rizqiion224Avatar border
TS
rizqiion224
Begini Nasib Indonesia Kalau Ada Perang Nuklir






Spoiler for NO REPOST:



Sebenarnya rada kurang kerjaan buat bikin nih trit, tapi karena ane udah janji bakal buat trit satu minggu sekali dan harus bagus, ya udah ane buat, tulisan ane di bawah sebenernya udah lama, dan ane terus koreksi kalau-kalau banyak salahnya, salah pasti ada namanya juga manusia gan emoticon-Ngakak (S).

Quote:

Di Trit ini Ane mau bahas gimana nasib Indonesia kalau perang nuklir pecah, satu hal yang perlu diingat, ane gak bakal bahas masalah birokrasi dan politik, karena terlalu banyak, terlalu rumit, dan bosenin buat dibaca santai. Terus ane buat ini trit bukan maksud ngeramal tapi prediksi dari sumber-sumber yang ane cari dan juga pengalaman yang udah ada oke, ane gak ngeramal bisa salah emoticon-Big Grin





Anggap Aja Perang Dingin Masih Berlanjut


Well, ane bukan guru sejarah gan, tenang aja, ane gak nyuruh ente hafalin yang ane tulis, jadi nikmatin aja emoticon-Ngakak (S).
Perang Dingin atau cold war berawal dari berakhirnya suatu perang. Perang itu cukup terkenal gan, namanya perang dunia kedua. Buat yang belum tahu, atau sudah tahu. Ane kasih gambaran sederhana apa itu Perang Dingin, intinya dua negara gede yang satu namanya Amerika, yang satu namanya Uni Soviet. Efeknya pas tahun 50-80 an Senjata Nuklir ini barang yang jadi ajang lomba. Mereka berdua balapan biar bisa punya senjata paling kuat.
Alesannya? Well, ada yang namanya MAD kependekan dari Mutual Assured Destruction yang artinya “Kalo ente ngebom negara gua, gua bakal bom negara lu.” Nah biar salah satu pihak itu gak berani ngebom karena takut di bom balik pake senjata yang lebih kuat, kedua pihak saling kejar-kejaran biar ngerasa aman. Nah karena perang dingin udah gak ada. Anggep aja buat trit ini Uni Soviet gak pernah bubar, Gorbachev gak pernah ada, perang dingin makin memanas sampai sekarang. Sampe-sampe ada salah satu pihak yang mabok ngaktifin fail-safe senjata nuklir. Kenapa bisa gitu? Anggep aja yang mabok itu abis minum cendol sekolam emoticon-Ngakak (S).





SKENARIO PERTAMA
INDONESIA GAK SENGAJA KENA BEBERAPA SENJATA NUKLIR



Nah sebelum ngebom Indonesia emoticon-Ngakak (S), kita cari tahu dulu efek dari senjata nuklir.
Ada beberapa ledakan yang terjadi abis bom nuklir meledak :


Blast Effect


Ledakan utama ini kita panggil aja Blast Effect, Blast effect ini berupa tekanan dan gelombang angin hasil dari konversi energi kinetik dari senjata nuklir, Logika aja energi yang dihasil kan harus sama dnegan energi awal, jadi bentuk energi lain yang dihasilkan adalah blast effect ini. Dalam radius beberapa kilometer, orang-orang yang memiliki tubuh kecil dan massa ringan akan terpental karena impuls yang didapat.
Gelombang angin yang menabrak tubuh bisa mencapai 300 m/s atau setara 1080 km/jam. Gelombang tersebut bahkan bisa bertambah lebih kuat karena peristiwa interferensi konstruktif. Orang yang terkena blast effect akan mengalami shock, pecah gendang telinga sampai kerusakan organ dalam.

Ya iyalah gila aja ditabrak 300 m/s emoticon-Cape d...


Ledakan Thermal


Kalo Blast itu berupa tekanan dan impuls, ledakan thermal yang berupa panas juga dihasilin, ya iyalah emoticon-Cape d...

