kaskuscrematorAvatar border
TS
kaskuscremator
Koleksi Zippo Yang Tak Lekang Oleh Waktu





emoticon-Hi



ilustrasi

Halloo bro n sist semuanya...

Pada kesempatan kali ini ane akan membahas tentang hobby ane yaitu mengkoleksi korek api "Zippo"

Biar gak terlalu panjang intronya langsung saja ane bahas ya? emoticon-Big Grin

Bagi yang belum tau apa itu korek api Zippo, berikut ane jelasin sedikit! Menurut wikipedia "Zippo" adalah merek korek api gas ”tahan angin” asal Amerika.
Korek api zippo ini mempunyai ciri khas dan keistimewaan tersendiri yang membedakan dengan korek api lainnya seperti pada bentuk, suara dan tentu saja ketahanan api korek itu sendiri.

Karena keistimewaan dan ciri khas itulah korek api zippo sangat digemari oleh kebanyakan orang diseluruh penjuru dunia, termasuk juga di Indonesia tercinta ini. Hingga saat ini sudah banyak sekali komunitas pecinta zippo yang berdiri, sebagai wadah bernaungnya para sesama penggila hobby ini.

Sebelum lebih jauh tentang pembahasan mengenai korek api Zippo ini bolehlah ane tunjukan beberapa koleksi yang sudah ane kumpulkan dari waktu yang lumayan cukup lama biar kaskuser dimari tidak penasaran emoticon-Big Grin

Spoiler for Cling...!:


Sedikit Tentang Sejarah Korek Api Zippo

Sekedar informasi bahwa korek api zippo ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan cukup menarik, berikut yang telah ane rangkum mengenai sejarah korek api zippo.
Adalah George G. Blaisdellyang mendirikan pabrik zippo pertama kali pada tahun akhir 1932 dan mulai menjual produknya untuk pertama kali pada awal tahun 1933 seharga US$. 1.95 dan dijual untuk umum dengan bentuk empat persegi dengan sudut yang kotak dengan garansi seumur hidup. Inovasi pada korek api zippo ini selalu diperbarui hingga pada tahun-tahun berikutnya desain zippo berubah dengan sudut yang lebih melengkung pinggirnya sehingga terlihat lebih manis dan indah. Bahkan inovasi korek zippo pada tahun 1939 lapisan luar Zippo yang mengandung emas 14 karat walaupun inovasi tersebut tidak bertahan lama karena waktu itu sedang terjadi perang dunia ke 2. emoticon-Belo

Memang ketangguhan korek api zippo dari dulu memang tidak diragukan lagi hingga sempat menjadi korek api resmi tentara amerika pada perang dunia ke 2 yang saat itu digunakan untuk memasak ransum ataupun menyalakan api unggun dan beragam kegunaan lainnya. Kelebihan korek api zippo yang utama yaitu apinya tahan terhadap hembusan angin sehingga zippo sendiri memiliki slogan yang cukup terkenal yaitu "Windproof Lighter".
Ketangguhan dan kepopuleran zippo juga menarik beberapa merek besar produk lainnya untuk menjadikan Zippo sebagai salah satu pelengkap aksesorisnya. Seperti misalnya pada Harley Davidson dan Marlboro. Inovasi-inovasi korek api zippo pun terus berkembang hingga saat ini, sehingga menjadikannya korek api terpopuler yang mempunyai banyak sekali penggemar bahkan penggila zippo.

Awal Mula Ane Mengenal Zippo

Awal ane mulai mengenal korek zippo sejak dari kecil karena kebetulan babe ane adalah seorang perokok dan juga pengguna korek api zippo. Namun ane baru mengetahui lebih dalam dan menjadikan korek zippo sebagai koleksi dimulai dari zaman kuliah. Karena model-modelnya makin kesini makin kece dan berasa keren saat menggunakan korek zippo dengan suara yang khas saat tutupnya dibuka yaitu bunyi "Cling...!!!". Hal inilah yang membuat ane tertarik dan menjadikan zippo sebagai salah satu hobby dan mengkoleksi korek Zippo.

Adakah Koleksi Yang Paling Berharga?

Pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh semua teman ane adalah mana koleksi yang paling berharga? Dan jawaban ane tentu semua koleksi zippo ane tentu semuanya berharga dan mempunyai sejarah dan cerita masing-masing. Namun juga ada diantara sekian banyak koleksi ane itu ada yang paling berkesan dan ane sukai. Yaitu edisi "Spawn" yang merupakan karakter fiksi buku komik yang dibuat oleh Todd McFarlane dengan salah satu tokoh mempunyai kemampuan yang dahsyat seperti kecepatan , kemampuan terbang hingga kemampuan sihir dan kemampuan lainnya.

Spoiler for Spawn - Limited Edition:

Koleksi zippo edisi Spawn ini benar-benar susah bagi ane untuk mendapatkannya dan butuh kocek yang lebih dibandingkan lainnya, dan zippo ini bisa ane dapatkan melalui seorang teman yang kebetulan saat itu sedang bertugas di jepang waktu itu. Untung saja teman ane memberi sedikit diskon sebagai bentuk oleh-oleh dari luar negeri.

