gembaladomba1.3
TS
gembaladomba1.3
Dukung Politik Dinasti, Jangan Sedih Jika Mental Anak Muda Sulsel Koruptor
Makassar, Istilah dinasti politik mamang terdengar asing bagi beberapa kalangan, Politik dinasti dapat diartikan sebagai sebuah kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga.
Dinasti politik lebih indenik dengan kerajaan. sebab kekuasaan akan diwariskan secara turun temurun dari ayah kepada anak. agar kekuasaan akan tetap berada di lingkaran keluarga.
Tren politik kekerabatan itu sebagai gejala neopatrimonialistik. Benihnya sudah lama berakar secara tradisional. Yakni berupa sistem patrimonial, yang mengutamakan regenerasi politik berdasarkan ikatan genealogis, ketimbang merit system, dalam menimbang prestasi.
Dan kini disebut neopatrimonial, karena ada unsur patrimonial lama, tapi dengan strategi baru. Guru Besar Universitas Pasundan Idrus Affandi menegaskan, jika membiarkan politik dinasti sama halnya dengan membangun mental koruptor bagi geberasi bangsa.
Sebab, menurut akademisi Bidang Politik itu, Politik dinasti tak hanya menyumbat regenerasi pemimpin yang demokratis, tapi juga menciptakan generasi koruptor.
"Melanggengkan politik dengan memajukan istri, anak, saudara, atau kerabat menggantikan kedudukannya sebagai pejabat publik berdampak buruk bagi kehidupan berbangsa dan bertanah air," beber Idrus Affandi.
"Sebab, dengan politik dinasti menyebabkan terjadi kemacetan demokrasi, akibat tersumbatnya kaderisasi beberapa generasi. Di samping itu, politik dinasti sangat rawan menimbulkan korupsi, kolusi, dan nepostisme (KKN)," sambung Idrus.
Idrus Affandi menambahkan, bahwa Politik produk zaman feodal itu sangat berdampak buruk bagi tatanan sosial kemasyarakatan.
"Dapat merusak tatanan sosial, sekaligus merusak pemimpin itu sendiri beserta keluarganya. Pemimpin yang berakhir masuk penjara karena korupsi, selain menghancurkan nama baik keluarga, juga mempermalukan seluruh rakyat yang dipimpinnya," tambah Idrus.
Diketahui, Politik Dinasti selalu disematkan kepada klan Yasin Limpo. Dimana Syahrul Yasin Limpo merupakan Gubernur dua periode (2008 - 2018) Sulawesi Selatan, setelah masa jabatan SYL sapaanya, akan berakhir, dirinya berkomitmen kuat mendukung adiknya Ichsan Yasin Limpo untuk memenangkan Pilgub Sulsel.
Tak hanya itu, beberapa sanak saudara SYL pun merupakan pejabat strategis institusi pemerintahan di Sulsel dan kabupaten/kota Sulawesi Selatan. Bisakah KPK mengusutnya..?.


Kaskuser Sulsel mana nih, Ini gmna paslon kalian... satunya korupsi, satunya politik dinasti...

emoticon-Nohopenohopeemoticon-Nohopemewekemoticon-Mewekemoticon-Matabelo


Spoiler for Berita:


Sumber Berita : http://www.tintasulsel.com/2018/06/d...gan-sedih.html

Spoiler for BONUS ::

0
2.1K
12
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.