Efek pertama yang bakal dilihat dari warga sekitar, FLASH, Cahaya dengan luminosity tinggi saat ledakan terjadi. Saat ledakan terjadi, bergantung dimana orang itu. Semakin dekat, kemungkinan retina rusak semakin gede, bahkan ada yang nyebut retina nya di bleach (kaya baju emoticon-Ngakak (S)).
Beberapa saat setelah FLASH timbul fireball, yang paling mematikan dari ledakan nuklir, cuma perlu 10 detik sampai fireball
mencapai ukuran maksimum dari ground zero.
Quote:


Yang berarti gak bakal ada cukup waktu untuk orang-orang pergi dari site ledakan...... kecuali berlindung di basement atau di balik tembok konkrit..

Seperti Akiko Takakura

Selamat dari Bom Hiroshima, Akiko Takakura hanya berjarak 300 meter dari ground zero, tapi karena beliau sedang bekerja di dalam bank, yang bangunannya terdiri dari tembok konkrit tebal, ia pun selamat.
Quote:


Sebaliknya Mr. X yang berdiri sedikit lebih jauh dari bank dimana Akiko bekerja, langsung tewas karena gelombang panas dan juga blast effect. Selain efek-efek langsung dari radiasi termal atau gelombang panas, efek lain yang bisa bikin korban terluka parah adalah, barang yang dibawa korban, kalo untuk zaman sekarang contoh aja, koin, smartphone, kunci motor/mobil, bakal cepat panas dan melukai kulit korban secara terus menerus, memaksa korban melepas celana atau pakaian.
Tapi
Pakaian yang dipakai juga sangat penting karena radiasi termal setidaknya terhambat untuk menyentuh tubuh secara langsung,

Quote:

Gak kebayang gimana panasnya, ane aja deket-deket kompor nangis emoticon-Ngakak (S)

Ledakan Radiasi Pengion

Ledakan yang ketiga adalah ledakan radiasi pengion, Saat senjata nuklir meledak, unsur unsur berat bahan baku senjata nuklir seperti uranium dan plutonium bakal terbelah menjadi unsur yang lebih ringan, nah disertai beberapa partikel, partikel alfa dan beta, juga sinar gamma.
Mereka bertiga bisa ngerusak DNA kita, dalam jangka waktu yang lama. Salah satu unsur radioaktif yang diciptakan dari fisi Uranium itu Iodin, tepatnya iodin isotop I-131. Aktivitas radio dari unsur ini bisa buat orang-orang yang terkontaminasi dalam jangka waktu lama mengidap kanker tiroid. Banyak unsur radioaktif yang alin seperti Strontium-90, Timbal, dst.
Nah bahaya langsung dari efek radiasi pengion ini itu orang-orang yang berada sangat dekat dengan ground zero setelah ledakan, di deket ground zeroes radiasi bisa mencapai 1000-5000 rem. Cukup untuk membunuh orang tersebut dalam beberapa hari.

Nah sekarang kita simulasiin gan emoticon-Big Grin

Quote:


Sebenernya ane bisa cari data di Wikipedia terus manual ngitung berapa radius yang dihasilin sama senjata nuklir tertentu, Tapi daripada lama bin salah ngitung salah, Mending pake website simulasinya gan namanya Outrider, nah trit agan ini dulu pake nuclearsecrecy, sekarang ada versi yang lebih bagus UI dan UX, ente bisa googling namanya sendiri kok emoticon-Big Grin
Anggep aja gak sengaja bom nuklir jatuh di kota Indonesia yaitu bandung (amit-amit jangan deh gan) ane ingetin lagi ini Cuma simulasi kalo ada agan-agan domisil Bandung ane maaf yak emoticon-Big Grin. Kita bisa pilih tempat, bisa pilih senjata nuklir yang pernah ada, dan ente bisa lihat radius sampai macem-macem ledakannya gan.





SKENARIO DUA
GAK ADA SATUPUN SENJATA NUKLIR YANG MAMPIR ke INDONESIA




Quote:


Iya gan ente bener banget, tapi bukan berarti Indonesia gak kena masalah dari senjata nuklir yang meledak di wilayah negara lain.
Nah sekarang ane bakal ambil contoh letusan gunung api KRAKATAU. Efek dari erupsi gunung Krakatau gak cuma di wilayah Banten dan sekitarnya gan, tapi sampai ke wilayah bumi bagian utara.

Kok Bisa?

Pas erupsi, Gunung Krakatau ngeluarin materi vulkanik, nah materi materi vulkanik yang bisa jadi koloid dengan udara bakal terbawa angin dan terus nutupin permukaan bumi, efeknya ke pertanian gak main-main gan, banyak tanaman layu dan mati gara-gara kurang cahaya, Bisa jadi banyak yang hidup, tapi tanpa fotosintesis, sama juga boong kan emoticon-Big Grin.

Quote:


Nah senjata nuklir pun bisa ngehasilin efek yang hampir sama walau gak sekuat gunung krakatau, tapi jumlah senjata nuklir yang dipunya sama amerika dan uni soviet pernah mencapai 70.000senjata nuklir.
Quote:


Butuh 4 Tsar Bomba buat nyamain energi erupsi dari gunung krakatau, kalau aja ada 10000 bom yang diledakin di seluruh dunia, itu udah lebih lebih dari cukup buat nyamain volcanic winter dari Gunung Krakatau.

Quote:


Iya ane udah jelasin kalau cuman ada sedikit cahaya buat tanaman sama juga bohong, produksi pangan dari sektor pertanian bakal berkurang drastis, kalau tanaman berkurang otomatis juga peternakan. Karena negara tetangga juga mengalami hal yang sama, masalah selanjutnya pun terjadi. Kelangkaan makanan, makanan Indonesia baik waralaba atau dibuat oleh industri rumahan pasti berkurang juga, bahan produksinya aja langka, orang-orang lebih berpikir makan buat dirinya sendiri.

Tapi tunggu, masih banyak kontroversi tentang Nuclear Winter ini, ada yang bilang gak bakal terjadi, ada yang bilang terjadi, jadi udah jelas emang, Indonesia kalau gak kena, gak separah kalo kena.
Anak TK juga tahu emoticon-Hammer (S)





EFEK SETELAHNYA



Satu hal yang gak kalah penting Bahan Bakar, tanpa adanya pasokan bahan bakar, kendaraan bakal stuck, gak jalan. Mungkin ada beberapa yang jalan, tapi sebenernya bukan kendaraan yang perlu dikhawatirin gan kalo kekurangan bahan bakar.
Tapi Pembangkit Listrik, tanpa bahan bakar, pasokan listrik bakal berkurang drastis. Bangunan-bangunan umum yang dibutuhkan orang banyak setelah perang nuklir seperti Rumah Sakit juga Bank bakalan lumpuh.

Di saat makanan mulai langka, karena bisa jadi terkena fallout atau nuklir winter, harga makanan pokok pun meroket, Superinflasi terjadi, dan kemungkinan paling buruk, bukan berarti pasti terjadi tapi worst case scenario aja, kericuhan.

Banyak negara ricuh karena inflasi/Hiperinflasi, contoh aja Venezuela. Di indonesia juga pernah kan dulu, bahkan ricuhnya menurut ane gak manusiawi. Ya memang untuk Inflasi belum tentu juga terjadi, tapi kita belajar dari peristiwa yang udah terjadi sebelumnya, gak ada niatan ane ngeramal pasti gitu, ini cuma opini, so take with a grain of salt gan emoticon-Big Grin.

Best Scase scenario, masyarakat bisa sabar dan meredam emosi, gak egois dan tertib emoticon-Big Grin.

Beberapa tahun selanjutnya Ekonomi negara pasca perang nuklir bakal membaik, tapi gak bakal sebaik sebelum perang nuklir, jadi bersyukur aja gan, Perang Dingin selesai, Gorbachev lahir, dan Uni Soviet runtuh emoticon-Big Grin.



BTW ane mau rekomendasiin film bagus yang judulnya panjang kaya kereta gan emoticon-Ngakak (S)
filmnya Stanley Kubrick yang punya judul Dr. Strangelove or How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb.
Film keren tentang Tegangnya kalau-kalau ada Perang Nuklir, tapi ini filmnya bukan action gan, malahan satir komedi, jadi mungkin cocok buat ngabuburit emoticon-Big Grin.




Jangan Lupa Share ya gan emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)



Spoiler for "Sumber":



Zamtaki©

Diubah oleh rizqiion224 12-06-2018 12:46
zharki
zharki memberi reputasi
1
34.3K
408
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.