raiahAvatar border
TS
raiah
Mengenal Api Abadi Mrapen di Obor Asian Games 2018

Foto:kompas.com


Untuk yang mengikuti berita seputar perkembangan Asian Games 2018 pasti tahu kalau Rabu, 18 Juli 2018 kemarin menjadi momen di mana Api Obor Asian Games resmi sampai di Indonesia. Ya Gan! Api yang digunakan pada obor Asian Games nanti memang bukanlah sembarang api.

Api tersebut berasal dari api abadi yang dibawa langsung dari lokasi tuan rumah Asian Games pertama, yakni India tepatnya di Stadion Nasional Dhyan Chand di New Delhi. Api ini kemudian dibawa menggunakan sebuah lentera yang selalu dijaga agar tetap menyala yang dibawa dalam pesawat ke Yogyakarta untuk kemudian digabungkan dengan api abadi yang diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, dalam prosesi penyatuan api yang akan diadakan di Candi Prambanan sebelum akhirnya dibawa berkeliling dalam parade obor Asian Games di 51 tempat di seluruh Indonesia.

Tapi apa sih sebenarnya api abadi Mrapen?

Api abadi Mrapen pada dasarnya adalah fenomena di mana gas alam keluar dari dalam perut bumi hingga muncul api yang tidak pernah padam.

Itu merupakan penjelasan ilmiah secara sederhananya Gan. Namun menurut mitos yang beredar lain cerita asal muasalnya Gan.

Dilansir dalam Intisari Online,menurut mitos yang beredar di masyarakat, api abadi Mrapen sendiri sebetulnya sudah ada sejak 1500 Masehi, di kala Kerajaan Majapahit berhasil ditaklukan oleh Demak Bintoro. Saat itu Kesultanan Demak tengah memindahkan Pendopo Kerajaan Majapahit untuk membangun Masjid Agung Demak. Proses pemindahan ini pun dipimpin langsung oleh Sunan Kalijaga. Saat tiba di Grobogan, Sunan Kalijaga serta prajuritnya saat itu merasa haus namun tidak menemukan adanya sumber mata air di daerah tersebut

Ia pun menancapkan tongkatnya ke tanah, namun bukannya air yang menyembur malahan api yang keluar dari lubang bekas tongkatnya. Itu lah yang kemudian menjadi titik awal munculnya sumber api abadi Mrapen yang tetap menyala dalam cuaca apa pun hingga sekarang.



Baru saat kedua kalinya menancapkan tongkat ke tanah, semburan air kemudian muncul dan dimanfaatkan oleh rombongan Sunan Kalijaga untuk minum. Tempat ini kemudian menjadi sumber mata air yang diberi nama Sendang Dudo. Letaknya tak jauh dari api abadi Mrapen dan berukuran diameter tiga meter dan kedalaman dua meter.

Kini api abadi Mrapen sendiri sudah dikenal banyak orang sebagai objek wisata. Selain itu, apinya telah banyak digunakan sebagai sumber api abadi untuk berbagai event besarmulai untuk obor event nasional maupun internasional seperti pesta olahraga internasional Ganefo (1 November 1963), PON XVI (23 Agustus 1996), PON X (1981), POR PWI (1983), Haornas, sampai untuk obor upacara Waisak umat Buddha.

Torch relay Asian Games 2018



Foto: nusantaranews.co


Untuk yang ingin melihat langsung api abadi dari India dan Mrapen di obor Asian Games tenang aja Gan. Obor Asian Games 2018 akan diarak ke berbagai kota dan kabupaten di Indonesia.
Berikut jadwal lengkap rute yang akan dilewati Obor Asian Games 2018 seperti yang dilansir dalamKompas.com:

Quote:


Semoga bisa kesampaian lihat pawai obornya langsung di daerah masing-masing ya Gan!

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia "iloveindonesia
Diubah oleh raiah 18-07-2018 10:31
0
12K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.