Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
155
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b47f70bded7706a1d8b456a/14-fakta-tentang-aksara-jawa-yang-hilang-ditelan-zaman
Aksara ini digunakan di kalangan luas sekitar wilayah Jawa, Sumatra dan Bali. Aksara ini adalah sebuah pengembangan aksara "Pallawa" dari India Timur, yang mana dulu adalah termasuk wilayah Nusantara (kekuasaan Majapahit) pada abad-4 masehi.
Lapor Hansip
13-07-2018 07:49

14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman

Past Hot Thread
icon-verified-thread

14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
Quote:

Gatotkoco ilang gapite,
Wong Jowo ilang Jowone
Quotez dari seorang Lembu gantengz

[/CENTER]

Halo agan sista kembali lagi ke thread ane,LEMBU GANTENG'S THREAD HEHEHEHE emoticon-2 JempolCEKIBROOTZZZ



Quote:
Assalamualaikum Wr. Wb.
Well, penasaran yaah? langsung aja ceibrootz

katanya sih gini


bonusnya om


Quote:
Oke, sekian yaah gan, terima kasih. Dan semoga thread ini bermanfaat walaupun sebenarnya enggak bgt emoticon-Nohope

Jangan lupa ya gan : emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Sundul Up asal jangan emoticon-Blue Guy Bata (L)


sumber



Quote:Mampir sini om !
Serba-serbi ala MOHOSISWO
1.Mengapa MatKul PROGRAMMING Wajib untuk Mahasiswa Zaman Now??
2. Mahasiswa selain ngampus itu ngapain aja sih? Penasaran! Klik aja!\
3. Pengen Jadi DOSEN? Simak 7 Tips berikut!\

Sosial Modern
1. Kebiasaan Gila Netizen Zaman Now
2. Siapa bilang Anak ML dan Anak DOTA [E-SPORT] Ga punya Masa Depan?
3. MITOS ATAU FAKTA? Bahwa RAMALAN ZODIAK selalu BENAR!
4. 7 bahaya VIRALISME! Yang Bercita2 buat VIRAL????!!!! WASPADALAH, WASPADALAH!!!
5. Macem THREADER DI JAGAD KASKOES zaman NOW!!! NGAKAK bgt sumpah!
6. AWAS BAHAYA !!! ORANG TUA SEKARANG KUDU GETOL AWASI ANAKNYA!!!! Kalau tidak ???



Catatan Maiyah oleh om lembu Gantenkz
3. Gundul-gundul pacul, lagu anak kecil apa orang dewasa? #catatanMaiyah 3
4. Menguak MISTERI di balik lagu SEBELUM CAHAYA Noe Letto!#catatanMaiyah 4
6. Yang dikangeni pas 17an di Kasihan YogyakartaHadiningrat, #catatanMaiyah 6


Sosial Budaya Nusantara Jaya
1. Serba-serbi manfaat SARUNG yang jarang diketahui orang #MARITERTAWA
2. Zaman NOW, Apakah Lagu Tradisonal Mati? TIDAK !!!
3. Menata kembali makna kata 'ndesa'
4. GAMELAN ADALAH INSTRUMEN MUSIK UNIVERSAL! Ga percaya? Cekibroutz!!!
5. 5 Peristiwa BESAR di balik nama LEMBU yg MENGGUnCANG NUSANTARA!!!
6. 11 Fakta Slametan, BUDAYA JAWA PEMERSATU BANGSA
7. SEDIH BANGET!!! 14 FAKTA ttg AKSARA JAWA yang makin ditinggalkan AHLI WARISNYA

SFTH by om lembu Gantenkz |ORA JELAS|
1. Kisah Cinta Pagulnadi dan Dewi Anggraini (Part siji (1))[/FONT]
2. Lagi NgeGojek, eh Di ajak traveling ke MERAPI. Ya udah! #KASKUStravelstory[/FONT]

