Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
196
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1909b7dc06bdc8408b456c/manisnya-jongkong-kudapan-berbuka-khas-medan
Rasanya tidak akan ada habisnya mencicipi kekayaan kuliner Indonesia. Ya nggak Gan? Ya lihat saja bagaimana bahkan untuk menu berbuka puasa pun berbagai daerah di Indonesia punya menu yang khas dan beragam. Salah satunya menu berbuka manis yang satu ini nih.
Lapor Hansip
07-06-2018 17:32

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan

Past Hot Thread
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan

Rasanya tidak akan ada habisnya mencicipi kekayaan kuliner Indonesia. Ya nggak Gan? Ya lihat saja bagaimana bahkan untuk menu berbuka puasa pun berbagai daerah di Indonesia punya menu yang khas dan beragam. Salah satunya menu berbuka manis yang satu ini nih.

Jongkong, begitu biasanya orang menyebut makanan manis berbahan dasar tepung beras yang biasanya jadi takjil favorit dari Medan, Sumatera Utara ini Gan.

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
Foto: Okezone.com

Dilansir dalam kumparan.com, Jongkong sebenarnya merupakan makanan khas masyarakat Melayu di pesisir pantai Selat Malaka. Di Medan sendiri, Jongkong hanya muncul saat Ramadan. Mencari kudapan manis ini saat hari biasa akan terasa cukup sulit.

Kenikmatan Jongkong terletak pada tekstur lembutnya dan rasanya yang manis.

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
Foto: Pictaram

Jongkong sendiri terbuat dari campuran tepung beras dan air yang dimasak hingga mengental dengan tambahan daun panda guna memberi warna dan aroma khasnya. Saat campuran matang adongan Jongkong kemudian didiamkan hingga dingin dan agak mengental, kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang dan diberi kuah dan pelengkap yang terdiri santan, parutan kelapa muda, gula merah dan gula pasir baru dikukus kembali.

Ketika sudah jadi dan bungkusan daun dibuka, Agan akan disuguhkan penampakan Jongkong yang terdiri dari gula merah yang cair setelah dikukus kemudian lapisan berwana hijau dari si tepung beras dan lapisan putih yang dari campuran santan tadi yang sedikit memberikan rasa gurih di antara rasa manis yang dominan pada Jongkong. Oya, sekarang tak hanya mengguankan daun, Jongkong pun terkadang dibuat dalam kemasan cup plastik loh.

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
Foto: deskgram.org

Ingin merasakan manisnya Jongkong Gan? Biasanya saat Ramadan , Jongkong ramai di jual di pinggir jalan kota Medan menjelang waktu berbuka puasa kok Gan.


Baca juga thread kuliner khas Ramadan lainnya:
Piyaji dan Beguni, Cemilan Gorengan Khas Berbuka di Bangladesh Sana
Wadai Ipau, Lasagna Versi Lokal Yang Jadi Menu Khas Ramadan
Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
Pakat, Pucuk Rotan yang Jadi Menu Ramadan Khas Mandailing dan Tapanuli Selatan
Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 10
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 14:45
Wadaw.. dulu sering makan nih. Sekarang udah langka kayaknya di daerah ane
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 14:58
Quote:Original Posted By leelana234
baru mau makan udah di rampok, medan medan emoticon-No Hope


Wahh, di medan gak banyak rampok kok gan emoticon-I Love Indonesia (S) ane bisa bilang soalnya ane dari lahir sampe sekarang di medan emoticon-I Love Indonesia (S) kalo sekedar ada sih ya pasti ada gan dimana2 juga pasti ada rampok kan, tapi kalo banyak sampe2 baru mau makan udah dirampok sih enggak kok gan emoticon-I Love Indonesia walopun orang bilang medan gothamnya indonesia emoticon-Ngakak (S) tapi disini masih aman kok gan emoticon-I Love Indonesia (S) sekedar info dari anak medan gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh gembroootSC
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 15:00
Quote:Original Posted By gembroootSC
Wahh, di medan gak banyak rampok kok gan emoticon-I Love Indonesia (S) ane bisa bilang soalnya ane dari lahir sampe sekarang di medan emoticon-I Love Indonesia (S) kalo sekedar ada sih ya pasti ada gan dimana2 juga pasti ada rampok kan, tapi kalo banyak sampe2 baru mau makan udah dirampok sih enggak kok gan emoticon-I Love Indonesia walopun orang bilang medan gothamnya indonesia emoticon-Ngakak (S) tapi disini masih aman kok gan emoticon-I Love Indonesia (S)


ane pernah setahun disana, baru dateng udah dipalak uang "keamanan" emoticon-No Hope
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 15:03
Quote:Original Posted By leelana234


ane pernah setahun disana, baru dateng udah dipalak uang "keamanan" emoticon-No Hope


Ngerampok berdalih keamanan ya gan? emoticon-Ngakak (S) ane selama disini belom pernah kena sih gan emoticon-Frown mudah2an jangan dah emoticon-Frown
Diubah oleh gembroootSC
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 15:17
Quote:Original Posted By gembroootSC
Ngerampok berdalih keamanan ya gan? emoticon-Ngakak (S) ane selama disini belom pernah kena sih gan emoticon-Frown mudah2an jangan dah emoticon-Frown


amiin gan, milih cagub jgn yg dari kalangan preman gan biar ga dilindungi terus preman2nya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 15:18
Kyk brubi atau kyk pisang ijo ya
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 15:38
Bolehlah satu buat ane
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 15:49
Ada isinya ngga tuh?
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 16:07
Manis gurih bre rasanyaemoticon-Genit
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 16:30
kayak mirip bongko kalo di jawa. kalo di jawa iasanya rasanya manis kalo disini. semoga bisa tetap eksis jadi makanan khas emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 16:37
ngiler
emoticon-Genit
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 16:44
Dijawa tenggah jg ada gansist
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 16:46
Dijawa tenggah jg ada gansist
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 17:41
Wih baru tau nih ada kudapan kaya gitu
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 18:14
sungguh menggoda untuk segera dimakan. emoticon-Ngakak
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 19:11
ane orang medan, dan baru tau makanan itu emoticon-Ngakak
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 19:12
wogh mantap
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 19:12
wahhh pengenn coba nihh... kayaknya enak...
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 19:32
dari penerawangan ane,bisa dikatakan bahwa makanan itu lezat
0 0
0
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
09-06-2018 21:37
waktu kecil kayaknya gw pernah nyobain ini makanan dah emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia