News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
8228
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e3801998e31ba36f8b456a/diskusi-semua-pedagang-via-e-commerce-atau-marketplaceayo-kita-sharing-di-sini
Terima kasih sudah datang di thread ane,thread ini ane buat berhubung agak sedikit susah untuk mencari review marketplace dari Sisi kita sebagai SELLER,rata-rata yang banyak adalah review marketplace dari sisi BUYER. Terima kasih kepada om momod Eka atas approvalnya,Suhu Vultura,Suhu Olfix beberapa kaskuser yang rate 5 thread ini. Rules: 1.Agar pembahasan lebih fokus,yang kita bahas adalah KHUSUS
Lapor Hansip
18-02-2015 00:53

[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini

Terima kasih sudah datang di thread ane,thread ini ane buat berhubung agak sedikit susah untuk mencari review marketplace dari Sisi kita sebagai SELLER,rata-rata yang banyak adalah review marketplace dari sisi BUYER.

Terima kasih kepada om momod Eka atas approvalnya,Suhu Vultura,Suhu Olfix beberapa kaskuser yang rate 5 thread ini.
Rules:
1.Agar pembahasan lebih fokus,yang kita bahas adalah KHUSUS E-Commerce atau Marketplace tips,cara gabung,dan cara berjualan,TIDAK membahas metode online shop yang lain,baik itu IG,FB,BBM,Website Pribadi,penjualan secara offline dll.
2.No Junk No Flame, dan kita semua sama-sama belajar dan sharing disini
3.Silahkan post sesuai dengan topic yang ada,agar tidak melebar kemana-mana,dan tetap mejaga judul thread sama dengan isinya.
4.No FJB atau Link Lapak,silahkan by PM sesama kaskuser jika ada yang request.


Tujuan thread ini dibuat :
1.Buat sharing informasi dari newbie sampai dgn master-master dan senior di kaskus yang sudah malang melintang di dunia marketplace.kita saling berbagi info disini.
2.Bisa diskusi jika ada pertanyaan ataupun jika ada kendala yang dihadapi selama proses jual beli di marketplace,mungkin bisa sharing disini permasalahannya apa,terkadang ada beberapa marketplace yang CS nya low response menanggapi masalah seller,siapa tau senior2 disini bisa memberikan solusinya.
Okay, untuk sementara Rules dan Tujuan thread ini itu dulu ya gan,nanti mungkin bisa di tambahkan.
Ok,Kita mulai thread ini.
Ane rasa semua warga EC pasti sudah tidak asing lagi dengan e-Commerce ataupun Marketplace.
Berhubung ane cuman ikut 4 Marketplace,Tokopedia,Bukalapak,Elevenia dan Zalora,untuk sementara ane coba share dulu 4 marketplace tersebut,sedangkan untuk Lazada dan marketplace yang lain berhubung ane ngk ikut menjadi supplier disitu akan ane quote sharing dari senior2 semua yang mungkin sudah pernah ikut disana di Post1/Post2.
Sedangkan untuk E-Commerce,sepertinya di indonesia tinggal 1 yaitu OLX,sebelumnya tokobagus dan berniaga merge di OLX,mungkin kaskuser semua bisa nambahkan jika ada yang baru.


Oke gan,kita mulai dari Tokopedia dulu.
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak

Zalora


Polling
1,251 Suara
Marketplace Mana Yang Menjadi Penghasilan Terbesar Agan? 
Diubah oleh ladong
profile-picture
profile-picture
Maksabeli dan QueenDragons memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 214 dari 342
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
21-07-2018 13:03
Permisi agan2, ane mau menawarkan peluang bisnis buat agan2 yg suka import barang dari China.
Kalau mau cari barang2 grosiran dari China, search aja di 1688.com
Di sana harganya murah2 dibanding web2 lainnya..
Buat perbandingan bisa juga dari Taobao.com, Kualitas bagus bisa di Tmall.com

Kalau bingung, gmn cara belinya, pengiriman, dll? Saya terima jasa pembelian barang mulai dari pencarian barang, pembelian, sampai pengiriman sampai ke alamat agan di Seluruh Indonesia.
Saya menggunakan kargo dari China, jadi agan gak perlu pusing2 lagi mikirin cukai, dll..
Saya kasih harga sudah door to door.
Dan tidak cuma dari China ke Indonesia saja, saya juga bisa bantu dari Bangkok ke Indonesia, Singapore ke Indonesia dan Hongkong ke Indonesia..

Btw, tolong di like juga FB Fanpage nya, hehe
https://www.facebook.com/hanbiaoforwarding

Thanks


Heri
Email : heri.hanbiao@qq.com
No Ane di China : 16620408896
bisa hub ane via Whatsapp : 08568999718
atau via Wechat / Weixin : 16620408896


emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
0 0
0
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
21-07-2018 13:03
Permisi agan2, ane mau menawarkan peluang bisnis buat agan2 yg suka import barang dari China.
Kalau mau cari barang2 grosiran dari China, search aja di 1688.com
Di sana harganya murah2 dibanding web2 lainnya..
Buat perbandingan bisa juga dari Taobao.com, Kualitas bagus bisa di Tmall.com

Kalau bingung, gmn cara belinya, pengiriman, dll? Saya terima jasa pembelian barang mulai dari pencarian barang, pembelian, sampai pengiriman sampai ke alamat agan di Seluruh Indonesia.
Saya menggunakan kargo dari China, jadi agan gak perlu pusing2 lagi mikirin cukai, dll..
Saya kasih harga sudah door to door.
Dan tidak cuma dari China ke Indonesia saja, saya juga bisa bantu dari Bangkok ke Indonesia, Singapore ke Indonesia dan Hongkong ke Indonesia..

