nyai.dasimah99Avatar border
TS
nyai.dasimah99
Makam pahlawan dipulangkan ke kampung halaman, Jika Prabowo Presiden
Merdeka.com - Ketua Umum Prabowo Subianto mengungkapkan keinginannya untuk memindahkan makam-makam pahlawan yang tidak dikebumikan di daerah asalnya. Salah satunya makam Pangeran Diponegoro untuk dipindahkan ke daerah asalnya Yogyakarta. Hal itu dikatakan dia ketika mengisyaratkan jika dirinya atau Rizal Ramli menjadi pemimpin Indonesia di tahun 2019 nanti.


Dia pun mengutip ucapan Bung Karno yang mengatakan bahwa bangsa yang besar harus lah menghormati para pahlawannya.

"Saya sarankan, Insyaallah kalau nanti, siapa tahu 2019, entah pak Rizal Ramli atau saya," ungkap Prabowo, ketika memberikan sambutan di Halal Bi Halal Keluarga Besar Universitas Bung Karno, Jl Kimia, JakartaPusat, Jumat (29/6/2018).

"Karena saya tiap kali lewat situ, ziarah, perkembangan zaman makam Diponegoro di tengah pasar. Tetap bagus tapi kurang heroik. Kalau bukan kita, siapa lagi yang hormati," sambungnya.

Begitu juga untuk pahlawan yang gugur lainnya seperti Imam Bonjol dan Kiyai Maja. Dia mengatakan harus dikembalikan ke kampung halamannya. Itu dinilainya sebagai simbol bahwa ketidakadilan harus kita perbaiki.

"Walaupun terlambat beratus tahun, itu hak keluarganya," kata dia.

Mantan Danjen Kopassus itu menuturkan, meskipun arwah pahlawan yang telah gugur sudah tidak ada lagi di sana namun adanya makam-makan itu menjadi simbol bahwa bangsa asing pernah menangkap, menjajah, dan berperang melawan bangsa Indonesia.

"Pemimpin kita dibuang dan matinya pun dia enggak boleh ke rumah. Ke keluarganya," tuturnya.

Karena itu ia berpesan kepada Rizal Ramli, kalau Mantan Menko Kemaritiman itu menjadi pemimpin Indonesia nanti, dia harus berani memperbaiki persoalan bangsa. Salah satunya mengenai pemindahan makan itu.

"Pak rizal saya titip harus berani, kita perbaiki yang dulu kita dikhianati, disakiti bangsa lain, pemimpin-pemimpin kita berhak kembali di tengah rakyat sendiri," ucap Prabowo.

"Nyelip-nyelip dikit tidak terlalu langsung politik tapi mengingatkan saudara sekalian. Kita percaya Tuhan maha besar selalu di pihak yang benar," lanjutnya sambil bercanda menutup sambutannya.

Keinginan Prabowo itu pun disambut baik oleh Rizal Ramli. Rizal mengatakan jika dirinya atau Prabowo menjadi Presiden akan memindahkan makam para pahlawan tersebut ke kampung halamannya.

"Kalau saya atau pak prabowo jadi presiden akan pindakan (makam)," ujar Rizal.



Diubah oleh nyai.dasimah99 29-06-2018 17:33
0
7.2K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.