016-2018


Credit: KASKUS

Tidak pernah melihat jersey ini di pasaran? Tidak perlu heran. Karena jersey ini memang batal untuk dirilis karena imbas dihukumnya PSSI oleh FIFA. Nike sebagai apparel Timnas Indonesia sebetulnya sudah mengeluarkan jersey ini sebagai seragam tandang. Untuk jersey kandangnya seperti apa, hingga saat ini tidak ada yang tahu.

*****

Click for another thread
0
15.5K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.