harvey06Avatar border
TS
harvey06
Cara Pintar Antisipasi Capek Saat Mudik Lebaran

Foto: Istimewa
Genderang musim mudik sudah mulai ditabuh gan, mungkin lo udah bisa ngelihat bahwa tetangga deket rumah sudah mulai berdatangan dari tanah rantau, atau bagi lo yang tinggal di Jakarta ngelihat orang yang udah mulai beranjak mudik ke kampung halaman. Cara mudik mereka pun beragam, dari mulai mengendari motor, mudik bawa mobil baru, sampe dengan mudik menggunakan transportasi umum seperti kereta/bus. Gue ingat banget 7 tahun yang lalu nih gan, gue mudik dari Jakarta sampe Semarang dengan motor matik arungi ratusan kilo meter. Perjalanan pun berasa capek banget, pantat berasa tepos, dan badan nggreges. Sampe akhirnya gue bisa terapkan cara pintaruntuk membuat gue mudik asik dan ga gampang capek. Cara pintar berikut bisa lo cobain saat mudik, mengingat libur panjang sudah bergulir : (akan menyesuaikan dengan tanggal tayang).

Baca Juga Gan: Jadilah Pemudik Pintar Agar Selamat Sampai Tujuan

Olahraga Secara Teratur

Foto: Istimewa
Berbagai aktivitas fisik yang emang rutin dijalankan bisa berimbas baik buat tubuh kita, termasuk dengan melakukan olahraga secara teratur. Mulailah berolahraga secara rutin, entah itu lari-lari ngiderin komplek rumah, ataupun bersepeda kaya gue untuk mengisi weekend. Gara-gara kurang olahraga makanya ga heran gan, kalau dulu gue ngerasa gempor dan capeknya ga ketulungan saat menempuh perjalanan Jakarta – Semarang. Jadi, rajin melakukan olahraga agar proses metabolisme tubuh meningkat dan badan jadi lebih sehat dan bugar biar ga cepet capek. Yuk, Gowes Gan!


Jangan Lupa Tidur Sebelum Mudik, Gan!

Foto: Istimewa
Kurang tidur sebelum mudik nantinya bakal bikin lo terserang kantuk saat di jalan gan, nah kalau lo naik motor atau bawa mobil dalam kantuk tentunya bakal membahayakan diri lo sendiri. Untuk mengatasi kantuk saat di perjalanan mudik, dua hari sebelum mudik usahakan lo atur tidurnya yang cukup yah gan! Stop dulu yang namanya begadang, kurangi dulu yang namanya lembur karena lo bakal jalani perjalanan yang siap bikin badan capek.

 
Konsumsi Makan Bernutrisi

Menempuh perjalanan mudik ga hanya butuh konsentrasi (bagi pengendara motor/mobil) saja namun juga butuh energi ekstra, terlebih lagi buat lo yang mudik dengan tetap melaksanakan ibadah puasa wajib hukumnya untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi agar ga cepet capek. Bagi yang berpuasa, perhatikan menu makanan yang disantap pada saat sahur, usahakan menyantap makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi tubuh agar bisa selama mudik ga cepet lemas. Kalau gue nih gan, biasanya ada cara pintarsahur sebelum meluncur mudik, yaitu sahur dengan nasi dan menu sayuran seperti Bayam, jangan lupa juga agar konsumsi buah-buahan seperti pisang atau alpokat yang punya kandungan potassium (gizi bagi tubuh) biar ga cepet lemes, Gan!  Dan terkahir nih gan, jangan lupa untuk konsumsi air putih yang banyak.
 
Ngantuk Diperjalanan Itu Istirahat Gan, Jangan Dipaksa!

Foto: Istimewa
Tau ga sih gan, kalau banyak juga kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena pengemudi itu terlalu memaksakan diri untul tetap tancap gas, padahal udah ngantuk dan butuh istirahat. Demi kebaikan dan kelancaran saat mudik, alangkah baiknya kalau lo udah ngerasa capek mendingan sih melipir ke rest area untuk istirahat terlebih dahulu. Isitrahat bisa diisi dengan tidur untuk beberapa waktu, ataupun selonjoran biar kaki ga pegel! Apalagi di rest area atau posko mudik yang ada di sepanjang jalur mudik biasanya menyediakan berbagai fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk membuat badan kita jadi seger lagi!.



Kalau udah ketemu macet yang ga ketulungan nih gan, mendingan agan keluar dari mobil atau turun dari motor dengan melipir ke bahu jalan untuk beristirahat dan lakukan peregangan agar bisa menghilangkan badan pegal dan capek.
Begitulah  #CaraPintarGuesaat lalui perjalanan mudik dalam dua tahun terkahir, dengan begitu gue bisa terhindar dari yang namanya capek dan pegal pada punggung bagian bawah setelah duduk dua hingga tiga jam. Lo ada pendapat lain? Boleh gan reply di thread ini, dan komentar terbaik akan nangkring di Pejwan.


Diubah oleh harvey06 08-06-2018 07:17
0
23.3K
348
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.