Btw, tolong di like juga FB Fanpage nya, hehe
https://www.facebook.com/hanbiaoforwarding

Thanks


Heri
Email : heri.hanbiao@qq.com
No Ane di China : 16620408896
bisa hub ane via Whatsapp : 08568999718
atau via Wechat / Weixin : 16620408896


emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
21-07-2018 23:03
Balasan post castiel.sh0p
Quote:Original Posted By castiel.sh0p
Permisi agan2, ane mau menawarkan peluang bisnis buat agan2 yg suka import barang dari China.
Kalau mau cari barang2 grosiran dari China, search aja di 1688.com
Di sana harganya murah2 dibanding web2 lainnya..
Buat perbandingan bisa juga dari Taobao.com, Kualitas bagus bisa di Tmall.com

Kalau bingung, gmn cara belinya, pengiriman, dll? Saya terima jasa pembelian barang mulai dari pencarian barang, pembelian, sampai pengiriman sampai ke alamat agan di Seluruh Indonesia.
Saya menggunakan kargo dari China, jadi agan gak perlu pusing2 lagi mikirin cukai, dll..
Saya kasih harga sudah door to door.
Dan tidak cuma dari China ke Indonesia saja, saya juga bisa bantu dari Bangkok ke Indonesia, Singapore ke Indonesia dan Hongkong ke Indonesia..

Btw, tolong di like juga FB Fanpage nya, hehe
https://www.facebook.com/hanbiaoforwarding

Thanks


Heri
Email : heri.hanbiao@qq.com
No Ane di China : 16620408896
bisa hub ane via Whatsapp : 08568999718
atau via Wechat / Weixin : 16620408896


emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2


menarik , tapi belum pernah mencoba sama sekali jasa begini .. nanti ane lihat lihat dulu .. soalnya menarik barang2 dari luar hehe
0 0
0
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
21-07-2018 23:14
Berdasarkan pengalan ane jualan ijo, orange, merah berbeda model buyernya. Bisa dbilng ada kelompok2 tersendiri tiap marketplace.
- Ijo lbh cenderung buyer2 yg secara ekonomi dan pengetahuan/pekerjaan mapan.
- Merah lbh banyak buyer Pria sepertinya. Ane jualan cosme dan fashion kurang greget di Merah. Kalo Komouter and Elektronik msh Ok.
- Orange ini menurut ane kualitas buyer dibawah Ijo dan Orange. Byk yg blm paham jual-beli, remaja2, Ibu2, dan sedikit alay, dan kadang sedikit kurang sopan. Mungkin karena memang promonya gila2an di TV, jdi pada masuk kesana. Harga jual dah ketat bgt persaingan. Produk yg laris Cosme dan Fashion. Tapi utk penjualan, ane terbanyak dari Orange lho. Sampe pernah dpt Star Seller dan transaksi sampe 20x/hari. Padahal cuma dropshiper. Hehehe.
0 0
0
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
22-07-2018 01:21
Balasan post wendylau
Quote:Original Posted By wendylau
Agan2 di sini, saya mau nanya soalnya masih newbie di marketplace, baru 1 bulan coba jualan.

Mau nanya masih pakai ads(Tokoijo, si merah, dan oren) ga untuk barang2 yang sudah laku (asumsi penjualan 100pcs di bulan pertama untuk 1 marketplace) ?

Selama ini pake ads, yang paling mendongkrak omset di marketplace mana?

Kalau dari review saya udah pake ads selama sebulan :
  • Tokoijo : PPC paling mahal dari semua marketplace, omset paling besar
  • Si Oren : PPC moderate, tapi omset NOL Besar
  • Si Merah : PPC paling murah, omset kecil

Mungkin ada review dari agan2 lain di sini



agan adsnya ini beli promo apa gimana ya? ane mau beli ads. udh keburu kesaing dah.

emoticon-Ngakak
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
22-07-2018 15:04
Balasan post yogiyogas
Quote:Original Posted By yogiyogas



agan adsnya ini beli promo apa gimana ya? ane mau beli ads. udh keburu kesaing dah.

emoticon-Ngakak


Dah ga niat jualan di orange, iklan boros 100rb sekejap abis, pembeli PHP(pesen tapi ga bayar), emank bener kata agan di atas pembeli di orange kebanyakan alay yg ngincer ongkir gratis emoticon-Wakaka
Udah gitu produk ane sering kena blokir ga jelasemoticon-Cape deeehh

Mending di merah udah ga pake iklan masih laku.

Ane udah ga pake iklan di ijo soalnya produk ane udah masuk page 2 di bulan kedua dan menurut ane ijo masih paling top lah, dari segi customer service maupun pembeli emoticon-Toast
0 0
0
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
22-07-2018 18:44
ah sial update bukalapak gak bisa ganti resi manual dari J&T ke pos padahal barang cair. sudah ada diketerangan untuk pakai POS malah pakai J&T. setelah di proses gak ada update/ ganti manual resinya. apes ini, di komplain CS Bl lama banget nangani kayak gini
0 0
0
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
22-07-2018 20:02
Quote:Original Posted By antipenghianat
Halo Gan gue mau tanya nih agan-agan di sini selalu jawab pesan pembeli di ijo atau di merah nggak?
contohnya gini, dia kemarin itu nanya kapan barang dikirim trus gue udah jawab dikirim hari ini..
eh hari ini malah nanya lagi kapan barang dikirim.

kira-kira akan bakal jawab lagi gak pertanyaan kayak gitu atau ada trik khusus enggak untuk menghadapinya?


Haha dulu waku gw masih emosian gw jawab ketus, "ditunggu aja hari ini dikirim, emang kenapa nanya anda mau nganterin ke kurirnya" wkwk, Sekarang kalo ada yg nanya gitu tarik nafas dalem2 dulu, redam emosi, balesnya beberapa jam kemuadian wkwk..

Kalo masih dikirim hari yg sama pas buyer koplak itu nanya, jawabnya pas ente udah kirim dan status orderan udah berubah ke sedang dikirim aja, jawab simple "sudah dikirim ya"...

Kalo buyer misal nanya minggu, dan ente baru kirim senen ya jawab aja "minggu ga ada pengiriman, dikirim senen malem" itu juga balesnya ga usah buru2, minimal 6 jam abis buyer koplak itu nanya..

Lagian aneh² aja ya manusia gw juga sering belanja online ga pernah nanya kapan dikirim, apa mereka itu ga sadar tingkah mereka itu nyebelin banget -_-

Tapi lebih ngeselin lagi orangya beli barang udah kita kirim cepet dihari yg sama, tapi lama di ekspedisinya diatas 3 hari, tapi tetep penjual yg dikasih bintang 1 dengan alasan "pengiriman lama", ane udah lumayan sering caci maki orang yg kaya gini wkwk..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
23-07-2018 10:47
Balasan post siibel
Quote:Original Posted By siibel


Haha dulu waku gw masih emosian gw jawab ketus, "ditunggu aja hari ini dikirim, emang kenapa nanya anda mau nganterin ke kurirnya" wkwk, Sekarang kalo ada yg nanya gitu tarik nafas dalem2 dulu, redam emosi, balesnya beberapa jam kemuadian wkwk..

Kalo masih dikirim hari yg sama pas buyer koplak itu nanya, jawabnya pas ente udah kirim dan status orderan udah berubah ke sedang dikirim aja, jawab simple "sudah dikirim ya"...

Kalo buyer misal nanya minggu, dan ente baru kirim senen ya jawab aja "minggu ga ada pengiriman, dikirim senen malem" itu juga balesnya ga usah buru2, minimal 6 jam abis buyer koplak itu nanya..

Lagian aneh² aja ya manusia gw juga sering belanja online ga pernah nanya kapan dikirim, apa mereka itu ga sadar tingkah mereka itu nyebelin banget -_-

Tapi lebih ngeselin lagi orangya beli barang udah kita kirim cepet dihari yg sama, tapi lama di ekspedisinya diatas 3 hari, tapi tetep penjual yg dikasih bintang 1 dengan alasan "pengiriman lama", ane udah lumayan sering caci maki orang yg kaya gini wkwk..


Itu gimana ya masa cuma telat bentaran kasih bintang 1 kan ngaruh ke next buyer kita kalau gitu
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
23-07-2018 11:47
Balasan post arie.id
Quote:Original Posted By arie.id


Itu gimana ya masa cuma telat bentaran kasih bintang 1 kan ngaruh ke next buyer kita kalau gitu


Masih mending dpt bintang. Saya malah dpt negatif gara2 kiriman telat karena alasan "nama penerima tdk dikenal"

Udah dibantuin tanya2 crosscheck ke jne dan buka laporan eh.., buyernya ga sabaran langsung kasih negatif emoticon-Frown
0 0
0
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
23-07-2018 16:26
Quote:Original Posted By siibel



Tapi lebih ngeselin lagi orangya beli barang udah kita kirim cepet dihari yg sama, tapi lama di ekspedisinya diatas 3 hari, tapi tetep penjual yg dikasih bintang 1 dengan alasan "pengiriman lama", ane udah lumayan sering caci maki orang yg kaya gini wkwk..


Quote:Original Posted By bolangbaling


Masih mending dpt bintang. Saya malah dpt negatif gara2 kiriman telat karena alasan "nama penerima tdk dikenal"

Udah dibantuin tanya2 crosscheck ke jne dan buka laporan eh.., buyernya ga sabaran langsung kasih negatif emoticon-Frown


wah banyak nih kasus kayak gini...solusinya harusnya tiap marketplace ada penilaian kecepatan kurir juga
supaya penjualan gak disalahin kalo lambatnya di kurir
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
23-07-2018 16:51
Saya share pengalaman ane di 3 Marketplace, mungkin bisa bahan pertimbangan agan-agan disini ya :

JUST SHARING

1. Pinky, ini platform lokal yang sangat bagus buat genjot sales, terutama produk handmade. Fiturnya lengkap dan menurut saya paling adil kenapa ?
a. Biaya per klik tidak terlalu menentukan (istilahnya Promoted Push), hanya sangat relevan dengan kata pencarian di User Search.
b. Ada Fitur Push yang buat produk kita bisa nongol dari page buncit ke page atas, artinya apa ? Setiap kita push produk kita naik dan kesempatan view oleh calon buyer sangat tinggi. Dan semua produk bisa kita push secara bersamaan, cocok buat pproduk fashion. Otomasi fitur ini bareng sama review oenjualan yang sudah banyak, kemungkinan besar calon buyer hanya banyak melihat review dan ga terlalu pusing masalah harga, karena dengan produk sejenis selisih harga ga terlalu signifikan, calon buyer lebih aman dengan REVIEW PENJUALAN.
c, Fitur Bukaiklan, fitur ini hanya menjangkau potensial buyer di Google dan Social Media as Facebook. Biaya yg di keluarkan cukup mahal dengan Biaya per klik terlalu mahal. Angggaran disini lebih baik di arahkan pada biaya lainnya as Instagram ads, Google adsense, Adword etc.. Cause landing page dari ini adalah domain lapak ente yg di Marketplace, artinya riskan potensial buyer lari ke lapak pesaing.

TIPS : Buat sebuah blog tentang produk yg ente jual, di dalam blog bisa kita optimasi SEO nya, itu ada tips dan triknya. Tugasnya hanya ketika SEO Blognya udah jadi, tinggal kita pasang widget si pink di Blog kita, tujuan nya adalah pengunjung blog klik link kita unttuk masuk di di Pinky.

2. Go Green : Platform lokal juga dengan database jutaan user, ibarat mesin pencari uang jaman now. Kebanyakan customernya melek IT, cause Go Green sendiri hanya bisa transaksi dg akun yang terdaftar dan mungkin nanti hanya verified akun. Platform valuasi sangat tinggi, karena prosek Indo sangat berkembang, gua kulik fiturnya sekarang.

TopA : harga per klik lama kelamaan tidak rasional hanya untuk 1 produk untuk tampil di atas, misal TopA dengan kata kunci itu butuh 1.000/klik, nah kalau anda pasang margin profit per produk 5.000 s.d 10.000, jauhi ini, gunakan fitur TopA by produk, kasih bid antara 200 - 300 , taruh produk dengan review yg banyak, apabila belum ada review, minta bantuin temen, keluarga, sohib beli produk ente, kasih share ulasan bintang 5 nya, usaha butuh modal (ide dang Rp), disni tinggal tungggu dapat ikan yg model apa, seringkali ane dapat ikan paus dari sini, karena itu tadi, Go Green agak berbeda sesuai pasal 2 di atas.

GM : fitur premium yang menurut ane kadang penting kadang ngga, cuma prinsip ane gini, kalau ane numpang jualan, ane pasti komit core bisnis ane di Go Green, ane sendiri langganan GM tahunan, ibarat bantu platform tetap eksis, dan ibarat ane bayar hosting. Doi nantinya bisa cari pendapatan utama dr sini (harapannya ga d tendang aja ane), untungnya ada fitur statistik. Ini penting buat lihat potensial buyer dan hits produk yang sedang tren.Ditambah warna emasnya buat tambahan profil semakin di percaya pembeli, tapi akhir -akhir ini GM kurang mengena karena, kita biasa pasang topads, seharusnya bisa lauch di atas, tp kita kalah dengan Un GM, hanya dengan bid paling tinggi dengan review terbanyaklah yang nangkring di posisi atas. Algoritma yg diubah hanya untuk meningkatkan layanan, tidak dari aspek komersialisasi, tp ini bisa juga di akali dengan fake account buat review palsu, namanya sistem pasti ada celahnya, tp seenggaknya cara yg bisa meningkatkan kualitas layanan penjualan yg aman, dengan cara ini, sedikitnya mengurangi.

Karena saya lihat sendiri, banyak akun di Go Green isinya cuma Reseller Uneducated yg menurut ane, sangat merugikan platform itu sendiri. Reseller Uneducated banyak yg ngga tau produk yg dia jual itu apa, dan hanya mengharap margin, dan dia nyampah pasang di Orange, Pinky sama Go Green sendiri, malah seperti benalu jatuhnya seperti petilasan kosong, kecuali Reseller Educated, dia pintar menempatkan posisinya, meskipun reseller, dia beli dari Supplier dan dia jual dengan margin dan penguasaan produk sangat baik. Nyampah disini, jualan tapi ga ngerti produk apa yg dia jual, asal main dropship, ketika ada komplain cuma nyalahin supplier dan ketika itu putuslah sudah hubungan supplier dan reseller uneducated tadi. So far,,, ane jauhi reseller yg seperti ini, bisnis harus tetap jalan dan strategi bisnis itu penting.

3. Orange Juice, platform yang ga kenal kenal usia, mau anak, remaja, dewasa, ibu, bapak nongkrong disini. Iklannya yg gratis ongkir, bisa jadi sahabat terbaik berbisnis, selama ada program gratis ongkir, niat saya cuma 1, punya jangkauan banyak disini karena memang, calon buyer disini sama mix banget. Produk ane fashion disini, sengaja ane genjot sales, karena selama gratis ongkir, setidaknya ga ada halangan lagi orang buat belanja, dan beberapa faktor kebutuhan calon buyer. Karena setiap shipment, saya taruh branding atau selipin akun sosmed jualan ane. ketika ada pengalaman yg bagus dengan ane, mereka kebayakan follow, nah ini bisa jadi data customer yg baik buat kita nanti, karena ketika usaha pertama kali yg susah adalah mendapatkan customer pertama kalinya tersebut. Selanjutnya manaje after sales dengan customer kita, karena itu butuh kesabaran dan keuletan.

Fitur, banyak fiturnya (Diskon, Voucher, STarSel dsb). Saya bahas sedikit iklannya, biaya cenderung standar, tp frekuensi kunjungan sangat tinggi, tp kadang ga sebanding. Misal gini yg klik ada 100 x, tp sales cuma 1 transaksi, ini artinya 1/100 x 100 % = 1 %, konversinya sangat kecil, tp itu banyak faktornya, ane belum mau ulas. Tergantung produknya kadang bsa dpt konversi 5 - 7 %, secara matematika ini mudah banget ngitung peluangnya, misal pasang bid iklan 200 per klik, sehingga 200 x 100 klik = 20.000, kita anggep 100 klik/hari berarti kita bayar iklan 20.000/hari dengan asumsi terjelek 1 %, dan 1 % adalah 1 transaksi maka = 1 x (margin profit) - biaya iklan = net profit

Misal konversi 5 % dari 100 klik, 5 transaksi, Margin 20.000, maka = 5 x 20.000 - 20.000/biaya iklan = 100.000 - 20.000 = 80.000 ini nett profit kita yang hakiki.

