• Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Surat Terbuka Untuk Buyer Tokopedia Jocliedian Lilihata - WASPADA UNTUK SELLER LAIN

RevantineAvatar border
TS
Revantine
Surat Terbuka Untuk Buyer Tokopedia Jocliedian Lilihata - WASPADA UNTUK SELLER LAIN
Setelah sekian lama jadi silent reader di Surat Pembaca Kaskus, akhirnya saya buat juga.
Seumur - umur baru kali ini dapet buyer yang sulit  untuk diajak berkomunikasi dengan baik, sehingga terciptalah surat terbuka ini. Sebelumnya saya merupakan penjual aktif di Tokopedia, khusus untuk produk software antivirus.

  • 11 Mei 2018

Ada order masuk ke akun Tokopedia saya, untuk pembelian produk Norton Security Premium 2 PC 1 Tahun, sebagai catatan pembelian ini dilakukan langsung, tanpa konfirmasi stock ke saya terlebih dahulu. 
Spoiler for "Bukti tidak ada diskusi sebelumnya":


Seperti biasa, saya melakukan order ke supplier saya, namun info dari supplier server norton utk reseller sedang down. Hal ini saya sampaikan ke pembeli malam itu.
Spoiler for "Bukti Chat":

  • 12 Mei 2018

Pembeli kembali konfimasi ke saya menanyakan status pembeliannya, namun karena saya rasa sudah terlalu lama dan pihak supplier saat itu belum ada respon (hingga hari ini juga belum ada respon) saya memutuskan membatalkan pesanan pembeli, dengan harapan dana dapat kembali ke pembeli dan pembeli dapat mencari produk di tempat lain. Tidak lupa saya mengucapkan permohonan maaf ke pembeli.

Spoiler for "Bukti chat":


  • 14 Mei 2018

Saya dikagetkan dengan banyaknya spam pada diskusi calon pembeli saya. Semua diskusi di spam oleh pembeli ini dengan tulisan "penjual tidak profesional saya beli norton premium katanya ada, taunya langsung di alihkan ke seller lain secara sepihak dan saya harus menghadapi transaksi berbelit2" ke hampir lebih dari 100 diskusi dari berbagai calon pembeli di halaman toko saya. 
Hal ini sangat merugikan saya karena membuat calon pembeli lain was-was bertransaksi dengan saya. Sedangkan pembeli ini transaksinya sudah saya batalkan, dan menyatakan di pernyataanya bahwa "katanya ada" padahal pembeli tidak pernah menanyakan ketersediaan stock sama sekali sebelumnya. Mengenai transaksi yang dialihkan, itu adalah keputusan dari sistem tokopedia sendiri. Bukan keputusan saya selaku seller. Tindakan terakhir saya terhadap transaksi pembeli ini hanya " TOLAK PESANAN - STOCK HABIS"

Spoiler for "Pembatalan Transaksi":

Spoiler for "Spam Diskusi 1":

Spoiler for "Spam diksusi 2":

Spoiler for "Spam diskusi 3":

Spoiler for "Spam Diskusi 4":


Tidak lama saya chat pembeli, karena spamming tersebut berlangsung kurang lebih selama 10 menit, tidak ada respon. Kemudian saya call di reject dan akhirnya saya mencoba menghubungi melalui whatsapp


Spoiler for "Chat Whatsapp 1":


Tidak lama, saya mengirimkan screenshot harga ke dari website resminya melalui email, saya berikan 2 SCREENSHOT dari Website hasil paling atas pencarian di google dengan keyword "NORTON SECURITY PREMIUM"


Spoiler for "Screenshot yang saya attach, dan saya email ke pembeli":


Pembeli menjawab bahwa link yang saya berikan abal - abal dan semakin menjadi jadi. Menuduh saya mau ngerjain dan semacamnya. Ngatain saya bohong dan sebagainya. Saya sudah berusaha sopan di awal, tapi semakin disopanin semakin nyolot. Bisa dinilai bagaimana lucunya pembeli satu ini, TIDAK SAYA POTONG SEDIKITPUN

Spoiler for "Chat Tokopedia":


Surat terbuka ini saya buat dengan tujuan :
1. Memenuhi ucapan saya akan membuat surat terbuka untuk pembeli, sebagaimana surat ini juga ditunggu oleh pembeli.
2. Menunjukkan ke seller ecommerce lainnya bahwa ada tipikal buyer macam ini. Sudah berusaha sabar malah makin nyolot jawabnya emoticon-Big Grin

Kepada pembeli :
Saya tunggu respon anda, terima kasih.

Sekian dan terima kasih.

Best regards,
Revantine Store



Diubah oleh Revantine 14-05-2018 17:42
1
10.4K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.