mosquit0Avatar border
TS
mosquit0
( Reborn) Legenda Anunnaki dan Bangsa Sumeria
malam Forsex. emoticon-Blue Guy Peace

langsung aja ye, sebenarnya thread ini adalah reborn dari thread Peradaban Sumeria, hanya di thread ini ada sedikit tambahan tentang mitologi bangsa Sumeria tentang mahluk Divine Anunnaki yang misterius .. untuk bro TS yang lama, sekalian ini minta ijin reborn threadnya ye.

bicara tentang Sumeria, ada banyak kisah kisah luar biasa yang tertulis di artefak kuno tablet tanah liat cuneiform yang berhasil diterjemahkan, mulai dari kisah "ancient sky peoples," para dewa dari langit, penciptaan, legenda air bah, hingga epos Gilgamesh yang menkajubkan sekaligus membingungkan.

sayang TS sangat terbatas dalam pengetahuan soal kisah kish tersebut, maka dari itu kalau agan berkenan beropini, berkomentar, membagi pengetahuan atau menyumbangkan artikel, mengenai bahasan seputar Sumeria dan legenda legendanya akan sangat dihargai.

akhir kata, mudah mudahan thread ini bisa menjadi bacaan yang menghibur dan bermanfaat.

terima kasih.

Quote:




Bahasa Sumeria Kuno Punah karena Kekeringan

WASHINGTON - Seorang ahli geologi mengatakan bahwa punahnya bahasa Sumeria kuno disebabkan oleh kekeringan panjang yang terjadi 4.200 tahun silam. Kekeringan tersebut berlangsung selama 200 tahun.

Dilansir dari Live Science, Jumat (7/11/2012), sampai saat ini tidak ada catatan yang secara eksplisit menyebut kekeringan sebagai penyebab kehancuran bangsa Sumeria. Akan tetapi, ada beberapa bukti arkeologis dan geologis yang menunjukkan peradaban Sumeria perlahan hancur karena kekeringan.

"Ini bukan soal satu musim panas atau dingin. Ini adalah kekeringan selama 200 sampai 300 tahun," ujar ahli geologi di Byrd Polar Research Center, Matt Konfirst.

Peradaban Sumeria mulai berjaya di Mesopotamia kuno pada 3.500 tahun silam, lokasinya adalah Iraq di masa kini. Sumeria kuno menemukan huruf paku, membangun roda dan busur pertama di dunia, serta menulis puisi epik pertama yang berjudul Gilgamesh.

Namun setelah 200 sampai 300 tahun pergolakan, peradaban Sumeria menghilang, tepatnya sekira 4.000 tahun silam. Bersamaan dengan hal itu, bahasa Sumeria pun turut punah.

Konfirst mengungkapkan, bukti pernah terjadi kekeringan panjang di sana pada masa tersebut diketahui melalui naiknya penguapan air di Laut Merah dan Laut Mati, turunnya tingkat air di Danau Van, Turki dan inti sedimen laut dari masa itu mengalami peningkatan kadar debu.

Berdasarkan penelitian situs purbakala Tell Leilan di Suriah, diketahui bahwa pada kisaran waktu yang sama, 74 persen hunian di Mesopotamia kuno ditinggalkan. Populasi penduduk di wilayah tersebut juga menyusut sampai 93 persen.

"Orang masih hidup di wilayah ini. Runtuhnya sebuah peradaban tidak berarti bahwa seluruh wilayah tersebut benar-benar diabaikan. Namun, terjadi perubahan tajam dalam hal populasi," terang Konfirst.

artikel pic asli di http://techno.okezone.com/read/2012/...ena-kekeringan

Quote:





------- emoticon-Ngacir
Diubah oleh mosquit0 01-09-2015 12:53
BALI999
nona212
indrastrid
indrastrid dan 5 lainnya memberi reputasi
6
89.5K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.