lapar.bangAvatar border
TS
lapar.bang
Trail Running, Sebuah Gabungan Olahraga Mendaki Dan Berlari



HT #35
emoticon-Selamat




emoticon-I Love Indonesia WELCOME TO MY THREAD emoticon-I Love Indonesia



Halo para warga kaskuser sekalian, sebagaimana warga kaskuser yang berbudiman jangan lupa untuk

emoticon-Rate 5 Star RATE
emoticon-nulisah KOMEN
emoticon-pencet SHARE
emoticon-Toast CENDOL


SELAMAT MEMBACA
emoticon-Monggo






Sebelumnya disini ada yang sudah pernah ikut trail running? Atau bahkan juragan sekalian adalah salah satu atlet trail running? Jadi bagaimana rasanya trail running? Capek? Pasti lah ya.

Nah, ngomongin soal trail running, apasih trail running itu? Jadi, trail running adalah gabungan olahraga berlari dan mendaki gunung. jalurnya pun biasanya lebih mengambil jalur-jalur gunung atau pegunungan yang sangat variatif, naik turun bukit, pasir, bebatuan, tanah, rumput, melewati sungai, komplit lah. Dan sepertinya semua jenis track ada di olahraga yang satu ini.





Berbeda dengan mendaki gunung yang bisa di tempuh dengan beberapa hari dan terkadang harus mendirikan tenda untuk bermalam di tempat-tempat tertentu, seorang pelaku trail running biasanya hanya membutuhkan waktu tidak sampai satu hari penuh, atau mungkin hanya setengah hari, atau bahkan beberapa jam.

Karena pelaku trail running biasanya hanya berfokus dengan satu tujuan, bukan puncak gunung atau apapun itu yang ada di gunung. Kebanyakan orang yang menggeluti olahraga trail running saat sudah sampai ke titik tujuan akan langsung kembali turun.





Jika juragan hobi mendaki gunung pasti tak asing dengan salah satu seseorang yang hanya membawa tas kecil saja. Ya, mereka adalah pelaku trail running, mereka biasanya hanya membawa sebotol kecil air mineral, handphone, dompet, makanan, dan obat-obatan.

Biasanya kalian bisa menemukan orang-orang seperti ini hampir di semua gunung, namun kebanyakan mereka lebih memilih gunung dengan waktu yang relatif singkat, seperti gunung prau atau gunung penanggungan.

Pengalaman saya pun pernah menjumpai mereka saat mendaki ke gunung semeru, adapun juga saya pernah menjumpai bule sedang trail running di gunung arjuno saat itu, dan yang paling sering saya pernah berjumpa dengan mereka di gunung penanggungan. Selain karena waktunya yang relarif singkat terkadang mereka hanya sekedar menjaga kondisi fisik atau juga hendak melakukan persiapan dalam event-event besar yang akan mereka ikuti.





Memang tak se-tenar olahraga mendaki gunung, tapi lambat laun olahraga trail running sedikit banyak sudah mulai menggeliat di negri ini. Banyaknya event-event yang ada di Indonesia, terkadang membuat seseorang yang sebelumnya hanya sekedar ikut event lari maraton berpindah hobi menjadi seorang trail runner. Dan hal ini pula yang memikat para penyuka tantangan ingin masuk lebih dalam ke olahraga yang satu ini.

Apakah olahraga ini hanya berlaku di gunung saja? Secara konteks memang iya, "trail running" atau "mountai running" adalah olahraga berlari di atas gunung, tapi bisa juga menyusuri hutan atau juga perbukitan, yang pasti olahraga ini akan membutuhkan stamina dan fisik yang sangat kuat.





Lalu apakah olahraga ini sangat di rekomendasikan untuk pemula yang ingin menggeluti olahraga ini? Boleh, dan sangat boleh. Tapi sebelumnya seseorang yang hendak mencoba olahraga ini harus menguasai ilmu ilmu dasar dalam berlari, seperti pemilihan medan, pengaturan pernafasan, sampai dengan pemilihan peralatan yang hendak di buat lari, seperti sepatu, kaos, dan celana.

Sebenarnya untuk menunjanga fisik seseorang dalam olahraga ini selain latihan fisik secara rutin salah satu olahraga penyeimbang yang pas adalah renang, kenapa demikian? Karena dengan berenang pernafasan kita akan lebih panjang, tidak hanya berlari mengelilingi sebuah lapangan atau lari fisik di siang bolong, olahraga renang juga sangat membantu pernafasan bagi seseorang yang sudah menggeluti olahraga trail running.





Adapun yang perlu diperhatikan saat mengikuti event trail running adalah:
  • Sepatu
  • Jaket
  • Kaos
  • Celana
  • Obat pribadi
  • Peluit
  • Jas hujan
  • Headlamp
  • Course map
  • Timing chip
  • Nomor peserta
  • Logistik / Air

Khusus untuk logistik atau air kalian bisa menyesuaikan dengan jarak yang akan kalian tempuh, konyol tentunya jika sudah setengah jalan namun logistik atau air habis di tengah jalan.

Dan adapun peraturan yang perlu di ketahui saat melakukan olahraga ini adalah:
  • Mempunyai pengalaman walaupun sedikit dan tidak harus Profesional dalam menggeluti olahraga ini karena pemula juga bisa ikut.
  • Bersiap-siaplah di diskualifikasi jika kalian melupakan salah satu peralatan trail run.
  • Sehat jiwa dan raga.
  • Jangan memotong jalur, ikuti jalur yang sudah ada.
  • Peduli terhadap sesama pelari
  • Jika tidak kuat bisa menyerah kapan saja, jadi jangan memaksa dan ketahuilah batas kamampuan kalian.
  • Tetap suportif, jangan curang.





Nah jadi gimana, apakah juragan disini ingin segera menggeluti olahraga yang satu ini?

Demikian thread ini di buat, apabila ada tambahan atau pengalaman dari para juragan silahkan berkomentar di bawah

SEKIAN
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih







Sumber gambar: google
Sumber artikel: google dan sedikit pengalaman pribadi

Diubah oleh lapar.bang 06-08-2018 07:40
0
8K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.