Bagaimana cara perawatannya?

Bagi ane cara merawat korek api zippo cukuplah mudah apalagi kalo hanya sebagai koleksi saja karena tentu jarang sekali dipergunakan, untuk zippo koleksi yang jarang digunakan cukup dibersihkan beberapa bulan sekali, dan sebaiknya ditempatkan di boxcollection agar lebih awet dan tidak cepat kotor terkena debu. Jika korek tersebut sering digunakan maka untuk awal-awal perawatannya mending dilakukan oleh yang sudah berpengalaman biar ga salah dan ujung-ujungnya malah gak bisa nyala. Kesalahan yang sering dilakukan seperti mengganti sumbu, batu korek ataupun saat pengisian.

Bagaimana Cara Mengetahui Zippo yang Asli dengan yang Palsu?

Karena korek api zippo ini mempunyai harga yang cukup lumayan mahal yaitu ratusan ribu hingga jutaan rupiah dan desain yang menawan hal itu kadang dijadikan kesempatan oleh banyak pihak untuk memalsukannya sehingga bisa merugikan orang lain. Dan ane juga pernah mengalami hal tersebut waktu awal-awal mengkoleksi, lantaran harga yang murah jauh dibawah harga pasaran membuat ane tertarik untuk membeli, dan sejak saat itu ane lebih berhati-hati saat membeli dengan memastikan keasliannya. Dahulu sebelum mudahnya era internet ane harus bener-bener hati-hati untuk mengecek keasliannya seperti mengecek berikut ini :

  • Tutup korek zippo asli saat dibuka-tutup terasa halus dengan bunyi nyaring Cling...!!yang khas sedangkan yang palsu terasa kasar dan saat dibuka posisi tutupnya terbuka lebar secara full.
  • Korek Zippo asli memiliki cetakan tulisan di bagian bawah terlihat cukup rapi dan jelas. Dengan beberapa kode seri bervariasi A-L. Sedangkan zippo palsu cetakan terlihat kasar dan berantakan. yang sering terlihat dan beredar seri pembuatan bulan bertuliskan kode A (sekarang bervariatif kodenya bukan cuman A saja).
  • Dibagian wheel (roda gerigi) korek zippo asli memiliki motif agag miring sedangkan
    Korek api zippo palsu memiliki motif wheel lebih sering dengan motif lurus menyamping.
  • Zippo asli memiliki casing yang sama dan cocok sehingga bisa dipasangkan dengan zippo asli lainnya dengan kode-kode produksi yang tertera dibagian insertnya, sedangkan yang palsu adalah kebalikannya.
  • untuk finishing sendiri tentu zippo asli lebih halus dan tidak berantakan serta menggunakan bahan yang yang tahan dari karat, sebaliknya hal itu jika pada zippo yang palsu.

Tips diatas cukup berlaku sampai saat ini, dan kemudahan untuk mengecek keaslian dari korek zippo bisa sekarang ini yaitu kita bisa cek langsung melalui situs resminya, sekalian kita bisa melihat-lihat model dan desain-desain terbaru sekaligus cuci mata.

Apa Tidak Bosan Dengan Koleksinya?

Namanya juga manusia pasti pernah mengalami pasang surut, termasuk juga kegiatan/hobby mengkoleksi suatu benda. Kadang juga merasa bosan dengan hobby tersebut, namun hal itu hanya sepintas saja lewat di pikiran dan cukup banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap menekuni hobby mengkoleksi zippo ini. Seperti berdiskusi bersama teman-teman se-komunitas zippo, atau bahkan membeli korek api dengan desain-desain yang unik dan lucu. Karena Zippo selalu populer dengan desainnya yang sangar dan keren, tapi jika ada desain yang lucu dan imut tentu akan membuat mood akan kembali bangkit dan semangat. Seperti desain / motif hello kitty yang ane beli di bawah ini.

Spoiler for Hello Kitty:

Hahahaha... Kebetulan ane punya anak kecil dan tidak ada salahnya kan membeli ini juga buat mainan anak ane, karena desainnya juga unyu-unyu.

Selain itu untuk menghilangkan rasa jenuh ane biasanya juga bantu-bantu temen untuk jualin koleksi lamanya dan membantu untuk mencarikan yang baru, dan tentu hal ini juga dapat dijadikan sampingan untuk meningkatkan bidang ekonomi. emoticon-Wowcantik

***

Nah itulah sedikit pengalaman ane bro n sist semuanya tentang serunya mengkoleksi korek api zippo. Ada rintangannya ada pula kebanggaannya dalam berjuang mengumpulkan koleksi ini ada pula dukanya yaitu saat zippo kesayangan hilang, karena sudah mitos dari dulu kalau korek api lebih gampang hilang tak berbekas saat diajakin nongkrong. emoticon-Berduka (S)

Kaskuser Ada Yang Mempunyai Hobby Yang Sama atau Punya Hobby lainnya? Silahkan Diceritakan dimari! 👌
Diubah oleh KaskusKreator 27-08-2018 08:59
labeneamata32
servesiwi
lulu.hw616
lulu.hw616 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
35.8K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.