dewaagniAvatar border
TS
dewaagni
Batu Nisan Raksasa Disorot Bakorpakem, Ini Kata MUI Probolinggo
Batu Nisan Raksasa Disorot Bakorpakem, Ini Kata MUI Probolinggo

07/07/2018 - 12:17 | Views: 33.29k



Dua batu nisan raksasa dengan tinggi 10 meter yang menuai protes warga yang dibuat Nur Bintaos.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)



TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Patung raksasa dengan tinggi 10 meter yang dibangun menyerupai batu nisan oleh Nur Slamet (Bintaos) di Desa Ganting wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, kini tengah disorot Badan Koodinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) Kabupaten setempat.

Batu nisan yang tengah heboh dan menuai protes dari kalangan masyarakat setempat itu, dan wargapun meminta pemerintah harus turun tangan untuk membuyarkan patung batu nisan itu.



Bakorpakem Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, saat menggelar rapat koordinasi internal membahas batu nisan raksasa milik Bintaos.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

“Beberapa hari lalu kami telah menggelar rapat koordinasi internal Bakorpakem, tak lain membahas soal Nur Slamet alias Bintaos (nama kondangnya), yang telah membuat patung batu nisan raksasa itu. Dan kedepan kami berencana akan mengundang Bintaos, agar menjelaskan apa maksud dan tujuannya itu,” kata M Yasin, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, Sabtu (7/7/2018).

Yasin mengatakan, sejauh ini belum ada laporan langsung dari masyarakat terkait bangunan batu nisan berukuran besar itu. Namun, tokoh masyarakat sempat menyampaikan pada MUI untuk ditindaklanjuti.

“Kami MUI hanya melakukan antisipasi saja, yang informasinya jtelah meresahkan warga setempat di sekitar lokasi batu nisam raksasa itu. Dari informasi dan apa yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat, kami langsung merespon dan menggelar rakor internal Bakorpakem,” sebutnya.

Yasin mengungkapkan, rencananya pada 12 Juli 2018 nanti, Bakorpakem berencana mengundang yang bersangkutan (Bintaos) untuk dimintai klarifikasi, aga dia memastikan alasan dan tujuannya itu. Karena dikhawatirkan membuat masyarakat resah atas semua itu.

Perlu diketahui, pada 2013 lalu, Nur Bintaos pernah membuat sebuah patung dewi padi setinggi 12 meter di lahan yang sama. Kemudian oleh Pemkab setempat dibongkar karena juga menuai protes kala itu. Saat ini Bintaos mengulanginya kembali dengan membangun patung yang berbeda.

“Dari data yang kami terima, patung batu nisan raksasa itu berukuran besar dengan tinggi 10 meter, itu sudah diluar logika, apa sebenarnya tujuan membangun patung sebesar itu,” tutup Yasin, kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id).(*)

https://m.timesindonesia.co.id/read/...bolinggo/#!-_-

Emangnya ada masalah dengan batu nisan tersebut
0
3.7K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.