• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Cuma Jadi Desainer, Kamu Fashionista Bisa Pilih 1 Dari 7 Profesi Ini!

aliffadilahAvatar border
TS
aliffadilah
Bukan Cuma Jadi Desainer, Kamu Fashionista Bisa Pilih 1 Dari 7 Profesi Ini!

Hai semuanya!
emoticon-Malu

Passion dan ketertarikan suatu hal pastinya cuma diri kita yang tau. Ngomongin passion dan fashion, gak sedikit orang yang sebenernya punya passion di bidang fashion ini. Tapi, sayangnya masih banyak yang bingung mengenai profesi dengan fashion sebagai passion.



Nah, kali ini ane mau share beberapa profesi yang sebenarnya bisa kita kerjakan dan masih cukup related dengan dunia fashion!

Fashion Designer

Menjadi perancang busana bisa menjanjikan karir yang menggiurkan. Selain dapat menjadi perancang busana untuk suatu perusahaan, banyak juga lulusan jurusan fashion design yang bekerja sendiri. Mereka merancang dan menjual produk mereka sendiri, baik itu membuat rancangan dan baju untuk kalangan eksklusif, ataupun membuat perusahaan garmen.

Fashion Merchandising & Fashion Buying

Profesi ini harus selalu up-to-date dengan perkembangan fashion terbaru. Profesi Fashion Merchandising mengkalkulasikan daya beli pasar dan memastikan produk tersedia dan siap jual di musim/waktu yang tepat.
Profesi fashion buying bahkan harus telah tahu tren yang akan popular sebelum pasar mengenalnya. Mereka memprediksi dan membeli produk fashion yang akan menjadi popular sebelum tren tersebut disiarkan di majalah, tv atau media lainnya.

Kedua profesi ini adalah jabatan penting di industri retail, baik itu departemen store, toko retail, online, butik dan bisnis fashion lainnya.

Fashion Marketing & PR

Fashion Marketing & PR adalah mereka yang menyebarkan berita tentang tren, atau menciptakan tren baru. Mereka mengurus segala hal untuk memasarkan suatu produk fashion, mulai dari iklan, kampanye dan strategi untuk membuat suatu produk fashion laku di pasaran.

Fashion Production & Management

Biasanya dibutuhkan gelar pascasarjana untuk dapat menempati posisi ini. Profesi ini memantau kualitas produk fashion, sehingga dibutuhkan pengetahuan yang lebih mendetil, misalnya kebutuhan pasar, proses produksi produk fashion, pemilihan bahan hingga menghasilkan produk jadi dan diedar ke tangan pembeli.

Jurnalis Fashion

Yang dimaksud dengan reporter fashion tidak hanya dalam ruang lingkup wartawan yang menuliskan artikel fashion untuk majalah, surat kabar dan media. Profesi ini juga dapat bekerja lepas. Terutama buat mereka yang memiliki blog sendiri dan sangat up-to-date dengan berita fashion. Jika kamu tertarik menjalani profesi ini, disarankan kamu mulai membuat blog sejak kuliah, dan membangun koneksi sebanyak mungkin di bidang fashion.

Periklanan

Bidang ini berhubungan erat dengan fashion marketing. Profesi ini menggunakan kreativitas mereka untuk mempromosikan berbagai produk fashion.

Fashion Technology

Profesi ini lebih mengarah kepada bidang teknik, karena berhubungan dengan teknologi untuk membantu bidang fashion. Pekerjaannya bisa mulai dari membuat software, atau teknologi yang bermanfaat bagi bidang fashion, menguji coba teknologi tersebut atau memberikan konsultasi. Bagian ini seringkali bekerjasama dengan fashion designer dan produksi fashion.

Ternyata banyak kan, pilihan profesi di bidang fashion. Agan-sista ada yang tertarik mencoba profesi-profesi di atas?

Diubah oleh aliffadilah 05-06-2018 04:22
0
928
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.