KESIMPULAN : Dari 3 di atas, semua sama saja, yang namanya kita numpang pasti ada +- nya. Kalau ane pribadi buat jangkauan baru calon potensial yg akan ane jaring selanjutnya memasuki TAHAP MANDIRI, dengan PUNYA WEB SENDIRI, karena berbagai pengalaman udah kita dpt di 3 Platform di atas, akan tetapi jika belum ane masih KONSISTEN dg akun sosmed ane, karena Sosmed lah musuh utama 3 platform di atas, ga percaya ? Coba ente share link Sosmed ente heheehehe....entah ini sampai kapan, karena tahu sendiri, sosmed saat ini, merajut ke line bisnis yg organik dr mereka, advertising ya mirip seperti perusahaan media.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH


















0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
23-07-2018 16:56
Balasan post toto_suryo
Quote:Original Posted By toto_suryo




wah banyak nih kasus kayak gini...solusinya harusnya tiap marketplace ada penilaian kecepatan kurir juga
supaya penjualan gak disalahin kalo lambatnya di kurir


Sudah lapor ke pihak marketplace baik lewat bantuan di aplikasinya atau lewat twitter. Tetep gak ada kejelasan, yg lewat bantuan malah dpt balasan "pemberian reputasi adalah hak buyer".

Padahal udah saya kasih kronologisnya tetap gak ngefek.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
23-07-2018 17:05
Balasan post Alkatrans0274
Quote:Original Posted By Alkatrans0274
Saya share pengalaman ane di 3 Marketplace, mungkin bisa bahan pertimbangan agan-agan disini ya :

JUST SHARING

1. Pinky, ini platform lokal yang sangat bagus buat genjot sales, terutama produk handmade. Fiturnya lengkap dan menurut saya paling adil kenapa ?
......


Pink ini yg apa ya gan... Maklum ga apal warna emoticon-Smilie

Quote:
3. Orange Juice, platform yang ga kenal kenal usia, mau anak, remaja, dewasa, ibu, bapak nongkrong disini. Iklannya yg gratis ongkir, bisa jadi sahabat terbaik berbisnis, selama ada program gratis ongkir, niat saya cuma 1, punya jangkauan banyak disini karena memang, calon buyer disini sama mix banget. ....


Nanggepin yg ini. Sales awal bagus banget. Tiba2 produk saya hilang, padahal penjualan & review terbanyak dibanding produk yg sejenis. Di search sampai mampus pakai filter : terlaris, terbaru dll gak mempan. Hilang begitu saja. Hanya nongol kalo masuk ke toko saya langsung. Atau pasang iklan.

Sudah laporan juga. Gak di ditanggepin

Ada yg senasib dgn saya?
1 0
1
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
23-07-2018 19:28
Balasan post Alkatrans0274
Quote:Original Posted By Alkatrans0274
Saya share pengalaman ane di 3 Marketplace, mungkin bisa bahan pertimbangan agan-agan disini ya :

JUST SHARING

1. Pinky, ini platform lokal yang sangat bagus buat genjot sales, terutama produk handmade. Fiturnya lengkap dan menurut saya paling adil kenapa ?
a. Biaya per klik tidak terlalu menentukan (istilahnya Promoted Push), hanya sangat relevan dengan kata pencarian di User Search.
b. Ada Fitur Push yang buat produk kita bisa nongol dari page buncit ke page atas, artinya apa ? Setiap kita push produk kita naik dan kesempatan view oleh calon buyer sangat tinggi. Dan semua produk bisa kita push secara bersamaan, cocok buat pproduk fashion. Otomasi fitur ini bareng sama review oenjualan yang sudah banyak, kemungkinan besar calon buyer hanya banyak melihat review dan ga terlalu pusing masalah harga, karena dengan produk sejenis selisih harga ga terlalu signifikan, calon buyer lebih aman dengan REVIEW PENJUALAN.
c, Fitur Bukaiklan, fitur ini hanya menjangkau potensial buyer di Google dan Social Media as Facebook. Biaya yg di keluarkan cukup mahal dengan Biaya per klik terlalu mahal. Angggaran disini lebih baik di arahkan pada biaya lainnya as Instagram ads, Google adsense, Adword etc.. Cause landing page dari ini adalah domain lapak ente yg di Marketplace, artinya riskan potensial buyer lari ke lapak pesaing.

TIPS : Buat sebuah blog tentang produk yg ente jual, di dalam blog bisa kita optimasi SEO nya, itu ada tips dan triknya. Tugasnya hanya ketika SEO Blognya udah jadi, tinggal kita pasang widget si pink di Blog kita, tujuan nya adalah pengunjung blog klik link kita unttuk masuk di di Pinky.

2. Go Green : Platform lokal juga dengan database jutaan user, ibarat mesin pencari uang jaman now. Kebanyakan customernya melek IT, cause Go Green sendiri hanya bisa transaksi dg akun yang terdaftar dan mungkin nanti hanya verified akun. Platform valuasi sangat tinggi, karena prosek Indo sangat berkembang, gua kulik fiturnya sekarang.

TopA : harga per klik lama kelamaan tidak rasional hanya untuk 1 produk untuk tampil di atas, misal TopA dengan kata kunci itu butuh 1.000/klik, nah kalau anda pasang margin profit per produk 5.000 s.d 10.000, jauhi ini, gunakan fitur TopA by produk, kasih bid antara 200 - 300 , taruh produk dengan review yg banyak, apabila belum ada review, minta bantuin temen, keluarga, sohib beli produk ente, kasih share ulasan bintang 5 nya, usaha butuh modal (ide dang Rp), disni tinggal tungggu dapat ikan yg model apa, seringkali ane dapat ikan paus dari sini, karena itu tadi, Go Green agak berbeda sesuai pasal 2 di atas.

