Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
155
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b5bc401582b2e19738b4567/masalah-serius-sampah-luar-angkasa-semakin-menumpuk
Bukan hanya di bumi saja, masalah sampah juga terjadi di luar angkasa. Banyaknya sampah yang menumpuk diluar sana menjadi kegalauan sendiri untuk banyak negara yang aktif dalam bidang antariksa. Penumpukan ini akan menjadi masalah besar di kemudian hari. Coba bayangkan benda yang melayang-layang tak beraturan, tinggal menunggu waktu saja sebelum terjadinya tabrakan.
Lapor Hansip
28-07-2018 08:16

Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk

Bukan hanya di bumi saja, masalah sampah juga terjadi di luar angkasa.

Banyaknya sampah yang menumpuk diluar sana menjadi kegalauan sendiri untuk banyak negara yang aktif dalam bidang antariksa.

Penumpukan ini akan menjadi masalah besar di kemudian hari. Coba bayangkan benda yang melayang-layang tak beraturan, tinggal menunggu waktu saja sebelum terjadinya tabrakan.


Amerika Serikat sudah membentuk badan khusus untuk mendata sampah antariksa sejak 1980-an, tercatat ada sekitar 20.000-an sampah seukuran bola dan 500.000 sampah seukuran marmer yang melayang dengan kecepatan 28.000 km/jam.

Bukan tidak mungkin suatu saat nanti sampah itu akan menabrak satelit, menabrak ISS atau bahkan melukai astronot yang sedang berjalan di luar angkasa atau bahkan merusak pesawat luar angkasa dan menyebabkan hal tragis.

Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk

Kadang2 sesama sampah luar angkasa juga mengalami tabrakan dengan kecepatan tinggi dan pecah menjadi puing-puing lebih kecil yang harus di data jumlahnya, tentu ini menjadi pekerjaan yang merepotkan.

Jika suatu saat sampah luar angkasa ini merusak satelit maka akan banyak dampak yang di rasakan oleh manusia di bumi. Layanan VSAT terputus, siaran TV hilang dan masalah GPS adalah bidang yang paling terkena dampaknya.

ISS sendiri terpaksa harus berpindah orbit sebanyak 3 kali di tahun 2014 untuk menghindari tubrukan dengan sampah antariksa.



Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk

Banyak negara sudah mulai membahas cara penanganan masalah sampah luar angkasa. Salah satu cara yang di ajukan adalah dengan mengembalikan sampah tersebut kembali ke bumi dengan harapan akan terbakar habis di atmosfir bumi.

Meskipun teknis pelaksanaannya masih belum di bahas, banyak negara menganggap opsi inilah yang paling masuk akal.

Ide penanganan masalah sampah luar angkasa semakin bermunculan, mulai dari cara yang paling masuk akal sampai cara yang terlalu berani. Memasang jaring luar angkasa yang super besar untuk menjaring sampah luar angkasa dan mengeluarkannya dari orbit dan menggunakan laser untuk "menendang" sampah keluar dari orbit adalah beberapa usulan yang muncul untuk membersihkan sampah luar angkasa.

Opsi apapun yang akan di ambil, pastinya akan menghabiskan biaya dalam jumlah yang sangat besar.


Jika sampah luar angkasa tidak di bersihkan maka mungkin saja manusia akan terperangkap di bumi dan tidak bisa melakukan penerbangan ke luar angkasa karena tabrakan dengan sampah luar angkasa.



sumber: sumber

profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
47.2K Anggota • 909.4K Threads
Halaman 8 dari 8
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
30-07-2018 17:01
Quote:Original Posted By agungwahyukw
Mudah. tinggal lemparin aja ke lubang hitam. niscaya sampah serta bumi kita akan hilang tanpa sisa.


eh bulu kuda beranak, lobang hitam mau lu deketin lu sama emak lu ikut masuk bego onta
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
30-07-2018 17:18
Konon kata bu guru dulu di SMP stratosfer itu suhunya ratusan bahkan ribuan derajat dan kecepatan satelit itu puluhan ribu km/jam.
Pertanyaanya adalah..

SATELIT ITU TERBUAT DARI MATERI/BAHAN/LOGAM JENIS APA YA KOK HEBAT BANGET BENTUKNYA KYK ANTENA GITU TAPI BISA JALAN MENGORBIT DENGAN KECEPATAN SUPER DAN TAHAN PANAS TANPA MELELEH.

Coba tunjukkan titik lebur logam dr berbagai logam ane belum ngerti gan..?







Konon kata bu guru dulu di SMA stratosfer punya lapisan yg disebut sebagai Lapisan Van Allen yang mana lapisan itu melindungi bumi dari tertabraknya benda2 angkasa sprti meteor dan segala bentuk sinyal tidak akan bisa berfungsi kalo melewati lapisan Van Allen
Pertanyaanya adalah..

SATELIT ITU TERBUAT DARI MATERI/BAHAN/LOGAM JENIS APA YA KOK HEBAT BANGET BENTUKNYA KYK ANTENA GITU TMEMANCARKAN SINYAL TAPI SINYALNYA AMAN SAJA GAK NGEFEK SAMA VAN ALLEN

0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
30-07-2018 17:43
bangun tempat sampah aje diluar angkasa gan
0 0
0
Post ini telah dihapus
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
30-07-2018 18:18
Coba baca Planetes, manga soal astronot yang kerjaannya membereskan sampah-sampah luar angkasa macam ini.
Biasa yang dilakukan mengubah arah sampah angkasa ini agar jatuh ke atmosfer bumi (dan terbakar)
2 0
2
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
30-07-2018 18:34


Quote:Original Posted By hfvaismeosnssuq
eh bulu kuda beranak, lobang hitam mau lu deketin lu sama emak lu ikut masuk bego onta


”Niscaya sampah serta bumi kita akan hilang tanpa sisa. “ Baca dulu post gw baru bales. •_•
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
30-07-2018 19:07
Kalo kita liat siaran live ISS di youtube, kok ngga ada ya sampah2 itu
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
30-07-2018 21:55
Lol , banyak sampah tapi ga pernah keliatan dari ISS
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
31-07-2018 00:49
berangkatin aja temen dari sebuah pulau di jawa timur rame2, dijamin bakal bersih tuh
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
31-07-2018 07:49
Kesalahan para astronot ketika pergi keluar angkasa adalah tidak mengajak serta tukang besi bekas (rosok), coba kalau diajak sudah pasti akan bersih emoticon-Big Grin Material satelit udah pasti terbuat dari bahan kualitas nomor satu yang tentunya sangat bagus dari segi ekonomis. Apa masih mau menunggu dampak buruk baru diambil tindakan.
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
31-07-2018 08:14
Sampah luar angkasa itu dari mana? emoticon-Bingung
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
31-07-2018 08:56
Sementara masih fokus sama sampah kali item gans, sampah luar angkasa ntar dibersihin kalau ada even besar lain. Jangan lupa kalau bau gak perlu dibersihkan, cukup dikasih bubuk penghilang bau. Btw di luar angkasa ada bau gak sih? belum pernah kesono
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
31-07-2018 17:24
Quote:Original Posted By agungwahyukw
”Niscaya sampah serta bumi kita akan hilang tanpa sisa. “ Baca dulu post gw baru bales. •_•


mati kok ngajak ngajak.. wk..
lo aja kale
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
31-07-2018 20:00


Quote:Original Posted By hfvaismeosnssuq
mati kok ngajak ngajak.. wk..
lo aja kale


Lah. Yang ngajak juga siapa. •_•
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
31-07-2018 21:03
Balasan post punpun48
Quote:Original Posted By punpun48
nasa nyampah mulu emoticon-Blue Guy Bata (L)


mulustrasi gak ada. pun?
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Masalah serius, sampah Luar Angkasa Semakin menumpuk
16-10-2020 10:11
Selama sampah nya dari bumi, ga akan terjadi apa2
0 0
0
Halaman 8 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia