alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
117
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b560f91d9d7705e618b4569/jalan-ditutup-karena-kepentingan-pribadi-ada-aturannya-lho
Mungkin kalian pernah kesal dengan tetangga yang suka seenaknya menutup jalan untuk kepentingan pribadi. Acara pernikahan misalnya. Terkadang si tetangga tidak memberi tahu kepada warga sekitar kalau acaranya akan menutup sebagian jalan. Nah, kalau sudah begitu, aktivitas warga akan terhambat dan bisa-bisa terlambat ke tempat tujuan.
Lapor Hansip
24-07-2018 00:25

Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho

Past Hot Thread
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho


Quote:Mungkin kalian pernah kesal dengan tetangga yang suka seenaknya menutup jalan untuk kepentingan pribadi. Acara pernikahan misalnya. Terkadang si tetangga tidak memberi tahu kepada warga sekitar kalau acaranya akan menutup sebagian jalan. Nah, kalau sudah begitu, aktivitas warga akan terhambat dan bisa-bisa terlambat ke tempat tujuan.

Bahkan yang kita kesalkan bukan hanya itu saja. Acaranya sampai malam sehingga kita harus memutar ke jalan yang lebih jauh lagi. Kalau pakai motor ya kita bisa mencari jalan tikus. Tapi jika menggunakan kendaraan roda empat, alamat harus rela untuk mencari jalan yang muat untuk mobilnya kalau enggak malas. Jika sudah terlanjur mager alias malas gerak, mobil akan parkir di tempat yang jauh dari rumah sampai acara selesai.

Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho


Nah, kejadian tersebut meskipun sepele namun tidak benar di mata hukum. Sebab, ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu juga menyalahi Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pengaturan Lalu Lintas Dalam Keadaan Tertentu dan Penggunaan Jalan.

Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho


Seharusnya, selain izin kepada warga sekitar ada yang harus dilakukan lagi. Adalah dengan memperoleh izin dengan mengajukan permohonan secara tertulis kepada Kapolda setempat untuk menggunakan jalan desa, kota ataupun nasional. Lalu, ada persyaratan lain yang juga harus dilengkapi. Yaitu fotokopi KTP, waktu penyelenggaraan, jenis kegiatan, perkiraan jumlah peserta, jalan alternatif dan peta lokasi. Kemudian, harus ada surat rekomendasi dari satuan kerja perangkat daerah atau lurah yang disesuaikan dengan tempat tinggal. Nah, perlu diingat juga kalau perizinan ini diberikan selambat-lambatnya seminggu sebelum acara dilaksanakan.

Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho


Kalau persyaratan di atas tidak dipenuhi, akan ada sanksi yang bakal diterima. Tak hanya amukan warga tapi juga hukuman pidana. Menurut Pasal 192 Ayat (1) KUHP, si pembuat acara akan terancam kurungan penjara maksimal sembilan tahun.

Oleh karena itu, ketika kalian terhambat jalan tertutup lantaran acara pribadi, jangan marah dulu. Kalian bisa melihat apakah ada rambu untuk jalan alternatif. Jika iya, berarti penutupan jalan tersebut sudah berizin. Namun, jika tidak, bisa tanyakan kepada orang di sana apakah ada jalan lain. Nah, itu untuk yang bukan tetangga. Beda lagi jika itu tetangga sendiri, kalian bisa menanyakan surat izinnya. Tapi harus dengan sopan ya, jangan keburu emosi.


Quote:
Kalau berkenan boleh dong dikasih Rate 5 & lemparan BATAnya

Quote:
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:25
welcome to indonesia.this is kearifan lokal emoticon-Ngakak
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:25
ini nih gedeg jalan di makan sendiri kan kampret.... kalo udh izin si ga masalah emoticon-dor
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:27
Susah... ngarepin orang indo pd bisa pinter..
mending klo ada izin nya nutup jalan..
info aja jg kagak ke warga sekitar..
pernah gw ga bisa lewat gara" gang di rumah ditutup buat acara pengajian..
akhirnya jadi muter balik dan jauh jalan kakinya..
giliran di sinis-in katanya kita ga toleransi..
🤣🤣🤣🤣

Tapi klo nutup jalan dan mengganggu hak orang lain tanpa izin dan info itu dianggap benar..
Yang intoleran jadinya siapa ni ?
🤣🤣
Diubah oleh yonglek
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:32
Quote:Original Posted By Sang Pembantai
welcome to indonesia.this is kearifan lokal emoticon-Ngakak


Kalo bahasanya kearifan lokal emang berat gan...
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:35
bilang sama yg buat aturan,itu yg buat gak punya mata..praktek nya di kota maupun desa sama saja..aturan di indonesia ini aturan k0ntol..
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:42
Quote:Original Posted By avsel
Kalo bahasanya kearifan lokal emang berat gan...


Soal tutup2 jalan mah di indo byk variannya..sumbangan tengah jalan, nikahan, sunatan, tawuran dijalan, perang suku, suporter kalap, ditutup krn ada pohon ditengah jalan (protes jalan rusak),dll pd akhrnya pemakai jalan hy bs memaklumi dan sadar mereka ada di indonesia



emoticon-Ultah
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:50
kalau di desa mah tinggal izin kepala desa udah cukup. semua juga saling pengertian. tapi nggk tau deh kalo di kota.
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
24-07-2018 23:50
Quote:Original Posted By Sang Pembantai
Soal tutup2 jalan mah di indo byk variannya..sumbangan tengah jalan, nikahan, sunatan, tawuran dijalan, perang suku, suporter kalap, ditutup krn ada pohon ditengah jalan (protes jalan rusak),dll pd akhrnya pemakai jalan hy bs memaklumi dan sadar mereka ada di indonesia



emoticon-Ultah


dan jgn salahkan si justin bieber nyebut ini adalah negara antah berantah..
kenyataan nya kan memang begitu..

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 00:11
udah sering ketemu gini mah,,,masyarakatnya aja gk mau ambil pusing emoticon-Cool
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 00:12
Balasan post bernu
Quote:Original Posted By bernu
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho

Klo keblokir jalan nya bisa cari jalan lain


Alternatif yg greget emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 00:19
Jalan nenek moyang nya kale
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 01:06
Hansip dapat tambahan honor jagain jalan yg ditutup...
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 02:21
cm bs kasih sumpah serapah aja dah gan biar yg kimpoian nya cepet bubar dan bermasalah


emoticon-Shakehand2
Diubah oleh bajier
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 05:52
Di daerah ane sering ini mah gan, maen asal tutup aja, Jalan utama/poros malah
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 05:55
Dosa tuh
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 05:58
Intinya bayar emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 06:15
kurungan 9 tahun gara gara nutup jalan gak berizin mantap :monggo
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 06:24
Pantesan dkota ya harus lebih lagi ,klo dkampung ane aman tentram aja ,perijinan dan tetangga udah pasti.
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 07:00
kalo nutup jalan kereta api gimana tuh breeemoticon-Leh Uga
0 0
0
Jalan Ditutup karena Kepentingan Pribadi? Ada Aturannya Lho
25-07-2018 07:21
kenapa gak nyewa di hotel aja
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.