komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Musim Semi Di Jepang, Lihat Sakura Dimana?
Ya, pada umumnya bunga memang mekar di sepanjang musim semi. Namun ada beberapa fakta tentang Sakura yang belum tentu semua orang tahu, yang membuat bunga ini berbeda dari bunga lainnnya. Mumpung saat ini di Jepang sedang musim semi (dan kalau nggak salah ada beberapa Jalan2ers juga yang akan wisata musim semi ke Jepang), yuk mari mengenal lebih lanjut aneka fakta tentang bunga Sakura.


Waktu mekarnya bunga Sakura


Ada yang penasaran nggak, kenapa bunga Sakura sangat dicari di musim semi? Kenapa sampai muncul tradisi hanami (piknik sambil menikmati keindahan bunga Sakura) saat musim semi tiba? Itu karena bunga Sakura memiliki masa mekar penuh yang sangat singkat, kira-kira 1 minggu saja. Wow, ekspress ya! Setelah lewat dari satu minggu, bunga Sakura akan berguguran. Itu jika cuaca normal-normal saja. Jika sedang waktunya turun hujan maupun angin kencang, waktu mekarnya Sakura bisa lebih singkat lagi. Nggak heran jika setiap kali Sakura diperkirakan telah mekar, banyak yang berbondong-bondong mencari tempat terbaik untuk menikmati keindahan Sakura.



Bunga Sakura [foto: Harald Hoyer/wikimedia]


Kapan periode mekarnya bunga Sakura?


Biasanya, banyak yang beranggapan bahwa waktu mekarnya Sakura kira-kira pada akhir Maret maupun awal April. Faktanya, waktu mekar bagi bunga Sakura sangat berbeda di setiap daerah; tergantung dari lokasi geografis daerah tersebut. Pada prinsipnya sih, daerah yang lebih cepat mendapat kehangatan musim semi, maka disanalah bunga Sakura akan mekar lebih cepat.


Saya sudah pernah menyinggung sekilas bahwa daerah Selatan Jepang (seperti Okinawa) jauh lebih hangat dibanding daerah yang ada di sisi utara (seperti pulau Hokaido). Otomatis bunga Sakura di Okinawa akan lebih cepat mekar jika dibanding dengan Hokaido. Dengan kata lain, jika ingin melihat Sakura di bulan Mei, pergilah ke daerah Hokaido. Tanggal mekar bunga Sakura pun bisa berbeda setiap tahunnya, tergantung dari cuaca di tahun tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut perkiraan mekarnya Sakura di tahun 2014 untuk beberapa kota besar di Jepang berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Japan Weather Association:


Naha/Okinawa: 15 Januari 2014

Kagoshima & Nagasaki: 20 Maret 2014

Nagoya & Shizuoka: 24 Maret 2014

Hiroshima & Tokyo: 25 Maret 2014

Osaka & Kyoto: 27 Maret 2014

Sendai: 10 April 2014

Aomori: 24 April 2014

Sapporo/Hokkaido: 3 Mei 2014


Itu baru perkiraan waktu awal mekar bunga Sakura saja. Untuk estimasi waktu terbaik melihat Sakura (waktu Sakura sudah mekar penuh), kurang lebih dimulai 1 minggu setelahnya. Satu minggu kemudian, barulah bunga Sakura akan mulai berguguran. Total-totalnya sih bunga Sakura bisa dinikmati kurang lebih 2-3 mingguan saja di sepanjang musim semi. Oya, itu baru sebatas tanggal asumsi saja. Tidak semua Sakura di kota tersebut akan mekar serentak di tanggal tersebut, karena lagi-lagi segalanya tergantung pada cuaca setempat dan lokasi masing-masing pohon Sakura. Juga tergantung pada jenis pohon Sakura yang variannya sangatlah banyak.



Ukon [foto: Arashiyama/wikimedia]


Yang harus dilakukan untuk menikmati Sakura


Tentu saja hanami! Kalau sempat berkunjung di malam hari, melakukan yozakura (hanami di malam hari) bisa jadi opsi menarik. 


Selain Tokyo, dimana tempat terbaik untuk melakukan hanami?


Banyak, bahkan sangat banyak. Setiap kota memiliki tempat terbaiknya untuk melakukan hanami. Namun jika bicara tentang tempat terbaik untuk menikmati Sakura di level nasional, yang berarti terbaik di seluruh Jepang, lakukan di tempat-tempat berikut ini: Hirosaki Castle, prefektur Aomori; Philosopher's Path, prefektur KyotoKema Sakuranomiya ParkOsakaYoshinoyama, prefektur Nara;Hanamiyama Park, Fukushima; Himeji Castle, Himeji; dan masih banyak tempat lainnya. Berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang tempat-tempat tersebut dan perkiraan waktu terbaik untuk melakukan hanami? Sabar, tunggu saja kelanjutannya.


[url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/332-musim-semi-di-jepang-lihat-sakura-dimana/]SUMBER[/url][url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/332-musim-semi-di-jepang-lihat-sakura-dimana/][/url]











0
5.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.