Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1757
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012424198/wajib-masuk-yg-pake-mobil-matic
Cara Menggunakan Transmisi Matik yang Aman Selama ini kecelakaan mobil terjun dari gedung bertransmisi automatic, apakah ini pertanda bahwa pemahaman cara mengemudikan transmisi automatic untuk orang Indonesia masih belum matang? mungkin hal itu bisa dibilang benar karena seluruh kecelakaan terjunnya mobil dari gedung memakai transmisi automatic semua. Memang cara mengendarai transmisi automatic b
Lapor Hansip
08-01-2012 10:52

wajib masuk yg pake mobil matic

Cara Menggunakan Transmisi Matik yang Aman


wajib masuk yg pake mobil matic

Selama ini kecelakaan mobil terjun dari gedung bertransmisi automatic, apakah ini pertanda bahwa pemahaman cara mengemudikan transmisi automatic untuk orang Indonesia masih belum matang? mungkin hal itu bisa dibilang benar karena seluruh kecelakaan terjunnya mobil dari gedung memakai transmisi automatic semua.
Memang cara mengendarai transmisi automatic berbeda tetapi perbedaannya tidak begitu jauh. Ada beberapa cara agar anda bisa memahami bagaimana cara mengemudikan transmisi automatic sehingga anda bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan tersebut:

1. Bila anda sudah ingin start dengan transmisi matic anda pertama-tama injak rem dan kemudian geser tuas transmisi menuju R atau D (sesuai kebutuhan anda).

2. Setelah digeser lepas pedal rem yang anda injak dibarengi dengan menonaktifkan parking brake.

3. Setelah melepas rem dan menonaktifkan parking brake injak pedal gas secara perlahan, jangan menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam karena dapat mempengaruhi konsumsi BBM dan dapat membuat mobil “loncat”.

4.Bila anda terjebak macet dan anda harus berhenti usahakan untuk menggeser tuas transmisi ke N karena bila tidak digeser dapat membuat kopling transmisi automatic menjadi cepat habis.

5.Bila melewati jalanan menanjak yang terjal geser tuas transmisi dari D ke L/1 karena posisi ini merupakan posisi dimana letak gear berada di tempat paling ringan sehingga mudah untuk melewati tanjakan. Tetapi apabila tanjakan yang tidak terlalu terjal bisa di letakkan di 2/L2/D2

6.Bila sudah memarkirkan kendaraan geser tuas dari D ke P karena biasanya anak kunci tidak akan bisa dilepaskan.
Bagi temen” yang merasa mobil maticnya kurang spontan tenaganya, boleh nih liat artikel yang ada di link dibawah ini. Dijamin, bisa ngacir kaya mobil manual………..


Karena banyaknya anggapan yang salah terhadap perlakukan mobil matic dan bikin trauma or ragu-ragu buat yang baru mau mencoba/merasakan ataupun yang ingin membeli mobil matic ditambah seringnya terjadi kecelakaan mobil terjun bebas dari parkiran yang secara kebetulan bertransmisi matic. Ada baiknya coba pahami beberapa kesalahan presepsi tentang mobil matic. Selanjutnya terserah anda :

Mobil matic gak bisa didodorong jika mogok.


Mobil Matic gak bisa diajak ngebut/susah nyalip (Siapa Bilang??)


Mobil Matic mahal perawatan



Harga jual yang turun/lebih murah dari manual.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Tambahan: untuk lebih mengenal karakteristik transmisi matik, berikut perilaku transmisi matik untuk setiap posisi tuasnya.

P: transmisi akan mengunci komponen yang terkopel langsung dengan roda. Hal ini memberikan efek seperti rem tangan, tetapi jangan hanya mengandalkan posisi ini untuk parkir dengan beban yang cukup berat. ex: tanjakan.

R: saya rasa semua sudah tau posisi ini. Gunakan posisi ini untuk berjalan kearah belakang(mundur).

