• Beranda
  • ...
  • Sepeda
  • Tertarik Offroad Touring dan Bike Adventure? Kumpul Disini...

bayuwhy
TS
bayuwhy
Tertarik Offroad Touring dan Bike Adventure? Kumpul Disini...
Offroad touring di Indonesia masih belum populer. Padahal di negara-negara barat sana aktivitas ini sudah cukup banyak penggemarnya. Forum sepeda online seperti mtbr.com bahkan sudah menyediakan ruang sendiri untuk Bikepacking and Bike Expedition dengan banyak sekali threadnya. Atau cobalah ketik bikepacking di Google, akan keluar banyak sekali foto aktivitas ini. Offroad touring memang dikenal juga dengan istilah bikepacking. Tapi jangan dibayangkan bikepacking dengan membawa gembolan tas pannier di kanan kiri seperti yang dikenal di Indonesia, karena yang dimaksud bikepacking disini adalah seperti yang didefinisikan di website bikepacking.net berikut:

What’s bikepacking?
The short answer:it’s backpacking with a bike.
Longer answer: any ride that includes an overnight stay. This could be anything from ultralight singletrack tours to fully loaded dirt road touring (e.g. on the Great Divide Mountain Bike Route). bikepacking.net focuses on off-road touring, away from cars. But the concepts and gear transfer equally well to all types of rides that stretch overnight.


Jadi, bikepacking pastilah overnight atau bermalam, yang membuatnya menjadi mirip dengan bike camping. Yang membedakan, jika bike camping yang selama ini dikenal jalurnya lebih banyak melalui jalan aspal dan lebih mendekati tamasya, maka bikepacking seperti yang dijelaskan di atas adalah focuses on off-road touring, away from cars dan lebih mendekati petualangan.



Satu hal lagi yang membedakan, pada bikepacking biasanya semua perlengkapan disetting rackless atau tanpa menggunakan rack. Selain untuk kemudahan handling sepeda di jalan setapak, ini juga untuk menghindari rack lepas atau pannier rusak. Rack atau bagasi tempat menaruh barang pada sepeda kebanyakan masih menggunakan sistem baut. Pada saat offroad, baut-baut ini rawan kendur dan lepas. Begitu pula tas pannier yang dirancang untuk ditempatkan pada rack - biasanya ditempatkan di kanan dan kiri - rawan robek dan lepas jika dibawa ke jalur offroad. Maka, yang paling tepat untuk offroad bikepacking adalah setting perlengkapan rackless seperti di bawah ini.

Spoiler for "RACKLESS":


Dengan sistem rackless bahkan sepeda masih dapat ngebut meskipun fully loaded.

Spoiler for "NGEBUT":


Bagi yang baru tahu dan baru lihat setting seperti ini mungkin akan merasa janggal dan muncul pertanyaan, cukupkah untuk penempatan barang-barangnya?

Jawabannya, bisa cukup, bisa tidak. Agar cukup sangat dianjurkan memakai perlengkapan yang ringkas dan ringan (ultralight gear). Tenda misalnya, cukup membawa tarp tent atau bivy yang beratnya 1 kg, jangan tenda dome Lafuma Campo yang beratnya 3,5 kg. Matras juga jangan memakai matras karet yang digulung besar tapi cukup matras aluminum yang bisa dilipat kecil. Begitu pun perlengkapan lainnya seperti sleeping bag, alat masak, jaket, dll. semakin ringkas semakin baik. Ingat, bikepacking tujuannya bukan untuk camping dan gathering di bumi perkemahan membawa segala macam barang, tapi berpetualang di alam bebas. Bawalah yang benar-benar perlu saja.

Spoiler for "PENEMPATAN BARANG":




Biar semakin jelas, silakan tonton video bikepacking di bawah ini:
https://vimeo.com/47652727

Untuk tambahan ilmu, silakan buka juga:
http://forums.mtbr.com/bikepacking-b...ke-expedition/
http://www.bikepacking.net/
http://www.adventurecycling.org/reso...-road-touring/
http://oldglorymtb.com/mountain-bike...packing-guide/
Diubah oleh bayuwhy 12-03-2014 16:11
0
12.8K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sepeda
Sepeda
icon
2.6KThread1.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.