alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b323fd3529a457e048b4571/demokrat-dorong-prabowo-laporkan-mark-up-proyek-lrt-ke-kpk
Jakarta - Ketum Gerindra Prabowo Subianto menuding anggaran pembangunan LRT di Indonesia di-mark up. Partai Demokrat mendukung Prabowo membuka data dan melapor ke KPK bila memiliki bukti ada penyimpangan. "Kami mendukung Pak Prabowo untuk buka data yang beliau miliki. Ini penting agar publik tahu kebenarannya," kata Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean
Lapor Hansip
26-06-2018 20:29

Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK

Jakarta - Ketum Gerindra Prabowo Subianto menuding anggaran pembangunan LRT di Indonesia di-mark up. Partai Demokrat mendukung Prabowo membuka data dan melapor ke KPK bila memiliki bukti ada penyimpangan.

"Kami mendukung Pak Prabowo untuk buka data yang beliau miliki. Ini penting agar publik tahu kebenarannya," kata Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean kepada detikcom, Jumat (22/6/2018).

Ferdinand berharap data tersebut dapat membantu BPK, KPK, dan penegak hukum lainnya. Agar, lanjutnya, data tersebut menjadi bukti adanya korupsi dan mark up seperti yang diungkapkan Prabowo.


Baca juga: Prabowo Sebut Anggaran LRT Di-mark up, Kontraktor: Data dari Mana?

"Sehingga tidak hanya berada di pusatan opini atau kritik saja. Buka saja datanya, siapa tahu bisa jadi bukti adanya korupsi dan mark up. Tapi jika tidak ada mark up, tentu kita juga harus menerimanya," ujarnya.

Ferdinand juga menyebut pernyataan Prabowo tersebut menarik. Iya sependapat bahwa anggaran pembangunan LRT tersebut, khususnya di Palembang, memang berbeda dibanding biaya rata-rata di luar negeri.

Namun nilai itu, kata dia, tidak terlalu jauh dengan angka pembangunan LRT di negara lain. Jadi, menurut Ferdinand, perbedaan angka itu masih dalam taraf wajar.

"Tapi bukan karena wajar juga terus lantas kita menerima begitu saja. Tentu kita dorong BPK untuk mengaudit proyek tersebut apakah ada indikasi mark up atau tidak," kata dia.

Baca juga: Penjelasan Gerindra Soal Data Mark Up LRT yang Diungkap Prabowo

"Intinya begini, Prabowo silakan buka data, kalau perlu datangi KPK dan laporkan mark up tersebut dengan data. Serahkan juga ke BPK agar dilakukan audit," lanjut Ferdinand.

Seperti diketahui, Prabowo menuding biaya pembangunan LRT di Indonesia di-mark up. Dia pun mengaku mengantongi data soal biaya pembangunan untuk LRT di dunia yang hanya berkisar US$ 8 juta/km. Sedangkan di Palembang, yang memiliki panjang lintasan 24,5 km, biayanya hampir Rp 12,5 triliun atau dengan kata lain US$ 40 juta/km.

Namun Prabowo tak mengungkap sumber data yang dijadikan rujukan. Tudingan Prabowo telah dibantah oleh Kepala Proyek LRT Palembang Mashudi Jauhar.

Mashudi menyebut biaya pembangunan LRT di Palembang sebenarnya sudah sesuai dengan harga pasar, mengingat konstruksi LRT yang diterapkan di Palembang merupakan konstruksi layang yang membutuhkan biaya tinggi. Ia mencontohkan biaya pembangunan LRT di Malaysia dan Filipina.

"Di Malaysia, (rute) Kelana Jaya-Ampang 7,2 miliar yen/km (65,52 juta/km). Manila, LRT Fase 1 extension, 8,2 miliar yen/km (US$ 74,6 juta/km)," ungkap Mashudi.

https://m.detik.com/news/berita/d-4077787/demokrat-dorong-prabowo-laporkan-mark-up-proyek-lrt-ke-kpk

Biar Prabowo vs Jokowi perang.

Trus SBY yg ketawa2 dipojokan.

Kata si Anas: "nabok nyilih tangan"

emoticon-Ngakak
0
Halaman 1 dari 2
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:34
tambah dijorokin. emoticon-Wakaka
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:36

Masalah gini ga usalah dibawa bawa ke ranah hukum, nantinya cuma bikin kegaduhan doang
Biarkan saja rakyat yang menilai mana yang benar mana yang mark up
0 1
-1
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:42
Quote:Original Posted By ndoromuda
Masalah gini ga usalah dibawa bawa ke ranah hukum, nantinya cuma bikin kegaduhan doang
Biarkan saja rakyat yang menilai mana yang benar mana yang mark up


jadi menurut ente sebagai rakyat yg benar yg mana? emoticon-Embarrassment
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:48
Quote:Original Posted By ndoromuda

Masalah gini ga usalah dibawa bawa ke ranah hukum, nantinya cuma bikin kegaduhan doang
Biarkan saja rakyat yang menilai mana yang benar mana yang mark up


Takut?

emoticon-Ngakak

LRT ga ada per km nya 8 jt dollar kayak klaim si Bowo.