PotterMbu (Telaah Harry Potter Bareng Om lembu gantenkz)
1. 18 Fakta MENCENGANGKAN dibalik MISTERIUSnya Professor Albus Dumbledore !!!
2. The Story Of Gellert Grindelwald
3. Romantisme Pucatnya Kehidupan Ala Profesor SEVERUS SNAPE,
4. 11 Fakta Yang Mengundang Tangis dibalik Tragisnya kisah SEVERUS SNAPE
5. 12 Info ini bikin Lo DO , dan pindah ke Sekolah Sihir Hogwarts SEKARANG JUGA!!!
6. PERTANYAAN BESAR!!! Siapa Sebenarnya Adiknya Albus Dumbledore, Ariana?? Dia...
7. FAKTA GILAAAA!!!! Selain The Dark Lord, ALBUS DUMBLEDOREJUGA BIKIN HORCRUX ???!!!

From Jahilliyah to The light |hijrah|
1. 8 Manfaat Bertetangga dengan Rumah Gusti Alloh SWT

Biografi of My Hero
1. Fakta GILAAAA ttg SUJIWO TEJO, Bikin Bumi GONJANG-GANJENK dan AkHIRAT GEGER!!!!

I did not Beilive in Science, did I?
1.Kenapa Habis Angka 1 itu Angka 2? JENIUS ONLY yg LAEN MINGGER, HUS HUS !!!!
2.12 HIDDEN FACT TEORI RELATIVITAS EINSTEIN yg bikin OTAK LO KESLEO!!!

Pirates Oh Pirates
1.9 Fakta NGERI dan BERDARAH tentang DRACULA?

Naruto Is here
1.20 Fakta Ninja Legendaris Konoha, ITACHI UCHIHA! NO. 19 SEVERUS SNAPE






komen yang bermutu dan ditampung om lembu yang mana ganteng banget
om lembu gantenk pakek k

Diubah oleh lembuganteng
-1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 17:49
Mulus nomor 13 bree kok MPA.

Memang sulit membangkitkan minat belajar aksara jawa ya, ato aksara daerah lain, kalo emang tidak ada kebutuhan ato urgensi dalam penggunaannya. Coba kita nulis pake aksara jawa, koran, buku, semuanya wes pake aksara jawa buat yg di jawa, ya pasti semua bakal belajar karena ada urgensi buat baca.
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 17:50
susah emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) soalnya kan bacanya ha na ca ra ka pake baju kalo mau bacaan jadi beda , coba kalo per huruf kayak a b c gitu emoticon-Malu padahal bagus loh bentuk karakter tulisannya emoticon-Wowcantik
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 17:51
sejak 2000 saja cuma ada di mapel muatan lokal, skrg msh ada ga yah. Dulu pas SMP th. 2002an ane pulang sekolah kehujanan naik sepeda ontel ntr berteduh di rumah kuno, ada kakek2 yg pny rmh, trs beliau cerita, dulu pas sekolah beliau belajarnya pake aksara Hanacaraka trs bukunya pke sabak (papan kayu/Batu cmiiw), tp skrg udah cm buat formalitas aja
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 17:52
ane dulu punya tuh duit koinnya, tapi ngilang entah kemana
kalo baca aksara jawa dikit2 masih bisa. Tpi kadang jg susah banget kalo disuruh baca aksara jawa di arsip2
Kalo jaman ane kecil dulu bacanya panjebar semangat, tpi ane lupa itu ada yg pake aksara jawa enggak
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 17:58
Ane orang jawa. Menurut ane susah di jaman skrng buat ngembangin aksara jawa.. walau mngkn dijadikan mata pelajaran di bangku sekolah, setelah lulus pun anak yg memang hanya menghapalnya saja demi nilai pasti akan lupa.. beda dgn anak yg bnr2 memahami dan pandai menulisnya.. terlebih aksara sendiri sbnrnya cukup sulit.. harus tau ha na ca ra ka dan pasangannya lalu jika i u ng r itu ditambahnya bagaimana, dll.
Padahal dlu ane suka aja gitu liatnyaa soalnya rangkaian tulisan aksara itu diliat2 bagus juga gan bentuk2nya klo mnrt ane (ya walau ane wktu itu ga bisa bacanya) hahaha..
tapi ya mempelajarinya klo buat ane ya ane akui cukup sulit..
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:01
sedih brayemoticon-Turut Berduka
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:05
Di bali terutama di sekolah2 masih diajarkan kok baca tulis aksara

Cuma ya...karena jarang dipakai juga jd seiring waktu pasti jdi lupa2 ingat juga.