N: di posisi ini, seluruh hubungan antara roda dan mesin dilepaskan. Dan tidak ada mekanisme pengunci roda layaknya posisi P. catatan: sangat disarankan untuk menggunakan posisi N dan aktifkan rem daripada P jika anda tidak bermaksud berhenti untuk meninggalkan mobil.

D: gunakan posisi ini untuk menggunakan seluruh rasio dalam transmisi anda selama perjalanan. dibeberapa mobil juga terdapat tatanan D4, D3, L2, L1. Untuk merk toyota biasanya terdapat D,2,1 dengan tombol overdrive off pada tuasnya.

D3 atau O/D off: posisi ini akan membatasi perpindahan rasio hingga tingkat ke 3. Pada beberapa mobil toyota dengan tombol O/D off, tombol ini menonaktifkan gigi4 dan menahan transmisi pada rasio tingkat3. Gunakan posisi ini untuk melakukan overtakin

sumber:http://willycar.wordpress.com & http://skullsmokers.wordpress.com


itulah sedikit info temtang mobil matic semoga bermanfaat buat kaskuser semua
kalo berkenan kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star jg gak apa2 gan
tks
Diubah oleh debourbon
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 82 dari 88
wajib masuk yg pake mobil matic
04-04-2018 00:36
Maaf new bie om
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
04-04-2018 00:37
Quote:Original Posted By cavanachg


paling2 sensor oksigen, entah di intake atau di exhaust, coba aja dicek part per part dicoba pake part dari bengkel msh check engine nyala atau ngga

Oh gtu om siap nnti mau di cek per part. Kalo bergetarnya mobil saat posisi mau berhenti di gigi D di pengaruhi body throtlle jga om ?

langsung aja


0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
04-04-2018 07:47
Quote:Original Posted By wanez
Permisi gan mau tanya, ane pake HRV E Matic. Kemarin posisi lagi parkir, mobil ane di tabrak dari posisi belakang sehingga terseret maju 5cm. Karena ini mobil matic pertama ane, mau tanya dong, matic saat tuas di P (park) apakah perseneling nya sedang masuk atau posisi kunci? Kemudian kalau ditabrak dri belakang seperti itu apakah bahaya buat gearboks nya? Takutnya malah jebol nanti

So far ane pake hari ini belum ada masalah si, cuma mau memastikan aja.
Tenkyu sebelumnya.


saya ga yakin krn itu CVT sistem kunciannya gimana ga tau, tp yg pasti posisi P pun bisa jalan cuma berat sekali, klo dipaksa bisa jebol tp klo 5cm mah biasa
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
04-04-2018 07:49
Quote:Original Posted By rakamadona044


Oh gtu om siap nnti mau di cek per part. Kalo bergetarnya mobil saat posisi mau berhenti di gigi D di pengaruhi body throtlle jga om ?


bisa aja, tapi klo cuma getar di gigi tertentu, ada kemungkinan lain, engine mounting, engine mounting gampang ceknya, matiin mesin, buka kap, trus starter mesin sambil liat ruang mesin (mesti dibantu orang lain), klo pas nyala goyang banyak (>5 cm) kemungkinan besar udah rusak mountingnya

klo yg lain biasanya seluruh gigi getar, kecuali sensor oksigen krn itu juga ngebaca posisi gigi..
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
04-04-2018 10:34
Quote:Original Posted By cavanachg


bisa aja, tapi klo cuma getar di gigi tertentu, ada kemungkinan lain, engine mounting, engine mounting gampang ceknya, matiin mesin, buka kap, trus starter mesin sambil liat ruang mesin (mesti dibantu orang lain), klo pas nyala goyang banyak (>5 cm) kemungkinan besar udah rusak mountingnya

klo yg lain biasanya seluruh gigi getar, kecuali sensor oksigen krn itu juga ngebaca posisi gigi..

