anvanv
TS
anvanv
Slowhand, Eric Clapton



I feel wonderful because I see 

The love light in your eyes

And the wonder of it all

Is that you just don't realize

How much I love you


Ini adalah sepenggal lirik lagu abadi milik Eric Clapton “Wonderful Tonight” yang ada di album Slowhand(1977). Eric Clapton adalah Legenda Gitar dunia, karena kehebatannya bermain gitar, salah seorang penggemarnya menuliskan graffiti di sebuah tembok stasiun di Islington Underground dengan sebutan “Clapton is God”, sebagai pendewaan terhadap Clapton.




Eric Patrick Clapton CBElahir di Ripley, Surrey, England, 30 Maret 1945, dari seorang ibu yg bernama Patricia Molly Clapton yang saat itu masih berusia 16 tahun. Ayahnya sendiri bernama Edward Walter Fryer, berusia 24 tahun, seorang tentara dari Kanada, keduanya tidak menikah. Sebelum Clapton lahir ayahnya kembali bertugas ke kanada. Masa Kecil yang kelam membuat dirinya sejak kecil menjadi pemurung dan Pemalu.

Di ulang tahunnya yang ke 13, dia diberikan hadiah gitar akustik Spanish Goya. Dia pertama kali mendengar lagu-lagu Robert Johnson yang penuh kesepian saat usia 16 tahun. Sejak saat itu hidupnya berubah dan langsung mempunyai cita-cita menjadi seorang pemusik Blues. Di Usia 17 tahun, dia sudah bergabung dengan band R n B yg bernama Roosters. Setelah itu mendirikan the Yardbird dari tahun 1963-1965. Permainan Gitarnya di inspirasi dari Buddy Guy, Freddie King, and BB Kingjulukan "Slowhand", diberikan karena kebiasaannya langsung mengganti senar yang putus saat berada di atas panggung.

Clapton gitaris sekaligus penyanyi, pencipta lagu, dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award. Sebagai salah seorang musisi paling sukses di abad ke-20 dan abad ke-21, namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali (sebagai personil The Yardbirds, Cream, dan sewaktu solo karier). Penggemar dan kritikus musik menyanjungnya sebagai gitaris terbesar sepanjang zaman. menempati urutan ke-4 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa yang diumumkan majalah Rolling Stone. Selain itu, namanya juga masuk ke dalam daftar "100 Artis Terbesar Sepanjang Zaman" (The Immortals: 100 Greatest Artists of All Time) yang diumumkan majalah yang sama.




Sepanjang kariernya, Clapton dikenal memiliki gaya bermusik yang sangat bervariasi, namun semuanya berakar dari blues. Selain itu, nama Clapton dicatat dalam sejarah musik sebagai pencetus aliran blues-rock (bersama John Mayall & the Bluesbreakersdan The Yardbirds) serta psychedelic rock (sewaktu bersama grup musik Cream). Bukan hanya itu saja, lagu-lagu Clapton sukses dalam tangga lagu berbagai aliran, mulai dari delta blues (Me and Mr. Johnson) hingga kategori musik pop (Change the World) dan reggae (sewaktu menyanyikan ulang lagu Bob Marley's "I Shot the Sheriff"). Clapton juga terkenal dengan lagu "Layla" sewaktu bergabung bersama grup musik Derek and the Dominos.

Time can bring you down

Time can bend your knee

Time can break your heart

Have you begging please

Begging please

Beyond the door

There’s peace I’m sure

And I know there’ll be no more…

Tears in heaven


Lirik di atas adalah penggalan lirik dari lagu Tears in Heaven milik Eric Clapton yang diciptakan di tahun 1991, saat anak lelakinya yang bernama Connor, buah hati hasil pernikahannya dengan model cantik asal Italia, Lory Del Santo dan masih berumur empat tahun meninggal akibat jatuh dari lantai 53 sebuah gedung bertingkat di New York. Sebuah kegetiran yang dituangkan dalam lagu yang akhirnya melegenda.




Eric Clapton selalu bernyanyi dan menjadi Bluesman yang berdiri di ujung panggung dan mengungkapkan luka-luka psikisnya kepada penonton. Dan bagi kita yang mencintai seseorang dan kita tidak bisa memilikinya karena sudah menjadi istri orang, kalian tidak sendirian, karena sang Legenda Gitar ini juga mengalaminya. Saat membentuk Grup Derek and the Dominos, Clapton mencipta lagu yang sangat terkenal Layla. Lagu ini terinspirasi dari cerita Persia Layla Majnun. Cerita yang mengisahkan seorang pemuda yg jatuh cinta pada perempuan cantik tetapi tidak bisa menjadi istrinya. Clapton menganggap cerita cinta ini sangat mirip dengan kisah cintanya kepada Pettie Boyd(istri George Harrison, The Beatles).

When You Get Lonely

With Nobody Waiting By Your Side

Youve Been Running And Hiding Much Too Long

You Know Its Just Your foolish Pride

Layla

You Got Me On My Knees

Layla

im Begging Darling Please

Layla

darling Wont You Tease My Worried Mind

Tried To Give You Consolation

Your Old Man Wont Let You Down

Like A fool

I fell In Love With You





Spoiler for Album Eric Clapton:

Spoiler for Video Sang Legend:


Saat ini Eric Clapton masih sering melakukan tour musiknya di kota-kota berbagai negara. Contoh saja tahun 2018 ini Eric melakukan tour di Hamburg, London,  Manhattan dsb. Info menarik lainnya, ternyata Eric Clapton adalah fans dari West Bromwich Albion dari Liga Inggris.

Sehat selalu Opa Clapton !

emoticon-Toast



Thank You !



Spoiler for Sumber:

Diubah oleh anvanv 03-07-2018 19:38
0
18.6K
125
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
Music
icon
19.7KThread8.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.