• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • #SundulDunia Setuju Nggak Kalau Jepang Itu Punya Best Supporter in the World?

fancewAvatar border
TS
fancew
#SundulDunia Setuju Nggak Kalau Jepang Itu Punya Best Supporter in the World?


Pada ngeh nggak gan kalo di kalangan netijen Indonesia lagi pada ngeributin soal sampah? Berawal dari post foto di Instagram salah satu bioskop, yakni membantu para petugas kebersihan dengan membuang sampah bekas makanan/minuman kita setelah nonton ke tempat sampah di luar bioskop, justru menimbulkan pro kontra di kalangan netijen.

Tapi kalo di sini masih ngeributin ada orang yang nggak rela buang sampah bekas makannya sendiri di bioskop karena ngerasa udah bayar makan dan nonton jadi harusnya dibersihin petugas kebersihan, justru beda jauh dengan para fans/supporter timnas Jepang di Piala Dunia.


Foto: Liputan6.com

Belum lama ini timnas Jepang harus pulang kampung karena dikalahkan Belgia. Meski belum bisa membawa pulang trofi Piala Dunia ke kampung halaman, tapi dengan adanya Jepang kita jadi tau budaya mereka yang terus mereka laksanakan meski bukan di Jepang, salah satunya adalah terus menjaga kebersihan.










Foto: The Sun

Salah satunya tercermin dari supporternya yang terkenal rajin membersihkan sampah di tribun setelah pertandingan berakhir. Mau menang atau pun kalah, mereka tetap bersihin tempat yang mereka gunakan itu. Sebenernya, menurut orang Jepang bersihin sampah itu ya biasa aja, emang hal yang selalu mereka lakukan. Tapi karena hal ini terlihat beda daripada negara lainnya, makanya jadi kelihatan keren banget.



Bukan hanya para supporter, para pemain timnas Jepang pun nggak mau kalah. Setelah dikalahkan Belgia meski sempat memimpin 2 gol lebih dulu, mereka tetap harus pulang kampung. Nggak lupa dengan membersihkan ruang ganti pemain sama kayak posisi awal ruangan sebelum digunakan dan meninggalkan notes berbahasa Rusia yang berarti terima kasih.

Meski harus kalah dari Belgia, tapi timnas maupun supporter Jepang membuktikan kalau mereka kalah dengan terhormat. Mereka berjuang mati-matian di atas lapangan hijau meski belum mendapat hasil yang mereka harapkan.


Foto: Twitter.com/@tsunsan

“Colombia’s supporters were wonderful. So many people told us ‘Congratulations.’ They even used our blue trash bags and picked up trash together with us.

Would we Japanese fans have been this considerate if the game’s outcome had been reversed? The world of soccer is a deep one.”


Sebelumnya, Jepang meraih kemenangan dari Kolombia dengan skor 2-1. Setelah pertandingan, seperti biasa para supporter Jepang membawa kantong plastik biru mereka dan memunguti sampah di tribun. Tapi yang berbeda adalah para supporter Kolombia juga turut membersihkan tribun penonton bersama-sama, meski dalam pertandingan mereka harus menerima kekalahan. Para supporter Kolombia juga turut mengucapkan "Selamat" kepada Jepang.

Dengan kayak gini, harusnya lebih membuat kita sadar akan pentingnya kebersihan ya gansist. Masa tinggal buang sampah bekas makan kita (bungkus makanan/minuman) ke tempat sampah aja nggak mau sih?


Foto: Yukepo

Masih ingat nggak kisah petugas kebersihan bioskop yang harus membersihkan bioskop dalam waktu singkat supaya ruangan bersih dan wangi lagi. Belum lagi banyak orang yang suka bawa popcorn tumpah, saos tumpah atau bahkan minuman tumpah sehingga mereka harus kerja ekstra keras di jeda jadwal antarfilm yang sangat singkat.

Mungkin banyak yang mikir "Yaudahlah kan mereka udah digaji buat bersihin, gue kan udah bayar" ya emang, tapi nggak ada salahnya bukan membantu meringankan beban mereka dengan membawa bekas bungkus makanan/minuman kita ke luar bioskop dan langsung dibuang ke tong sampah? Yuk kita contoh supporter Jepang yang mengingatkan kita kembali akan pentingnya menjaga kebersihan, bukan hanya di rumah tapi juga di mana-mana!

emoticon-Toast

Sumur - Sumur
0
8.1K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.