GM : fitur premium yang menurut ane kadang penting kadang ngga, cuma prinsip ane gini, kalau ane numpang jualan, ane pasti komit core bisnis ane di Go Green, ane sendiri langganan GM tahunan, ibarat bantu platform tetap eksis, dan ibarat ane bayar hosting. Doi nantinya bisa cari pendapatan utama dr sini (harapannya ga d tendang aja ane), untungnya ada fitur statistik. Ini penting buat lihat potensial buyer dan hits produk yang sedang tren.Ditambah warna emasnya buat tambahan profil semakin di percaya pembeli, tapi akhir -akhir ini GM kurang mengena karena, kita biasa pasang topads, seharusnya bisa lauch di atas, tp kita kalah dengan Un GM, hanya dengan bid paling tinggi dengan review terbanyaklah yang nangkring di posisi atas. Algoritma yg diubah hanya untuk meningkatkan layanan, tidak dari aspek komersialisasi, tp ini bisa juga di akali dengan fake account buat review palsu, namanya sistem pasti ada celahnya, tp seenggaknya cara yg bisa meningkatkan kualitas layanan penjualan yg aman, dengan cara ini, sedikitnya mengurangi.

Karena saya lihat sendiri, banyak akun di Go Green isinya cuma Reseller Uneducated yg menurut ane, sangat merugikan platform itu sendiri. Reseller Uneducated banyak yg ngga tau produk yg dia jual itu apa, dan hanya mengharap margin, dan dia nyampah pasang di Orange, Pinky sama Go Green sendiri, malah seperti benalu jatuhnya seperti petilasan kosong, kecuali Reseller Educated, dia pintar menempatkan posisinya, meskipun reseller, dia beli dari Supplier dan dia jual dengan margin dan penguasaan produk sangat baik. Nyampah disini, jualan tapi ga ngerti produk apa yg dia jual, asal main dropship, ketika ada komplain cuma nyalahin supplier dan ketika itu putuslah sudah hubungan supplier dan reseller uneducated tadi. So far,,, ane jauhi reseller yg seperti ini, bisnis harus tetap jalan dan strategi bisnis itu penting.

3. Orange Juice, platform yang ga kenal kenal usia, mau anak, remaja, dewasa, ibu, bapak nongkrong disini. Iklannya yg gratis ongkir, bisa jadi sahabat terbaik berbisnis, selama ada program gratis ongkir, niat saya cuma 1, punya jangkauan banyak disini karena memang, calon buyer disini sama mix banget. Produk ane fashion disini, sengaja ane genjot sales, karena selama gratis ongkir, setidaknya ga ada halangan lagi orang buat belanja, dan beberapa faktor kebutuhan calon buyer. Karena setiap shipment, saya taruh branding atau selipin akun sosmed jualan ane. ketika ada pengalaman yg bagus dengan ane, mereka kebayakan follow, nah ini bisa jadi data customer yg baik buat kita nanti, karena ketika usaha pertama kali yg susah adalah mendapatkan customer pertama kalinya tersebut. Selanjutnya manaje after sales dengan customer kita, karena itu butuh kesabaran dan keuletan.

Fitur, banyak fiturnya (Diskon, Voucher, STarSel dsb). Saya bahas sedikit iklannya, biaya cenderung standar, tp frekuensi kunjungan sangat tinggi, tp kadang ga sebanding. Misal gini yg klik ada 100 x, tp sales cuma 1 transaksi, ini artinya 1/100 x 100 % = 1 %, konversinya sangat kecil, tp itu banyak faktornya, ane belum mau ulas. Tergantung produknya kadang bsa dpt konversi 5 - 7 %, secara matematika ini mudah banget ngitung peluangnya, misal pasang bid iklan 200 per klik, sehingga 200 x 100 klik = 20.000, kita anggep 100 klik/hari berarti kita bayar iklan 20.000/hari dengan asumsi terjelek 1 %, dan 1 % adalah 1 transaksi maka = 1 x (margin profit) - biaya iklan = net profit

Misal konversi 5 % dari 100 klik, 5 transaksi, Margin 20.000, maka = 5 x 20.000 - 20.000/biaya iklan = 100.000 - 20.000 = 80.000 ini nett profit kita yang hakiki.

KESIMPULAN : Dari 3 di atas, semua sama saja, yang namanya kita numpang pasti ada +- nya. Kalau ane pribadi buat jangkauan baru calon potensial yg akan ane jaring selanjutnya memasuki TAHAP MANDIRI, dengan PUNYA WEB SENDIRI, karena berbagai pengalaman udah kita dpt di 3 Platform di atas, akan tetapi jika belum ane masih KONSISTEN dg akun sosmed ane, karena Sosmed lah musuh utama 3 platform di atas, ga percaya ? Coba ente share link Sosmed ente heheehehe....entah ini sampai kapan, karena tahu sendiri, sosmed saat ini, merajut ke line bisnis yg organik dr mereka, advertising ya mirip seperti perusahaan media.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH




















Namanya numpang jualan pasti ada +-nya ya gan, memang best strategi, MP yg ada sekarang ini dijadikan ajang untuk memperluas bisnis utama kita. Sama seperti pendapat agan Alkatrans, sebisa mungkin kalau ngirim paket jangan cuma kosongan tapi bisa dikasih catatan di dalam paket entah itu link website, sosmed, whatsapp, dll tujuan tidak lain agar pembeli kita ingetnya nama toko kita bukan nama MP. Ke depannya akan semakin hemat untuk biaya iklan karena kita tidak perlu banyak mengeluarkan budget untuk ads lagi.

Jarang ada komen lengkap, detail, dan daging banget kaya gini. Cek kulkas gan emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh arie.id
1 0
1
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
24-07-2018 10:15
Balasan post Alkatrans0274
Quote:Original Posted By Alkatrans0274
Saya share pengalaman ane di 3 Marketplace, mungkin bisa bahan pertimbangan agan-agan disini ya :

JUST SHARING

1. Pinky, ini platform lokal yang sangat bagus buat genjot sales, terutama produk handmade. Fiturnya lengkap dan menurut saya paling adil kenapa ?
a. Biaya per klik tidak terlalu menentukan (istilahnya Promoted Push), hanya sangat relevan dengan kata pencarian di User Search.
b. Ada Fitur Push yang buat produk kita bisa nongol dari page buncit ke page atas, artinya apa ? Setiap kita push produk kita naik dan kesempatan view oleh calon buyer sangat tinggi. Dan semua produk bisa kita push secara bersamaan, cocok buat pproduk fashion. Otomasi fitur ini bareng sama review oenjualan yang sudah banyak, kemungkinan besar calon buyer hanya banyak melihat review dan ga terlalu pusing masalah harga, karena dengan produk sejenis selisih harga ga terlalu signifikan, calon buyer lebih aman dengan REVIEW PENJUALAN.
c, Fitur Bukaiklan, fitur ini hanya menjangkau potensial buyer di Google dan Social Media as Facebook. Biaya yg di keluarkan cukup mahal dengan Biaya per klik terlalu mahal. Angggaran disini lebih baik di arahkan pada biaya lainnya as Instagram ads, Google adsense, Adword etc.. Cause landing page dari ini adalah domain lapak ente yg di Marketplace, artinya riskan potensial buyer lari ke lapak pesaing.

TIPS : Buat sebuah blog tentang produk yg ente jual, di dalam blog bisa kita optimasi SEO nya, itu ada tips dan triknya. Tugasnya hanya ketika SEO Blognya udah jadi, tinggal kita pasang widget si pink di Blog kita, tujuan nya adalah pengunjung blog klik link kita unttuk masuk di di Pinky.

2. Go Green : Platform lokal juga dengan database jutaan user, ibarat mesin pencari uang jaman now. Kebanyakan customernya melek IT, cause Go Green sendiri hanya bisa transaksi dg akun yang terdaftar dan mungkin nanti hanya verified akun. Platform valuasi sangat tinggi, karena prosek Indo sangat berkembang, gua kulik fiturnya sekarang.

TopA : harga per klik lama kelamaan tidak rasional hanya untuk 1 produk untuk tampil di atas, misal TopA dengan kata kunci itu butuh 1.000/klik, nah kalau anda pasang margin profit per produk 5.000 s.d 10.000, jauhi ini, gunakan fitur TopA by produk, kasih bid antara 200 - 300 , taruh produk dengan review yg banyak, apabila belum ada review, minta bantuin temen, keluarga, sohib beli produk ente, kasih share ulasan bintang 5 nya, usaha butuh modal (ide dang Rp), disni tinggal tungggu dapat ikan yg model apa, seringkali ane dapat ikan paus dari sini, karena itu tadi, Go Green agak berbeda sesuai pasal 2 di atas.

GM : fitur premium yang menurut ane kadang penting kadang ngga, cuma prinsip ane gini, kalau ane numpang jualan, ane pasti komit core bisnis ane di Go Green, ane sendiri langganan GM tahunan, ibarat bantu platform tetap eksis, dan ibarat ane bayar hosting. Doi nantinya bisa cari pendapatan utama dr sini (harapannya ga d tendang aja ane), untungnya ada fitur statistik. Ini penting buat lihat potensial buyer dan hits produk yang sedang tren.Ditambah warna emasnya buat tambahan profil semakin di percaya pembeli, tapi akhir -akhir ini GM kurang mengena karena, kita biasa pasang topads, seharusnya bisa lauch di atas, tp kita kalah dengan Un GM, hanya dengan bid paling tinggi dengan review terbanyaklah yang nangkring di posisi atas. Algoritma yg diubah hanya untuk meningkatkan layanan, tidak dari aspek komersialisasi, tp ini bisa juga di akali dengan fake account buat review palsu, namanya sistem pasti ada celahnya, tp seenggaknya cara yg bisa meningkatkan kualitas layanan penjualan yg aman, dengan cara ini, sedikitnya mengurangi.

Karena saya lihat sendiri, banyak akun di Go Green isinya cuma Reseller Uneducated yg menurut ane, sangat merugikan platform itu sendiri. Reseller Uneducated banyak yg ngga tau produk yg dia jual itu apa, dan hanya mengharap margin, dan dia nyampah pasang di Orange, Pinky sama Go Green sendiri, malah seperti benalu jatuhnya seperti petilasan kosong, kecuali Reseller Educated, dia pintar menempatkan posisinya, meskipun reseller, dia beli dari Supplier dan dia jual dengan margin dan penguasaan produk sangat baik. Nyampah disini, jualan tapi ga ngerti produk apa yg dia jual, asal main dropship, ketika ada komplain cuma nyalahin supplier dan ketika itu putuslah sudah hubungan supplier dan reseller uneducated tadi. So far,,, ane jauhi reseller yg seperti ini, bisnis harus tetap jalan dan strategi bisnis itu penting.

3. Orange Juice, platform yang ga kenal kenal usia, mau anak, remaja, dewasa, ibu, bapak nongkrong disini. Iklannya yg gratis ongkir, bisa jadi sahabat terbaik berbisnis, selama ada program gratis ongkir, niat saya cuma 1, punya jangkauan banyak disini karena memang, calon buyer disini sama mix banget. Produk ane fashion disini, sengaja ane genjot sales, karena selama gratis ongkir, setidaknya ga ada halangan lagi orang buat belanja, dan beberapa faktor kebutuhan calon buyer. Karena setiap shipment, saya taruh branding atau selipin akun sosmed jualan ane. ketika ada pengalaman yg bagus dengan ane, mereka kebayakan follow, nah ini bisa jadi data customer yg baik buat kita nanti, karena ketika usaha pertama kali yg susah adalah mendapatkan customer pertama kalinya tersebut. Selanjutnya manaje after sales dengan customer kita, karena itu butuh kesabaran dan keuletan.