Iya sih om. Bingung jga mana bergetar mesin kaya yg mau mati pula om. Udh bolak balik bengkel tetep aja kaya gtu 😑
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
12-04-2018 21:45
Quote:Original Posted By rakamadona044
Iya sih om. Bingung jga mana bergetar mesin kaya yg mau mati pula om. Udh bolak balik bengkel tetep aja kaya gtu 😑


Hmm metiknya tipe apa? Dulu ane jg gtu, biasa nya itu karena masih nyangkut di top gear ga pindah ke gear terendah jd getar n mau mati2

Coba deh ke gear terendah dulu masih getar n mau mati ga? Klo iya berarti masuk limp mode/ mode darurat, klo udah gtu reset ECU nya/ paling parah ganti ECU metik
===≠≠

Oya sekalian mau tanya

itu kalo metik nya ga mau konek knp ya? harus nunggu dulu minimal 20 menit baru mau konek

Mobil ane lancer Evo 3 metiknya konvensional 4 at gear jadul. baru ganti kampas n ECU metik
Diubah oleh rafleejun
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
25-04-2018 16:56
Saya mau tanya ttng Civic FD2..
Kemarin saya ganti transmisi matic ex singapura,begitu dipasang saat mau dinyalakan mesinnya indikator malah di D pdhal tuas maticnya posisi di P..
Itu kenapa ya kira? Apa dr transmisinya gk cocok atau karna sensornya?
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
06-05-2018 12:42
Mas mas, mau tanya dong.
Mobil saya escudo matic 2.0 2001. Ketika sedang berjalan di posisi D, tiba tiba dia seperti menurunkan posisi gigi ke rendah... laju tertahan seperti tersendat kemudian kembali normal
Nah yang terakhir mobil gak kuat tanjakan di tol. Dan akhirnya diderek. Kira kira itu kenapa ya?
Terimakasih
Diubah oleh dimas.chuck
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
10-05-2018 02:54

Nyimak Gan

Ijin nyimak pengguna matic krista
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
21-05-2018 19:03
Om ane mau nanya, apa betul oli gardan all new avanza veloz 1.3 metic tahun 2016 memiliki oli gardan sbnyak 4L ..??
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
22-05-2018 10:59
Quote:Original Posted By dhiechan2
Saya mau tanya ttng Civic FD2..
Kemarin saya ganti transmisi matic ex singapura,begitu dipasang saat mau dinyalakan mesinnya indikator malah di D pdhal tuas maticnya posisi di P..
Itu kenapa ya kira? Apa dr transmisinya gk cocok atau karna sensornya?


mobilnya berasa di P atau D? krn switch nya kan elektronik doang ga kaya manual

Quote:Original Posted By dimas.chuck
Mas mas, mau tanya dong.
Mobil saya escudo matic 2.0 2001. Ketika sedang berjalan di posisi D, tiba tiba dia seperti menurunkan posisi gigi ke rendah... laju tertahan seperti tersendat kemudian kembali normal
Nah yang terakhir mobil gak kuat tanjakan di tol. Dan akhirnya diderek. Kira kira itu kenapa ya?
Terimakasih


pertanyaan pertama, udah brapa lama ga ganti oli trans?
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
29-05-2018 11:32
Quote:Original Posted By cavanachg


mobilnya berasa di P atau D? krn switch nya kan elektronik doang ga kaya manual



pertanyaan pertama, udah brapa lama ga ganti oli trans?