Pk jalur bambu bukan baja emg bisa 8 jt dollar.

emoticon-Ngakak
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:51
Pinter si demokrat🤣🤣🤣
Bowo kudu ati2
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:54
Quote:Original Posted By ndoromuda
Masalah gini ga usalah dibawa bawa ke ranah hukum, nantinya cuma bikin kegaduhan doang
Biarkan saja rakyat yang menilai mana yang benar mana yang mark up


Ane curiga. Kalo ente reinkarnasi Jened/Uduy emoticon-Leh Uga
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:58
Quote:Original Posted By ndoromuda

Masalah gini ga usalah dibawa bawa ke ranah hukum, nantinya cuma bikin kegaduhan doang
Biarkan saja rakyat yang menilai mana yang benar mana yang mark up


ngoahahahaha emoticon-Wkwkwk


Cuk.....Di dorong....ente malah kendor...... emoticon-Big Grin


0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 20:58
Quote:Original Posted By khloekarmike


Ane curiga. Kalo ente reinkarnasi Jened/Uduy emoticon-Leh Uga


masih duluan NDOROMUDA gan.. Daripada si JUNA/UDUY... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:01
Quote:Original Posted By kakekane.cell


masih duluan NDOROMUDA gan.. Daripada si JUNA/UDUY... emoticon-Leh Uga


Yg ini lebih kalem.....tapi bikin ngakak....
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:08
bang bowok dijolimi terus nih ... emoticon-Cape d...
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:16
Demokrat paling pinter ngomporin, trz2in aja gpp siapa tau wowo jadi tambah blunder whahaha...
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:17
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:18
Mana berani dia.
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:26
kaki ketiga, ngak bisa bersaing dengan 2 kaki lain, cuma bisa main memancing di air keruhemoticon-Leh Uga
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:32
Quote:Original Posted By kakekane.cell


masih duluan NDOROMUDA gan.. Daripada si JUNA/UDUY... emoticon-Leh Uga


Asli ndagel iki ndoromuda, opo pancen bakat nglawak
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:36
nabok nyilih tangan
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:37
Quote:Original Posted By ndoromuda

Logikanya sih bikin tiang itu kan juga tanahnya harus digali untuk pondasi ini namanya jadi 2 kali kerja kan
Kenapa juga ga sekalian aja buat di dalam tanah biar sekali kerja toh kan di gali gali juga kan tanahnya

Yang ana bingung hitung hitungan spele model gini aja masa pemerintah ga ngerti sih


kereta bandara soekarno hatta juga ngga sepenuhnya pakai tiang koq

Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...-dan-singapura

jalan tol di bali yang lewat laut juga pakai tiang, tapi tingginya ngga perlu tinggi banget, sebagian memang pakai tiang tinggi (yang berpotongan dengan jalan raya) tapi sebagian besar ngga pakai tiang tinggi
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
https://www.merdeka.com/uang/jalan-t...perasikan.html

kalau suatu saat arus kendaraan melonjak, baru dibangun fly over untuk mobil motor, tapi itu nanti aja 10-20 tahun lagi, kalau memang bbm masih ada dan mobil masih tambah banyak.. ngga usah ngutang sekarang juga
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
http://poskotanews.com/2017/10/20/an...i-tepat-waktu/

jika keluar duit bisa ditunda, kenapa ngga?
duitnya bisa dipakai dulu buat yang lain yang lebih produktif .. membangun ruang kelas misalnya, agar program full day school bisa diimplementasikan

masih banyak lho sekolah negeri yang kekurangan kelas... pagi dipakai kelas 8-9, siang dipakai gantian kelas 7-8
Diubah oleh tukangkredit
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:37
Quote:Original Posted By bangsutankeren


Asli ndagel iki ndoromuda, opo pancen bakat nglawak


dia sarkas tingkat dewa
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:38
demokrat maen cantik nih
provokasi pak wo
emoticon-Malu



edit ,
ndoro muda mulai kumat nih...

emoticon-Ngakak
Diubah oleh BMAGLY
0 0
0
Demokrat Dorong Prabowo Laporkan 'Mark Up Proyek LRT' ke KPK
26-06-2018 21:48
Dorong masuk jurang kah
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.