• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 17 Rekor Box Office yang Berhasil Dipecahkan Film Avengers: Infinity War (2018)

theoneta
TS
theoneta
17 Rekor Box Office yang Berhasil Dipecahkan Film Avengers: Infinity War (2018)







Film Avengers: Infinity Warmungkin sudah selesai tayang di semua bioskop seluruh dunia. Namun, Avengers 3 sejauh ini sudah menjadi film yang mampu memecahkan berbagai rekor box office dan jumlah yang dicapai tidak sedikit setelah tayang 3 bulan lalu. Film yang berhasil menyatukan superhero Marvel ini disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo sedangkan untuk naskah cerita ditulis oleh Christopher Markus dan Stephen McFeely. Meskipun pada awalnya sang sutradara berniat memecah film Avengers: Infinity War ini menjadi Part 1 dan Part 2 namun pada akhirnya justru merubahnya dengan judul film yang berbeda antara seri ketiga dengan keempat. Film Avengers: Infinity War berhasil menyatukan hampir semua karakter utama dari Superhero Bumi hingga Penjaga Galaxy yang juga diikutsertakan melawan musuh kuat bernama Thanos. Avengers: Infinity War yang rilis akhir bulan April lalu mencatatkan beberapa rekor baik dari segi box office domestik hingga pendapatan global.








1. Mengalahkan Rekor Pre Sale Ticket Film Black Panther




Film Avengers: Infinity War jauh-jauh hari sebelum tayang sudah mempersiapkan penjualan tiket lebih awal. Sebelumnya film Black Panther yang disutradarai oleh Ryan Coogler menyediakan penjualan tiket lebih awal hingga sempat menjadi pemegang rekor film Marvel dengan penjualan tiket presale terbanyak seperti yang dikabarkan oleh Fandango. Rekor yang dipegang oleh film Black Panther tersebut akhirnya tumbang di tangan film yang sama-sama satu rumah produksi Marvel lainnya apalagi kalau bukan Avengers: Infinity War. Pihak AMC mengabarkan bahwa tiket pre sale Infinity War berhasil melampaui Film Avengers: Age of Ultron arahan sutradara Joss Whedon sebanyak lebih dari 1.000% dan lebih 250% dari Film Black Panther.






2. Film MCU dengan Pre Sale Ticket Terlaris di Hari Kamis




Film Avengers: Infinity War selain memecahkan semua rekor tiket pre sale kali ini juga berhasil mencatatkan rekor penjualan tiket pre sale di hari Kamis malam untuk film MCU. Avengers 3 mengumpulkan sebanyak $ 39 juta pada hari Kamis, 26 April 2018. Nominal pendapatan sebanyak itu berhasil menempatkan film Avengers: Infinity War melampaui rekor film Avengers: Age of Ultron yang mencapai $ 27.6 juta pada tahun 2015. Film berikutnya yang diprediksi mampu memecahkan rekor tersebut adalah Avengers 4 yang akan tayang tahun depan.






3. Pendapatan Kotor Tertinggi di Hari Sabtu



Avengers: Infinity War menjadi film terlaris sepanjang masa yang tayang pada hari Sabtu. Film Avengers: Infinity War meraup sebanyak $ 82,1 juta pada hari Sabtu, 28 April 2018, maka secara teknis merupakan hari kedua perilisan resmi di Amerika Serikat. Nominal yang diperoleh itu secara signifikan lebih tinggi dari beberapa pesaingnya seperti; film Jurassic World (2015) sebesar $ 69.64 juta, The Avengers ($ 69.57 juta), Star Wars: The Force Awakens ($ 68.29 juta), dan Black Panther ($ 65.99 juta). Perolehan yang tinggi tersebut, membuat Infinity War unggul jauh dari para pesaingnya dan berada di posisi puncak perolehan pendapatan Kotor di Hari Sabtu.






4. Rekor Pendapatan Kotor Tertinggi di Hari Minggu



Film Avengers: Infinity War mempertahankan rekor keunggulannya di akhir pekan perdana setelah perilisannya dengan menduduki posisi puncak pada hari Minggu, 29 April 2018. Infinity War meraup $ 69.23 juta dan dengan jumlah ini, Film Star Wars: The Force Awakens tergeser dari posisi puncak karena meraup $ 60.55 juta. Dengan perolehan ini, Infinity War memegang rekor untuk pendapatan box office domestik tertinggi di hari Minggu.







5. Sukses Besar Secara Domestik di Pekan Perdana Penayangannya



Hanya sedikit film yang mampu sukses besar meraup keuntungan lebih dari 200 juta dollar AS pada pekan perdananya di Amerika Utara. Seperti Star Wars: The Force Awakens, Star Wars: The Last Jedi, Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, dan Avengers: Age of Ultron. Bersumber dari Hollywood Reporter, Avengers: Infinity War berhasil meraup pendapatan sebesar 250 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,46 triliun. Pencapaian tersebut membuat Avengers mengalahkan Star Wars: Force Awakens yang meraih 248 juta dollar AS pada pekan pertama penayangannya di Amerika Utara.






6. Rekor Pendapatan Pekan Pertama Tertinggi di Seluruh Dunia



Avengers: Infinity War tidak hanya mencatat rekor pendapatan akhir pekan domestik tetapi juga memecahkan rekor untuk pendapatan box office akhir pekan terlaris di seluruh dunia. Dari perilisan global pada hari Rabu, 25 April 2018 hingga Minggu, 29 April 2018, Infinity War meraup $ 640,5 juta berdasarkan perilisan sebagian besar pasar internasional. Angka itu mendekati $ 100 juta lebih tinggi dari pendapatan pekan perdana film The Fate of the Furious yang meraup sekitar $ 541,9 juta. Infinity War bisa saja meraup lebih tinggi karena perilisan filmnya di China baru akan dibuka tanggal 11 Mei 2018.






7. Pendapatan Tertinggi di Hari Senin untuk Bulan April



Setelah memecahkan rekor pembukaan akhir pekan domestik dan dunia, Avengers: Infinity War memecahkan rekor untuk pendapatan Hari Senin khususnya di bulan April. Kebanyakan film blockbuster memajukan jadwal rilisnya sehingga film menjadi tayang lebih awal maka tidak heran ada peningkatan persaingan di bulan April. Berhasil mengumpulkan $ 25.2 juta pada hari Senin, 30 April 2018, Infinity War melampaui Film Furious 7 yang rilis 3 tahun lalu dengan rekor perolehan sebanyak $ 14 juta.






8. Film MCU dengan Rekor Pendapatan Tertinggi di Hari Selasa



Avengers: Infinity War mencetak pendapatan besar di Hari Selasa sebagai film Marvel Cinematic Universe terlaris dengan meraup $ 23,42 juta, 1 Mei 2018. Rekor ini sebelumnya dipecahkan oleh Film Black Panther ketika meraup $ 20,85 juta. Namun, Infinity War masih berada di urutan ketujuh bila dibandingkan dengan film di luar MCU. Tempat pertama untuk pendapatan hari Selasa terlaris masih diduduki oleh Film Star Wars: The Force Awakens tetap dengan perolehan $ 37.36 juta. The Amazing Spider-Man berada di tempat kedua dengan perolehan $ 35 juta, sebagian besar disebabkan karena film The Amazing Spider-Man dirilis lebih awal untuk mengisi libur akhir pekan pada tanggal 4 Juli 2012. Disusul dengan film Transformers ($ 27.8 juta), Star Wars: The Last Jedi ($ 27.7 juta), dan Jurassic World ($ 24,3 juta) masing-masing di posisi keempat, kelima, dan enam.






9. Pendapatan Domestik 300 Juta Dolar AS Tercepat



Film Avengers: Infinity War ternyata melebihi ekspektasi untuk box office domestik, dan terbukti hanya dengan bersaing ketat dengan Film Star Wars: The Force Awakens untuk posisi pertama dengan pendapatan tercepat sebesar $ 300 juta di dalam negeri. Infinity War meraup $ 300 juta hanya dalam waktu lima hari, menyamai rekor The Force Awakens yang rilis tahun 2015. Namun, mengingat The Force Awakens menghasilkan $ 325 juta dalam lima hari dan Infinity War menghasilkan $ 305 juta, film Avengers: Infinity War secara teknis sebenarnya masih berada di urutan kedua namun untuk rekor data terbaru tahun 2018, film Avengers: Infinity War berada di urutan teratas sementara ini.






10. Film MCU dengan Pendapatan Tertinggi di Hari Rabu



Avengers: Infinity War mengumpulkan sebesar $ 16.7 juta pendapatan box office domestik pada hari Rabu, 2 Mei 2018, sehingga menjadi pemuncak pendapatan film Marvel Studios yang diperoleh di Hari Rabu pertama penayangannya. Film Black Panther sebelumnya memegang rekor dengan pendapatan $ 14.68 juta, tetapi Infinity War berhasil melewatinya. Menariknya, pendapatan $ 16,7 juta, merupakan jumlah yang substansial, ternyata masih jauh lebih rendah daripada film-film blockbuster lainnya. Secara keseluruhan, pendapatan kotor tersebut menempatkan Avengers 3 di posisi ke-34, tepat di bawah Star Wars: The Last Jedi dengan perolehan $ 16,8 juta dan berada di atas film Avatar yang meraup sebesar $ 16,4 juta.






