maxline
TS
maxline
Fahri: Katanya RI Jago di Air, Kok Mengalah dengan Danau Toba?





Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah turut mengkritik rencana penghentian pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Fahri menyayangkannya.

"Pemerintah baru beberapa hari ini, beberapa minggu ini, berhenti. Masak sih Republik Indonesia katanya negara bahari, negara maritim, mengalah dengan Danau Toba? Kalau dengan Danau Toba dia mengalah, kebanggaan maritimnya mana?" kata Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/7/2018). 

"Katanya jago di air, masak kita nggak bisa sewa kapal selam kecil masuk ke dalam itu? Angkatan laut kita punya, jagoan-jagoan kita punya, (kok) berhenti. Baru sebentar," sesalnya. 



Fahri tak setuju dengan rencana penghentian pencarian korban tragedi Danau Toba. Dia menyesalkan bila ternyata kebijakan itu diambil karena masalah dana. 

"Ongkosnya berapa sih dikeluarin? Bikin Asian Games triliunan kita keluar untuk orang lain nonton. Bikin itu ultah IMF, World Bank di Bali triliunan juga kita habis. Ini 160 rakyat hilang, kita berhenti, coba bayangkan. Menurut saya ini keterluan, nggak ngerti sense of crisis," kritik Fahri. 

Dia meminta negara tak cepat berhenti mencari korban KM Sinar Bangun. Fahri memahami kemarahan aktivis Ratna Sarumpaet karena hal tersebut.

Baca Juga: Diminta Nyelam Sendiri ke Danau Toba, Ratna Sarumpaet: Kampungan!

"Jangan berhenti, bila perlu gelangnya ketemu, gelangnya kasih. Sepatunya ketemu, kasih sepatunya. Orang nggak ngerti soal kerinduan, soal emosi keluarga, tiba-tiba udah pergi aja, terus apa kerjaannya negara?" ucap Fahri. 

Kepala SAR Medan sekaligus Koordinator Tim Pencarian KM Sinar Bangun, Budiawan, sebelumnya mengatakan penghentian pencarian diawali perundingan antara pihak pemerintah dan keluarga korban pada hari ke-13 pencarian atau Sabtu (30/6) lalu. Dia juga menjelaskan kendala yang dihadapi tim.

"Di hari ke-13, kita coba berunding sama Bupati (Simalungun) dan keluarga korban. Kalau mau mengambil ya kita siapkan dana besar, peralatan yang canggih, dan perlu waktu yang lama," kata Budiawan. 
(gbr/elz)


SUMUR
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sungguh Mulia sekali  ya Akhi dan Ukhti yang Rela Berjuang dan Berkorban demi Rakyat emoticon-Ultah
TRAKTIRR!!!! emoticon-Marah

emoticon-Ketupat
-1
3.7K
62
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.