BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Gambir-Pasar Turi jadi rute perdana kereta sleeper nan mewah

Desain kursi kereta sleeper PT KAI yang akan mulai beroperasi pada Selasa (12/6/2018).
Mulai Selasa (12/6/2018) para penumpang kereta api dari Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Stasiun Pasar Turi, Surabaya--dan arah sebaliknya--bisa memilih duduk di gerbong paling mewah yang dilengkapi berbagai fasilitas penunjang nan nyaman.

Kursinya bisa direbahkan hingga 170 derajat hingga menyerupai tempat tidur. Karena itulah kereta ini dinamakan sleeper.

Setiap kursi dilengkapi tatakan makanan yang bisa dilipat, bantal, selimut, tempat gelas, tempat sampah, gantungan jaket, dan kompartemen penyimpan alas kaki.

Selain itu, setiap penumpang juga bakal dimanjakan dengan sebuah TV LCD 12-inci yang menyajikan ragam tayangan multimedia, lengkap dengan headset. Ada pula colokan listrik dan USB untuk mengecas gawai elektronik, lampu duduk, dan lemari kecil untuk menyimpan barang. Wi-Fi gratis pun tersedia di dalam setiap gerbong.

Para penumpang kereta sleeper juga akan mendapatkan makanan kecil, makanan, dan minuman secara gratis. Kamar mandi dengan pancuran (shower) juga tersedia di setiap gerbongnya.

"Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari PT KAI untuk meningkatkan layanan. Dengan adanya layanan luxury class ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanannya," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, dikutip Kompas.com.

Gerbong tersebut diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (Persero), atau INKA, yang berkantor di Madiun, Jawa Timur. Sebagai awal ada empat gerbong--masing-masing hanya berisi 18 kursi penumpang--yang telah diserahkan INKA kepada KAI pada Jumat (8/6).

Tampak atas kursi penumpang di kereta sleeper.
Dr Agus Windarto, perancang kereta sleeper, kepada Tribunnews (8/6), menyatakan semua fasilitas yang disediakan sekelas hotel berbintang lima dan kualitas tempat duduk penumpang bisa dibandingkan dengan yang disediakan pada first class pesawat terbang.

Di dalam kotak penyimpanan yang dilengkapi kunci, menurut Agus, juga tersedia colokan USB agar penumpang bisa mengisi daya gawainya dengan tenang saat harus meninggalkan kursi.

Sebagai awal, PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, akan mengoperasikan empat gerbong produksi PT Industri Kereta Api (Persero), atau INKA, yang berkantor di Madiun, Jawa Timur.

Kereta sleeper yang mulai beroperasi pada Selasa (12/6) akan menjadi bagian dari rangkaian KA Argo Anggrek.

Sebagai awal, masing-masing ada dua jadwal keberangkatan dari Gambir ke Pasar Turi dan sebaliknya.

Jam keberangkatan pertama dari Gambir adalah pukul 9.30 WIB dengan perkiraan waktu ketibaan di Surabaya pukul 17.00 WIB. Kemudian pada pukul 21.30 WIB, yang diperkirakan sampai di Pasar Turi pada pukul 6.30 WIB hari berikutnya.

Sementara dari Pasar Turi tersedia jadwal keberangkatan pukul 8.00 WIB dan 20.00 WIB, yang masing-masing tiba di Gambir pada pukul 17.00 WIB dan 5.00 WIB hari berikutnya.

Selama masa promosi hingga 25 Juni 2018, PT KAI menjual tiket kereta sleeper ini dengan harga Rp900.000 per kursinya.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
"Tarif ini merupakan harga promo yang berlaku selama sebulan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket via berbagai channel pemesanan tiket KAI mulai hari ini," kata Edi, dinukil Liputan6, Senin (11/6).

Rute berikut yang tengah dipertimbangkan KAI untuk kereta sleeper ini adalah Jakarta-Malang.

Kereta sleeper ini diluncurkan untuk melengkapi kereta kelas prioritas. Edi mengklaim bahwa pasar penumpang kereta kelas atas yang ada saat ini cukup banyak dan potensial.

Jika peminat kereta sleeper tinggi, KAI pun akan mempertimbangkan untuk menambah jumlahnya. Dengan adanya kereta sleeper, Edi juga berharap nantinya industri kereta api dalam negeri bisa terus berkembang.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...eper-nan-mewah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Wacana Amien Rais maju sebagai calon presiden

- Mudik berpotensi menggerakkan ekonomi daerah

- Jelang pertemuan Kim dan Trump di Singapura

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.id
icon
13.4KThread730Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.