indahk98Avatar border
TS
indahk98
Ini Tips Lanjut Kuliah Jika Tak Lulus SBMPTN 2018
Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mengumumkan hasil seleksi di situs resmi SBMPTN dan laman mirror 12 perguruan tinggi negeri (PTN) pada Selasa (3/6) pukul 17.00 WIB. 


Namun, jangan khawatir. Tidak lulus SBMPTN bukan berarti akhir dari segalanya dan Anda tidak sukses dalam kehidupan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan.

Pastikan keputusan itu dipilih dengan matang setelah berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman seperti orang tua, guru dan senior yang sudah berkuliah atau bekerja.

Dikutip dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...us-sbmptn-2018, berikut beberapa pilihan yang dapat dilakukan jika tidak lulus SBMPTN.

1. Mengikuti ujian mandiri

Quote:


Pilihan lain untuk dapat berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. Informasi mengenai ujian mandiri ini bisa didapatkan langsung di universitas terkait.

Namun, perlu dicatat, beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang pangkal hingga uang semester. Pahami terlebih dahulu soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang dimiliki.

Bantuan dana berupa beasiswa juga terbuka lebar dan dapat ditemukan dari berbagai pihak untuk melanjutkan uliah lewat jalur ujian mandiri ini.

2. Vokasi dan Politeknik

Quote:


Selain ujian mandiri di PTN, pendidikan lain seperti vokasi dan politeknik ataupun akademi juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4. 

Sistem pendidikan biasanya ini lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang banyak disajikan pada ilmu S1. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

3. Perguruan Swasta

Quote:



Melanjutkan ke perguruan swasta juga menjadi opsi mendapatkan lanjutan pendidikan. Banyak perguruan swasta yang memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan PTN atau bahkan mengunggulinya.

Sebagai catatan, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan swasta perlu melakukan pengecekan akreditasi perguruan tinggi, fakultas dan jurusan, serta biaya yang dikeluarkan. Tak semua perguruan tinggi swasta juga menerapkan biaya yang mahal.

4. Mengulang SBMPTN

Quote:


Tak ada salahnya untuk mengulang kembali SBMPTN pada tahun berikutnya untuk tetap berkuliah di PTN. Waktu satu tahun itu dapat dimanfaatkan untuk berlajar mempersiapkan diri fokus pada SBMPTN sehingga mendapatkan hasil maksimal.

Kegagalan pada SBMPTN tahun ini dapat menjadi pengalaman untuk mengetahui trik dan taktik yang tepat saat ujian seleksi, sekaligus mengasah mental.

Sudah siap buat lihat pengumuman SBMPTN? Apapun hasilnya, itu lah yang terbai
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Diubah oleh indahk98 03-07-2018 04:35
0
8.6K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.