BeritagarID
TS
MOD
BeritagarID
Miliuner India geser Jack Ma jadi orang terkaya Asia

Mukesh Ambani, presiden direktur dan pendiri Reliance Industries Ltd. saat menjadi pembicara di sebuah acara di New Delhi, India 2017.
Seorang pengusaha asal India, Mukesh Ambani, mengambil alih kedudukan pendiri Alibaba Group, Jack Ma, dari daftar orang terkaya di Asia.

Menurut Bloomberg's Billionaires Index, per Jumat (13/7/2018) kekayaan Ambani meningkat 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) menjadi 44,3 miliar dolar (Rp637,03 triliun), mengalahkan kekayaan Jack Ma yang "hanya" mencapai 44 miliar dolar.

Pendapatan Alibaba Group berkurang sebesar 1,4 juta miliar dolar AS pada 2018. Hal ini dinilai berpengaruh terhadap turunnya harta kekayaan Jack Ma.

Pada tahun 2017, Ambani berada di posisi ketiga orang terkaya di Asiadi bawah Jack Ma dan Pony Ma Huateng, pendiri dan CEO Tencent yang menempati peringkat kedua.

Kini Ambani menjadi orang terkaya di Asia setelah perusahaannya, Reliance Industries Ltd menguasai dunia petrokimia di India.

Ia mampu mencetak keuntungan tahunan hingga 62 miliar dolar dari bidang energi, petrokimia, tekstil, sumber daya alam hingga telekomunikasi. Pria 61 tahun ini kini didapuk sebagai miliarder terkaya di India.

Disadur dari Times of India, Kenaikan harga minyak dunia beberapa waktu terakhir diduga membawa pengaruh positif terhadap keuntungan yang diterima oleh Reliance.

Pada Jumat (13/7), harga saham Reliance Industries naik 1,6 persen ke rekor tertingginya sebesar 1.099,8 rupee (Rp230.888) per saham. Alhasil, menurut Bloomberg, kenaikan valuasi saham tersebut menambah kekayaan Ambani hingga 300 juta dolar.

Kekayaan Ambani juga bertambah hingga 4 miliar dolar tahun ini setelah Reliance meningkatkan kapasitas produksi pabrik petrokimianya, ditambah keberhasilan usaha telekomunikasinya, Reliance Jio Infocomm Ltd, dalam menguasai bisnis e-commerce di India.

Pada awal bulan ini, perusahaan milik Ambani itu mengumumkan rencana untuk memperluas jangkauan pelanggannya dan bekerja sama dengan Amazon serta Walmart Inc.

"Kita perlu memperluas cakrawala harapan kita terhadap Reliance," kata analis dari India, Nitin Tiwari, dikutip Bloomberg, Jumat (13/7). "Mereka tengah melakukan sesuatu yang transformasional."

Pada pertemuan tahunan pemegang saham bulan ini, Ambani mengatakan perusahannya melihat peluang pertumbuhan terbesarnya dalam menciptakan platform perdagangan daring baru.

"Ukuran Reliance akan bertambah lebih dari dua kali lipat pada 2025," kata Ambani pada pertemuan tersebut.

Ambani lahir tanggal 19 April 1957 di Aden, Yaman. Dia memiliki dua saudara perempuan, Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari serta satu adik laki-laki, Anil Ambani. Ayahnya, Dhirubhai Ambani tadinya bekerja di sebuah perusahaan di Yaman sebelum akhirnya pindah ke Mumbai tahun 1958.

Sang Ayah membangun bisnis di bidang jual beli rempah-rempah. Kemudian, Dhirubhai beralih ke bisnis tekstil yang tumbuh menjadi bisnis yang sukses dan besar.

Ambani bersekolah di Hill Grange High School, Mumbai bersama adiknya. Ia lalu berkuliah di Institute Of Chemical Technology, Matunga, dan mendapat gelar sarjana di jurusan Teknik Kimia.

Setelah itu, ia kuliah di Standford University dan mendapat gelar Masters in Business Administration (MBA). Lulus kuliah S2, Ambani membantu ayahnya mengembangkan Reliance Industries.

Tahun 1981, Ambani resmi bergabung di Reliance Industries dengan ayahnya. Ia bergabung sebagai penggagas integrasi dari tekstil ke serat polyester hingga kemudian ke hasil olahan minyak bumi. Di tangannya, perusahaan banyak mengalami kemajuan.

Hingga pada tahun 2002, ayahnya meninggal dunia. Perusahaan pun diwariskan pada Ambani dan adiknya, Anil Ambani. Saat menjabat sebagai pemimpin, ia membuat perusahaan berkembang pesat. Reliance Industries pun ikut bergerak di sektor gas dan pertambangan.

Dalam struktur manajemen Reliance, Ambani berperan sebagai presiden direktur serta direktur pelaksana. Ambani beserta keluarga kini mengontrol setidaknya lebih dari 43 persen saham di perusahaan tersebut.

Dia juga menerima dividen dan gaji sebagai direktur, serta memiliki saham di Reliance Industrial Infrastructure Ltd. dan memegang beberapa investasi swasta yang berharga, termasuk infrastruktur pipa gas.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...g-terkaya-asia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 3 Terduga teroris tewas di Yogya, 4 ditangkap di Indramayu

- Anggota DPR dan pengusaha terseret suap proyek listrik di Riau

- Yogyakarta provinsi dengan kualitas pemuda terbaik

anasabilatien212700rony25
rony25 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
13.7K
78
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.id
icon
13.4KThread723Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.