Ane pribadi juga udh lupa-lupa ingat emoticon-Ngakak
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:07
Mbiyen pas masih ning sekolah hapal mati tuh karo aksara jawa.

Tapi saiki wis lali soale ra tau diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari.
emoticon-Cape d...
Diubah oleh bam09
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:09
aku wibu tapi aku iso nulis aksara jawa gan
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:12
Balasan post alvi7272
Bukannya cerita Aji Saka itu gan?
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:13
Quote:Original Posted By lembuganteng

14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman



Halo agan sista kembali lagi ke thread ane,LEMBU GANTENG'S THREAD HEHEHEHE emoticon-2 JempolCEKIBROOTZZZ




katanya sih gini


bonusnya om



Jangan lupa ya gan : emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Sundul Up asal jangan emoticon-Blue Guy Bata (L)


sumber





komen yang bermutu dan ditampung om lembu yang mana ganteng banget
om lembu gantenk pakek k


poin 1>>>Aksara ini adalah sebuah pengembangan aksara "Pallawa" dari India Timur, yang mana dulu adalah termasuk wilayah Nusantara (kekuasaan Majapahit) pada abad-4 masehi.

sejak kpn majapahit ada di abad ke 4M?
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:14
Wajar lah gan, lbh keren dan lbh menghasilkan bisa menulis aksara cino, koreo, karo jepun..timbangane aksara jowo utowo honocoroco / kawi.

sama dengan kurikulum di sekolah, pelajaran bahasa daerah cuma 2 jam dlm seminggu. sekolah lbh mengejar esakta tapi menciptakan generasi "tuna budaya" bangsanya sendiri..
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:19
bukan cuma aksaranya aja yg mulai ditinggalkn, tp nama khas (jawa & lainnya) utk anak2 zaman now jg mulai ditinggalkn sama si ortu masa kini
Diubah oleh D.Baronz
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:22
Itulah kenapa perlu ditanamkan rasa cinta kepada kebudayaan sendiri pada generasi muda(dalam hal ini konteks basa jawa, karena dalam area saya), karena bahasa dan aksara sejatinya berbanding lurus dengan kondisi anak mudanya, sekarang coba lihat bagaimana kelakuan anak muda yang katanya masih wong Jawa? Oleh karena itu bagi agan aganwati yang peduli dengan basa jawa dan kebetulan mampir di trit ini, ayo dengan usaha sekecil apapun(misalnya mengajak adik kecilnya untuk berbahasa jawa, jangan minder menggunakan basa jawa pada sesama pengguna basa jawa dll) lakukanlah! Niscaya ada harapan untuk bahasa ini tetap lestari.
Saya ingatkankan bahwa jangan menganggap materi Bahasa di instansi pendidikan kita sebagai mata pelajaran, namun anggaplah bahwa bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa, dan bahasa daerah(dalam hal ini, basa jawa) sebagai jati diri kita.
Mekaten ingkang saget kula aturaken, kirang langkungipun nyuwun pangapunyen.
Nuwun.
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:24
wong jowo wes ilang jawane
ane sbgai orang solo,prihatin emoticon-Turut Berduka
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:42
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:54
hmmmm ane baru tau tuh gan, kayanya aksara sunda juga, faktanya banyak
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:56
Wah malah di luar dipelajari, dimari udah mulai ilang ...
Aku ae wis lali karo aksoro jowo ... heuheuheuheu ...
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:56


Quote:Original Posted By matthysse67
masalae sing neng hp enek'e gur hurup latin peninggalane Londho cak !


Kagak ngerti
0 0
0
14 Fakta Tentang Aksara Jawa Yang Hilang Ditelan Zaman
20-07-2018 18:58
kaligrafi aksara jawa juga josss gan, bagus banget
0 0
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia