Aboeyy
TS
Aboeyy
Kisah Percakapan Ayam dan Sapi, Antara Lelucon dan Pesan Moral


Kisah Percakapan Ayam dan Sapi ini mungkin sudah basi, karena sudah sering dipublikasikan di berbagai media sosial. Namun hingga saat ini, Ane tidak mengetahui siapa penulisnya yang asli.

Meski tidak aktual lagi, Ane pikir ada yang terlupa dari cerita tersebut, yaitu pesan moral yang terkandung di dalamnya. Selama ini mungkin orang yang membaca cerita tersebut hanya menganggapnya sebagai lelucon, humor, anekdot, atau apalah, yang pada intinya hanya sebagai hiburan saja.

Namun jika dicermati dengan seksama, ternyata di dalamnya terdapat pesan moral yang mungkin tidak pernah kita dengar dari guru di bangku sekolah, atau dari ustadz di dalam ceramah. Kalau menurut Ane, ini namanya “Ilmu Alam”, yakni ilmu yang diperoleh dengan memperhatikan fenomena yang terjadi di alam sekitar. emoticon-Big Grin

Oke, sebelum membahas pesan moral tersebut, kita simak ulang dulu ceritanya yang sudah Ane gubah dan edit sedikit untuk penyesuaian:
Quote:

Dari cerita tersebut, pesan moral yang terkandung di dalamnya menurut Ane adalah:

1. Ternyata moto “Ikhlas Beramal” itu lebih dulu dipakai oleh Hewan daripada Kemenag. emoticon-Big Grin

2. Ternyata pepatah “Air Susu Dibalas Air Tuba” itu lebih dulu dirasakan oleh hewan ketimbang manusia. emoticon-Big Grin

3. Ini serius lho ya! Setiap sesuatu itu pasti punya kelebihan. So, jangan merendahkan orang lain seperti apapun keadaan dia. Pandailah bersyukur dan berterima kasih terhadap orang lain, semisal terhadap pembantu, pengemis, atau orang yang di bawah kita. Sebab tanpa mereka, kita bukan siapa-siapa.
***
Itulah tiga pesan moral yang terdapat di dalamnya. Selebihnya silakan GanSis tambahkan sendiri, soalnya Ane udah capek mikir dan nulisnya. emoticon-Big Grin (*)
Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 03-07-2018 19:16
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
29.3K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.