nanitrianiAvatar border
TS
nanitriani
12 Fobia Unik yang Diderita Beberapa Manusia
 

           Pernahkahkamu merasa takut? Ya, pasti semua orang pernah mengalaminya. Biasanya kita hanya takut terhadap hantu, kecoa, dan hal lain yang memang umum untuk ditakuti. Namun, ada beberapa manusia yang ternyata takut pada hal-hal yang menurut kita biasa saja. Seperti, takut terhadap warna kuning atau juga pohon. Ketakutan tersebut sudah tidak normal alias sudah menjadi tahap fobia. Oleh karena itu, langsung saja, berikut adalah 12 fobia unik yang diderita oleh beberapa manusia.


1. Xanthophobia

          Xanthophobia adalah fobia terhadap warna kuning. Penderita fobia ini merasa ketakutan terhadap apapun yang berwarna kuning, seperti matahari, bunga daffodil, atau lukisan yang berwarna kuning. Yang paling parah dari fobia ini adalah ketika si penderita merasa takut terhadap kata ‘kuning’ itu sendiri. Sangat aneh bukan?

2. Turophobia

         Turophobia adalah jenis fobia dimana penderitanya merasa takut terhadap keju. Dari jenis keju cheddar sampai mozzarella, mereka akan lari jika melihat irisan dari salah satu jenis keju tersebut. Namun, beberapa penderita ada yang hanya takut terhadap satu jenis keju saja dan ada pula yang takut akan semua jenis keju.

3. Somniphobia

         Jenis fobia yang satu ini memang sangat tidak masuk akal. Namun, percayalah, di luar sana ada yang merasa takut ketika mereka hendak tidur. Fobia jenis ini dinamakan Somniphobia. Meninggal saat tidur adalah salah satu alasan mereka (penderita) takut jika mereka tertidur. Selain itu, alasan lain yang membuat mereka takut adalah kehilangan waktu saat tidur. Fobia ini juga bisa disebabkan karena si penderita mengalami mimpi buruk yang terus berulang saat tertidur.

4. Coulrophobia

          Mungkin kita sering mendengar fobia yang satu ini, takut terhadap badut. Di sekitar kita pasti ada yang merasa takut dan ngeri ketika melihat badut. Biasanya mereka memiliki anggapan bahwa badut itu memiliki wajah yang menyeramkan. Padahal, pada dasarnya badut itu bertugas untuk menghibur orang-orang, khususnya anak-anak. Menurut beberapa survey, Coulrophobia kebanyakan diderita oleh anak kecil. Terdapat istilah 'scary clown'atau badut yang menyeramkan di beberapa budaya masyarakat, seperti Joker pada komik Batman dan beberapa film adaptasi lainnya. Ternyata coulrophobia juga diderita oleh selebriti terkenal yaitu Daniel Radcliffe si pemeran “Harry Potter” dan Johnny Depp si pemeran “Pirates of The Caribbean”.
 
5. Hylophobia
 

           Hylophobia adalah jenis ketakutan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pohon, mencakup kayu, hutan, dan pohon itu sendiri. Biasanya fobia ini dikarenakan si penderita terpengaruhi oleh film dan dongeng, dimana terdapat pohon-pohon yang berwujud menyeramkan. Hal yang terparah yang dialami penderita adalah ketika mereka merasa takut hanya karena membayangkan tentang kayu.

6. Omphalophobia
 

         Nah, fobia ini juga sungguh tidak masuk akal. Bagaimana tidak, mereka yang mengidap fobia ini merasa takut terhadap pusar. Penderita omphalophobia merasa takut jika ada orang lain menyentuh pusar mereka atau ketika menyentuh pusar orang lain. Seperti fobia yang lainnya, penderita fobia ini bisa takut hanya karena melihat dan memikirkan tentang pusar.
7. Nomophobia

         Fobia yang satu ini sangat cocok dengan kehidupan sekarang, dimana si penderita merasa takut jika hidup tanpa gadget. Fobia ini akan merasa gelisah yang berlebih jika tidak adanya jaringan di hand phone, kehabisan baterai, atau tidak memegang hand phone.

8. Ombrophobia

        Ombrophobia adalah fobia terhadap hujan. Penderita dari fobia ini akan merasakan kegelisahan saat turun hujan. Ketakutan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti larangan kepada anak kecil untuk tidak keluar rumah saat hujan dikarenakan bisa membuat mereka sakit. Hal ini bisa mempengaruhi sugesti beberapa anak akan bahayanya hujan dan juga akan tertanam di dalam pikiran sampai menjadi fobia. Selain itu, hujan juga kerap dikaitkan dengan depresi.

9. Uranophobia

         Fobia yang satu ini adalah jenis ketakutan yang berlebihan terhadap langit dan kehidupan setelah meninggal. Uranophobia adalah sebutan bagi orang-orang (pemeluk suatu agama) yang terlalu mencemaskan ketika dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya selama hidup di dunia. Sebenarnya kita juga sering merasakan hal ini, mencemaskan apa yang akan terjadi setelah meninggal. Namun, kita harus menyikapinya dengan wajar, sehingga kita bisa hidup dengan tenang tanpa mengalami fobia yang berlebihan.

10. Pogonophobia

        Istilah pogonophobia telah digunakan sejak tahun 1850 untuk menjabarkan ketakutan hebat terhadap janggut. Ada yang takut juga sama janggut?
 
11. Trypophobia

        Penderita dari trypophobia akan merasa takut terhadap objek yang memiliki lubang-lubang kecil, seperti lubang pada sarang lebah, spons, atau tumbuhan yang berlubang kecil. Fobia ini belum dipertimbangkan sebagai kategori fobia secara resmi, meskipun ribuan orang diketahui mengalami fobia ini. Penderita dari fobia ini akan merasa jijik sampai menggaruk-garuk kulit untuk mengusir rasa panik mereka.

12. Triskaidekaphobia


         Triskaidekaphobia adalah fobia terhadap angka 13. Hal ini seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang akan memunculkan kesialan. Sebagai contoh, banyak hotel bertingkat dan gedung pencakar langit yang tidak memiliki angka 13 karena mereka takut akan kesialan yang bisa saja menimpa. Asal-usul angka 13 dianggap sebagai simbol kesialan ini berawal pada zaman Yesus. Ketika dia melakukan perjamuan, tamu yang ke-13 atau yang terakhir dalam perjamuan tersebut ternyata mengkhianati Yesus dan membawa mala petaka yang besar. Tamu tersebut bernama Yudas Iskariot.


Sumber:
The most unusual phobias
Triskaidekaphobia

Gambar:
Google Images
Diubah oleh nanitriani 01-08-2018 05:06
0
11.4K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.