pog94Avatar border
TS
pog94
RIP Susu Kental Manis
source: pixabay


R.I.P SUSU KENTAL MANIS


Baru mulai udah langsung RIP-RIPaja. Ya emang sekarang susu kental manis udah menemui akhirnya karena Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) minta kata "susu" dihilangkan dari kalimat "Susu Kental Manis."

Susu kental manis yang dimaksud di sini adalah susu yang kental dan manis wkwkwk engga deng, SKM yang dimaksudkan BPOM adalah produk yang slogan iklan nya "susu kental manis cap ena yang penting ena" dan sejenisnya. Jadi gak salah-salah amat ane tulis RIP SUSU KENTAL MANIS di awal thread ini, kan? Kalau kata "susu" dihilangkan ya jadinya cuma "kental manis" doang lah emoticon-Big Grin

Setelah malang melintang di dunia perminuman Indonesia akhirnya BPOM menyatakan Susu Kental Manis ini bukanlah "susu" melainkan "gula" karena kandungan gula lebih tinggi daripada kandungan "susu" nya. Sampai berpotensi bikin diabetes buat kita-kita yang keseringan minum produk ini.

Kok bisa gitu? Kan di iklan nya juga katanya menyehatkan! Iklan dipercaya sih emoticon-Stick Out Tongue

Batas maksimal konsumsi gula per hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan atau 12 sendok teh. Nah satu gelas susu kental manis ini mengandung 22 gram. Kalau sehari dua kali minum produk ini totalnya 44 gram, itu baru dari susu kental manis belum dari makanan lain.

Misalnya, dalam sehari agan minum susu kental manis 1 gelas, donat 1 biji, 1 gelas minuman bersoda total kadar gula yang masuk ke tubuh sama dengan 72 gram. Sebiji donat sama dengan 18,75 gram gula, segelas minuman soda sama dentan 31,25 gram, segelas susu 22 gram totalnya 72 gram. Dikali sebulan udah 2,160 gram gula yang masuk.

Spoiler for mulus:


Itu baru tiga jenis, belum ditambah dari makanan ringan, kopi, minuman manis lain, sama manis nya gebetan bisa gula semua isinya tubuh kita!

Akhirnya BPOM pun menyadarkan kita semua akan kebenaran di balik produk susu kental manis ini demi menyehatkan masyarakat.

Padahal kan enak ya makan yang manis-manis tapi ternyata gak menyehatkan emoticon-Frown

Kekhawatiran BPOM tentu lebih tinggi pada anak-anak, orang dewasa mah nurut syukur engga juga ya harus nurut sih tetep. Demi menjaga anak-anak dari godaan susu kental manis yang gak menyehatkan BPOM mengeluarkan 4 larangan buat produsen susu kental manis:

1. Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 (lima) tahun dalam bentuk apa pun.
2. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disertakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/susu yang dipasteurisasi/susu yang disterilisasi/susu formula/susu pertumbuhan.
3. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.
4. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.


Perhatikan yang ane bold dari peraturan di atas, kita ternyata udah salah dari dulu dalam hal menyajikan produk susu kental manis ini. Ya gimana dong? kan di iklan nya juga dijadiin minuman, bukan murni salah kita!

Sebelum makin banyak kadar gula yang masuk ke tubuh, lebih baik mulai dari sekarang jangan pernah lagi menyajikan susu kental manis dalam bentuk minuman. Lebih baik dijadiin sebagai tambahan atau pelengkap dalam makanan saja.

Makasih buat BPOM sudah menyadarkan para penikmat susu kental manis yang menjadi korban iklan emoticon-Big Kiss

See you~

sumber: iniini



Quote:
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
43.7K
341
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.