Kaskus SportAvatar border
TS
Kaskus Sport
#Rusia2018: Profil Peserta Grup E


Pemilik lima gelar Piala Dunia, Brasil akan memulai petualangannya di Rusia dengan tergabung di Grup E. Bersama Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Terlihat mudah, tapi Brasil tak boleh lengah.

Di atas kertas, Tim Samba memang terbilang unggul dari segala aspek. Mulai dari prestasi hingga kualitas para pemainnya. Lantas, apakah pertarungan di Grup E hanya akan “memperebutkan” pendamping Brasil untuk lolos ke fase knock-out?

BRASIL


Credit: FIFA

Peringkat FIFA: 2
Partisipasi di Piala Dunia: 21 Kali
Prestasi Terbaik: Juara - 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002
Pemain Kunci: Neymar


Negara yang tak pernah kehabisan talenta pesepak bola. Brasil datang ke Rusia dengan komposisi pemain yang mayoritasnya sedang dalam usia emas. Ditambah beberapa pemain senior seperti Thiago Silva dan Marcelo.

Akan tetapi, Neymar akan tetap menjadi pusat permainan Tim Samba. Sempat diragukan bisa pulih dari cedera, pemain Paris Saint-Germain tersebut ternyata berhasil pulih dan memastikan diri akan tampil di Rusia.

SWISS


Credit: FIFA

Peringkat FIFA: 6
Partisipasi di Piala Dunia: 11 Kali
Prestasi Terbaik: Perempat Final - 1934, 1938, dan 1954
Pemain Kunci: Granit Xhaka


Dalam beberapa turnamen akbar terakhir, Swiss cukup akrab dengan status tim kuda hitam. Sepertinya hal tersebut akan kembali melekat pada Piala Dunia kali ini.

Deretan pemain Swiss sendiri bisa dikatakan diisi oleh para penggawa yang berkualitas. Di lini belakang ada pemain senior, Stephan Lichtsteiner. Granit Xhaka menjadi motor di lini tengah. Hingga Xherdan Shaqiri yang mampu menyisir sisi sayap dengan sangat baik

KOSTA RIKA


Credit: FIFA

Peringkat FIFA: 25
Partisipasi di Piala Dunia: 5 Kali
Prestasi Terbaik: Perempat Final - 2014
Pemain Kunci: Keylor Navas


Kosta Rika berhasil mengejutkan dunia pada gelaran Piala Dunia 2014 di Brasil. Dengan skuat yang tak terlalu berbeda jauh, bukan tidak mungkin mereka akan kembali mengejutkan di Rusia, musim panas ini.

Keylor Navas yang berhasil membawa Real Madrid menjuara Liga Champions musim lalu, dipastikan akan menjadi tembok kokoh di bawah gawang Kosta Rika. Selain itu, bintang mereka di Piala Dunia 2014, Bryan Ruiz akan tetap menjadi andalan untuk membobol gawang lawan.

SERBIA


Credit: BolaBanget

Peringkat FIFA: 35
Partisipasi di Piala Dunia: 12 Kali (2 Kali Serbia dan 10 Kali Yugoslavia dan Serbia dan Montenegro)
Prestasi Terbaik: Peringkat Keempat - 1930 dan 1962 (Yugoslavia)
Pemain Kunci: Nemanja Matic


Serbia memang tak punya seorang mega bintang layaknya Brasil yang memiliki Neymar. Tapi Serbia mampu bermain secara kolektif dengan mengandalkan kerja sama tim.

Nemanja Matic akan memegang peranan penting di tim Serbia. Ditambah pengalaman sederet pemain senior seperti Aleksandar Kolarov dan Branislav Ivanovic serta para pemain muda berbakat yang ada pada diri Sergej Milinkovic-Savic, Adem Ljajic, dan Aleksandar Mitrovic.


0
22.4K
371
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.