sarotherodonAvatar border
TS
sarotherodon
Rencana Mengendalikan Kali Sentiong dengan Pasang Surut
Sebelumnya ts mau minta maaf dulu sama agan agan semua kalau seandainya agan udah bosen, atau mungkin udah muak dengar berita tentang Kali Sentiong terus. Tapi tenang, ts disini cuma mau mencoba menelaah apa rencana yang ada di pikiran salah satu pakar hidraulika Indonesia. untuk mengatasi masalah kali Sentiong yang hitam tapi bau.




Ini Upaya yang Dilakukan Pemerintah Pusat dan DKI Tangani Kali Item
Quote:



Suatu ide yang cukup unik, memanfaatkan arus pasang surut untuk sungai seperti jakarta yang memilik selisih gradien elevasi dengan tinggi muka air laut yang kecil tidaklah mustahil. Saya menangkap ide dari Bapak Muslim Muin untuk membuat aliran air searah dari tenaga pasang surut.


rencananya, Bapak Muin mau menggerakan air kearah hulu di dorong oleh gelombang pasang dari kali Ancol menuju Kali Sentiong hingga sedikit lewat ke selatan wisma atlet. Setelah itu, air akan masuk lewat pintu air Sunter Selatan memasuki anak Kali Sunter yang menghubungkan Kali Sentiong dengan Kali Sunter. begitu air laut surut, air di anak kali sunter akan tertarik ke kali sunter sebab muara kali sunter surut.

loh, kok bisa? Bukannya aliran pasang surut naik turun doang?


yah bisa dong, kan sungai punya pintu air, jadi ketika air akan pasang, pintu air di sisi Kali Sentiong (barat sebagai inlet) yaitu Pintu air Stasiun Pompa Sunter Selatan dibuka sehingga air dari kali ancol mendorong air dari Kali Sentiong ke anak Kali Sunter. Disaat yang bersamaan (pasang), pintu air di sisi outlet, yaitu pintu air samping pabrik Astra Honda Motor harus ditutup sehingga air tidak masuk lewat outlet dan seterusnya.


Sederhananya, ketika air pasang, pintu air sisi inlet dibuka, pintu air sisi outlet di tutup. Sebaliknya, ketika surut, sisi outlet dibuka



karena penasaran, akhirnya saya melihat peta lokasi via Google Map, dan mencoba membayangkan bagaimana aplikasi gagasan Pak Muslim Muin, pintu air mana saja yang dapat digunakan. berikut ulasannya.
1. Kandidat pintu air inlet.
Spoiler for Pintu Air Sunter Selatan:


2. Kandidat Pintu air outlet
Spoiler for Pintu Air anak Kali Sunter samping pabrik AHM:


Jika mengacu pada gagasan beliau, kemungkinan beginilah skema operasi gagasan bapak Muslim Muin
Spoiler for ketika laut pasang:

Spoiler for Ketika baru surut:

Spoiler for Benar benar surut:

Jadi, sistem yang mungkin Pak Muslim Muin pikirkan cukup menarik bukan?




-------------------------------------------------------------------Terimakasih sudah mampir--------------------------------------------------------------------------------------------






Diubah oleh sarotherodon 30-07-2018 15:08
0
12.1K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.