Ane baru beli second, langsung ganti oli transmisi tapi cuma yang 3 liter. Saya gatau record mobil sebelumnya rutin ganti oli trans atau ngga. Mungkinkah dari olinya om?
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
02-06-2018 08:59
saya ada mobil ertiga matic, rencana mau flush oli matic
oli matic nya harus pakai brand suzuki atau yang penting pakai dextron 3 dengan segala merk?
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
07-06-2018 02:00
Yang musti agan pahami, mesin matic tiap mobil itu beda2.. Tanyakan ke deler atau bengkel, mobil agan masuk mesin matic konvensional atau CVT. Setahu saya, kalau mesin cvt umurnya pendek.. Sekitar 100rbkm. Klo sudah masuk ke 100rb biasanya perlu ganti tuh mesin maticnya.. Dan harganya 25jtan itupun beli aftermarket dr singapore dan sekitarnya. Kalau matic konvensional, setelah jalan dari 0km-40rbkm awal, gantilah oli matic anda.. Biasanya sih jenisnya ATF. Klo di city 2010 pakenya ATFz1, dan di honda sendiri oli maticnya beda2 jg.. Jangan asal ganti oli matic ATF gan.. Karena kekentalan dan kandungan tiap olinya beda.. Biasanya kalau matic konvensional lebih panjang umurnya.. Tergantung seberapa rajin kita ganti oli.. Klo bisa sih di kuras setiap 40rbkm tapi biayanya jg mahal😂😂 klo honda biasanya sekitar 700-900rb itu belom termasuk oli matic yang di butuhin sekitar 7lt gan.. Semoga membantu
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
07-06-2018 02:02
Lebih baik pake oli yang di anjurin sama dealer gan.. Meskipun banyak oli matic ATF yang bagus akan lebih baik kalo ngikutin saran dealer.. Klo mau lebih murah, silahkan tanyakan jenis oli sedetail mungkin, lalu beli di luar dealer or bengkel resmi gan.. Biasanya lebih murah😂😂
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
09-06-2018 04:58
pagi gan mau nanya, mobil sy jazz gk5. kalau parkir di jalanan naik/turun ( jadi ketika parkir dengan kemiringan 30''' ) ketika mobil mau jalan perpindahan perneling dari P-N-D koq kasar ya. kalau jalanan lurus halus, kira" kenapa ya gan
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
17-06-2018 16:05

Avanza S Matik 2010

Baru ambil itu, matiknya mantap..
D jalan biasa
3 kalau butuh cepat dan responsif (bensin bakal kesedot banyak)
2 kalau tanjakan terjal dan panjang, contoh gombel Semarang, rpm tinggi ganti ke 3
L kalau emang macet dan terjal 40%.

Salam kenal buat semuanya
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
17-06-2018 18:08
Quote:Original Posted By McTravis
pagi gan mau nanya, mobil sy jazz gk5. kalau parkir di jalanan naik/turun ( jadi ketika parkir dengan kemiringan 30''' ) ketika mobil mau jalan perpindahan perneling dari P-N-D koq kasar ya. kalau jalanan lurus halus, kira" kenapa ya gan


saat mobil dari posisi jalan, kemudian mau berhenti pasti tuas matic dari D lgsg digeser mentok sampai P yah?
itu yang membuat kasar

yang benar adalah :
1. dari D pindah ke N (sambil injak rem kaki penuh)
2. tarik parking brake
3. lepas rem kaki
4. pindahkan tuas dari N ke P

pasti gak ngejedak
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
18-06-2018 21:30

Parkir di jalan menanjak.

coba dari P ke R dulu, terus kasih mundur mobilnya sedikit saja, langsung injak rem dan handbrake kuat-kuat. Baru masuk N-D pelan-pelan. Setelah itu, injak gas pelan sambil lepas handbrake.
0 0
0
wajib masuk yg pake mobil matic
21-06-2018 06:25

ayla 1.2 matic

Gan mobil ane ayla 1200 cc matic
Ane ada 4 prtnyaan
1.kemarin lagi jalan kenceng gk sengaja tuas transmisi pindah ke R (yg buat mundur) akibatnya apa ya??
2. Kalo lagi macet padat merayap kondisi lagi jalan tuas ane pindah ke N kan masih jalan tuh...pas mobil dpn berenti ane rem itu gpp gan? Atau nunggu berhenti ane rem trus pindah ke N?
3.kalo mobil lagi diam mw jalan pindah ke D4 apa harus injak rem dalem dulu?
4. Kalo lagi jalan pelan kira2 5km/jam ane kan di N trus mw jalan pindah ke D4 tanpa injak rem gpp?ane si seringnya gitu..
Makasi yg dah mw jawab..

Diubah oleh omtoto
0 0
0
Halaman 82 dari 88
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia