AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Philips Made in China, Asli atau Palsu?

Quote:

Dulu, dalam urusan peralatan elektronik, Ane paling fanatik dengan merek Philips. Alasannya, karena merek dagang dari perusahaan eletronik asal Belanda yang berdiri sejak tahun 1891 ini, telah terbukti awet dan hemat energi, khususnya di bidang Lighting.

Di rumah Ane ada satu lampu Philips asli Made in Holland, yang berusia sepuluh tahun lebih baru rusak. Karena itu, setiap ganti lampu, Ane selalu usahakan tetap memakai merek ini, meski harganya relatif mahal dibanding merek lain.

Namun belakangan ini, Ane mulai meragukan kualitas Lampu Philips. Pasalnya beberapa tahun terakhir ini, Lampu Philips sering mati, bahkan ada yang tidak sampai satu tahun pemakaian, dan paling lama dua tahun. Walaupun ada garansi, namun Ane selalu lupa di mana membelinya, dan nota pembelian juga lupa di mana naruhnya. emoticon-Big Grin

Kerusakannya yang terjadi bervariasi. Kadang yang rusak adalah elemen lampunya, dan kadang rangkaian elektroniknya. Karena itu, untuk mengatasinya kadang Ane tukar antar komponen yang masih baik, sehingga bisa menyala kembali.

Dan barusan Ane beli lagi lampu Philips jenis LED yang katanya lebih hemat listrik, daya pakainya lebih lama, serta garansi tiga tahun. Lampu ini untuk mengganti lampu Philips lama jenis spiral (Tornado).

Karena penasaran dengan jenis LED ini, terutama tentang kelebihan dan daya tahannya, maka semua keterangan yang ada di kotak kemasannya Ane baca dengan teliti. Tiba-tiba Ane agak terkejut ketika melihat ada tulisan “Made in China”, dan "www.philips.co.id".



Philips kok Made in China? Bukankah lampu ini produk Belanda? Ane sih paham, suatu produk bisa saja dirakit dan dipasarkan oleh negara lain di bawah lisensi dari perusahaan asal. Tapi, kalau memang ini diproduksi di China, mengapa websitenya menggunakan Philips Indonesia? Mengapa tidak dirakit di Indonesia saja? Bukankah Philips mempunyai cabang di Indonesia tepatnya di Surabaya, dan sudah mengeluarkan beberapa produk Philips Made in Indonesia?

Kemudian Ane periksa semua lampu Philips yang lain. Eh ternyata semuanya sama, Made in China, meski di sana ada logo SNI. Made in China kok berlogo SNI?

Yang bikin Ane tambah heran, andai benar China mendapat lisensi dari Philips, lalu mengapa Philips memberikan lisensinya kepada China, sedangkan Philips menurut Hendra Rusmana Liu, Senior Marketing Manager Philips Lighting, Philips juga mengekspor lampu ke Cina, karena khawatir negara itu akan membanjiri Indonesia dengan lampu-lampu buatan mereka. Bahkan, Ketua Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia, John Manoppo mengajukan petisi pengamanan perdagangan dari impor kepada Komisi Pengamanan Perdagangan Indonesia, karena khawatir terhadap serbuan produk Cina. Menurutnya, dari sekitar 120 juta unit lampu yang beredar di Indonesia pada 2008, hanya 40 juta unit yang merupakan produk dalam negeri.

Melihat beberapa keganjilan tersebut, Ane bertanya-tanya:

Apakah menurunnya kualitas produk Philips itu disebabkan karena diproduksi oleh China?

Apakah produk Philips Made in China itu produk Philips Palsu?
***
Itulah yang Ane rasakan dari lampu Philips sekarang. Lalu bagaimana menurut GanSis semua?(*)
Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 20-06-2018 12:05
0
75.1K
345
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.