11. Rekor Waktu Tercepat dengan Pendapatan Mencapai 1 Miliar Dolar



Avengers: Infinity War berhasil mencapai box office dengan jumlah $ 1 miliar di seluruh dunia, tidak diragukan memang karena film ini merupakan yang paling ditunggu tahun ini. Namun, seberapa cepat Avengers 3 melewati pencapaian 1 Miliar dolar adalah cerita yang berbeda. Fakta bahwa Infinity War menjangkau perilisan global terbanyak kedua di Ameri Serikat dalam sejarah film saat dirilis lebih dari 50 pasar sekaligus (sesuatu yang belum pernah dilakukan film-film MCU sebelumnya), Avengers 3 berhasil mencapai angka $ 1 miliar hanya dalam 11 hari! Kurang dari 1 hari bila dibandingkan film Star Wars: The Force Awakens, yang baru berhasil menembus $ 1 miliar secara global dalam waktu 12 hari saat dirilis bulan Desember 2015. Rekor ini diperkirakan akan tumbang oleh Avengers 4 yang baru akan tayang tahun depan.







12. Rekor Pendapatan Tertinggi di Hari Pertama Penayangannya di Rusia



Film Marvel selalu berhasil secara internasional dan terbukti ketika film Avengers: Infinity War memecahkan rekor hari perilisan perdana filmnya di Rusia saat tayang hari Kamis, 3 Mei 2018. Avengers 3 meraup $ 4,9 juta dalam satu hari, sehingga menetapkan rekor baru untuk negara tersebut dimana Rusia juga menjadi pasar film terbesar ke-12 di dunia. Diperkirakan Avengers 3 akan menghasilkan setidaknya $ 25 juta sampai akhir pekan.








13. Film MCU dengan Pendapatan Kotor Tertinggi di Minggu Kedua



Film-film blockbustercenderung memperoleh pendapatan yang besar di pekan perdana penayangannya namun untuk pekan kedua mengalami penurunan lebih cepat, hanya film-film terbaik yang mampu bertahan selama berminggu-minggu. Avengers: Infinity War adalah salah satu contohnya, tidak hanya memecahkan rekor pendapatan tertinggi sepanjang masa di pekan perdananya tetapi juga menjadi film Marvel Cinematic Universe dengan pendapatan tertinggi di pekan kedua penayangannya. Avengers 3 meraup sekitar $ 112,4 juta di dalam negeri hingga pekan kedua, sehingga perbedaan tipis nominal yang diperoleh mampu menyalip rekor yang sebelumnya diraih Film Black Panther dengan total pendapatan $ 111,6 juta. Menariknya, Infinity War mengalami penurunan relatif lumayan, sebesar 56,4% antara akhir pekan pertama dan kedua sedangkan Black Panther hanya mengalami penurunan 44,7%. Sebagai informasi tambahan, Film Star Wars: The Force Awakens masih memegang rekor dengan pendapatan tertinggi di pekan kedua dengan perolehan $ 149.2 juta.







14. Rekor Penjualan Pre Sale Ticket Tertinggi di China



Avengers: Infinity War mungkin rilis disebagian besar Negara-Negara tertentu pada tanggal 27 April, tetapi tanggal rilis China masih harus menunggu hingga tanggal 11 Mei 2018. Menerapkan penjualan tiket sebelum hari penayangannya, tanpa diduga Infinity War memecahkan rekor penjualan tiket pre sale di China. Avengers 3 mengumpulkan $ 47,5 juta per tanggal 9 Mei 2018, sehingga melampaui pemegang rekor sebelumnya, Monster Hunt 2, yang meraup pendapatan $ 47 juta awal tahun 2018. Tidak hanya itu, Infinity War berhasil melewati rekor Film The Fate of the Furious (2017) yang mengumpulkan $ 25 juta untuk kategori film Hollywood terlaris dimana penjualan tiket diberlakukan sebelum film tersebut tayang pada tanggal yang telah ditentukan.








15. Rekor Pendapatan Tertinggi untuk Hari Pertama Penayangannya di China



Avengers: Infinity War tidak diragukan lagi bertahan di puncak box office China. Melanjutkan rekor pre sale ticket di negara tersebut, Infinity War meraih ¥ 451 juta pada hari Jumat (termasuk penayangan premiere Kamis malam), dengan perhitungan kasar mendapatkan lebih dari $ 71,3 juta. Nominal itu adalah terbesar ketiga untuk perilisan perdana sebuah film di China, sebelumnya sudah ada Film The Fate of the Furious yang meraup ¥ 480 juta dan Monster Hunt 2 ¥ 547 juta seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Meskipun Avengers 3 memperoleh kurang dari jumlah pendapatan Film Furious 8, tentu saja pendapatannya akan terus bertambah ketika kurs berubah ke satuan dolar AS. Jadi, Avengers 3 akhirnya mendapatkan sekitar $ 6 juta lebih banyak daripada film Fast & Furious 8 yang rilis tahun lalu. Terlepas dari itu, jelas bahwa film terbaru Marvel ini kokoh di posisi teratas box office China.










HOT THREAD #47





Diubah oleh theoneta 21-07-2018 02:25
linusasurjaleesa331abram945
abram945 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
215.3K
283
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.8KThread17.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.