Fitur, banyak fiturnya (Diskon, Voucher, STarSel dsb). Saya bahas sedikit iklannya, biaya cenderung standar, tp frekuensi kunjungan sangat tinggi, tp kadang ga sebanding. Misal gini yg klik ada 100 x, tp sales cuma 1 transaksi, ini artinya 1/100 x 100 % = 1 %, konversinya sangat kecil, tp itu banyak faktornya, ane belum mau ulas. Tergantung produknya kadang bsa dpt konversi 5 - 7 %, secara matematika ini mudah banget ngitung peluangnya, misal pasang bid iklan 200 per klik, sehingga 200 x 100 klik = 20.000, kita anggep 100 klik/hari berarti kita bayar iklan 20.000/hari dengan asumsi terjelek 1 %, dan 1 % adalah 1 transaksi maka = 1 x (margin profit) - biaya iklan = net profit

Misal konversi 5 % dari 100 klik, 5 transaksi, Margin 20.000, maka = 5 x 20.000 - 20.000/biaya iklan = 100.000 - 20.000 = 80.000 ini nett profit kita yang hakiki.

KESIMPULAN : Dari 3 di atas, semua sama saja, yang namanya kita numpang pasti ada +- nya. Kalau ane pribadi buat jangkauan baru calon potensial yg akan ane jaring selanjutnya memasuki TAHAP MANDIRI, dengan PUNYA WEB SENDIRI, karena berbagai pengalaman udah kita dpt di 3 Platform di atas, akan tetapi jika belum ane masih KONSISTEN dg akun sosmed ane, karena Sosmed lah musuh utama 3 platform di atas, ga percaya ? Coba ente share link Sosmed ente heheehehe....entah ini sampai kapan, karena tahu sendiri, sosmed saat ini, merajut ke line bisnis yg organik dr mereka, advertising ya mirip seperti perusahaan media.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH




















Menurut agan, di toko ORANGE, kemungkinan besar terjadi fraud click tidak? Soalnya nilai konversi click ke sales terlalu kecil. Ane pernah pasang iklan di orange 200klik tapi sales =0. Dan jujur aja 200 klik itu dilakukan dari jam 24:00 sampai jam 10:00 pagi alias 10 jam saja. Makanya ane curiga ada fraud click. Lapor ke CS ga ada hasil juga.

Sebagai perbandingan, ane pasang di tokoijo nilai konversi sekitar 5-10% alias 1 sales per 10-20 klik.Kadang memang bisa lebih kecil dari 5%.
FB ads, juga kurang lebih sama nilai konversi sekitar 1-3% tp dengan nilai ppc yg lebih kecil dr tokoijo.
Tapi keuntungan FB ads, nambah follower di fanspage ane.

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
24-07-2018 17:10
Balasan post pemburupenipu88
Quote:Original Posted By pemburupenipu88


Menurut agan, di toko ORANGE, kemungkinan besar terjadi fraud click tidak? Soalnya nilai konversi click ke sales terlalu kecil. Ane pernah pasang iklan di orange 200klik tapi sales =0. Dan jujur aja 200 klik itu dilakukan dari jam 24:00 sampai jam 10:00 pagi alias 10 jam saja. Makanya ane curiga ada fraud click. Lapor ke CS ga ada hasil juga.

Sebagai perbandingan, ane pasang di tokoijo nilai konversi sekitar 5-10% alias 1 sales per 10-20 klik.Kadang memang bisa lebih kecil dari 5%.
FB ads, juga kurang lebih sama nilai konversi sekitar 1-3% tp dengan nilai ppc yg lebih kecil dr tokoijo.
Tapi keuntungan FB ads, nambah follower di fanspage ane.



Bisa jadi diklik sama kompetitor sendiri tuh buat ngurangin saingan.
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
24-07-2018 17:16
Balasan post arie.id
Quote:Original Posted By arie.id


Bisa jadi diklik sama kompetitor sendiri tuh buat ngurangin saingan.

Nah itu dia, seharusnya kalau membuat sistem ppc sudah seharusnya menerapkan fraud click detection. Contohnya google adwords dan fb ads.

TopA sendiri juga udah menerapkan fraud detection.

Kalau liat statistik klik orange sih jujur meragukan banget.
Karena kecewa ane apus produk ane di orange dan fokus ke ijo dan merah. Langsung borong GM buat setahunemoticon-Wakaka

Diubah oleh pemburupenipu88
0 0
0
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
24-07-2018 18:29
Balasan post arie.id
Quote:Original Posted By arie.id


Bisa jadi diklik sama kompetitor sendiri tuh buat ngurangin saingan.


emang beneran ada gan seller yang kayak gitu? duh... Tinggal pake bot bisa dapet ribuan fraud click kalau gitu.
Diubah oleh upboot
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[Diskusi] Semua Pedagang via e-commerce atau marketplace,ayo kita sharing di sini
24-07-2018 21:14
Balasan post upboot
Quote:Original Posted By pemburupenipu88

Nah itu dia, seharusnya kalau membuat sistem ppc sudah seharusnya menerapkan fraud click detection. Contohnya google adwords dan fb ads.

TopA sendiri juga udah menerapkan fraud detection.

Kalau liat statistik klik orange sih jujur meragukan banget.
Karena kecewa ane apus produk ane di orange dan fokus ke ijo dan merah. Langsung borong GM buat setahunemoticon-Wakaka



Quote:Original Posted By upboot


emang beneran ada gan seller yang kayak gitu? duh... Tinggal pake bot bisa dapet ribuan fraud click kalau gitu.


Kadang saya sendiri suka klik iklan kompetitor kok emoticon-Malu (S) tapi ngga sampai nyepam juga cuma supaya tau aja. Di ijo saya juga baru tau ternyata sudah ada fraud detection
2 0
2
Halaman 214 dari 342
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia